Suasana Asri Bukit Jamur Ciwidey Tanpa Jamur, Kok Bisa?

Bandung memang selalu menjadi top choice ketika kita sedang mencari tujuan wisata dengan suasana yang teduh dan asri. Banyak sekali tempat wisata Bandung yang menyuguhkan wisata alam yang dikelilingi pepohonan yang hijau. Salah satunya adalah Bukit Jamur Ciwidey, yang ada di Ciwidey, Bandung. Buat kamu yang belum tahu mengenai Bukit Jamur Ciwidey, Yuk simak ulasannya berikut ini!

Pepohonan yang Menyerupai Jamur

Bukit Jamur Ciwidey_2
Bukit Jamur Ciwidey. (Sumber: Wisatainfo)

Bukit Jamur Ciwidey atau yang juga terkenal dengan nama Taman Jamur Rancobolang ini terletak di daerah daratan tinggi yang ada di Bandung, tepatnya di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Bukit Jamur Ciwidey masih terbilang baru, karena baru saja dibuka pada tahun 2020 lalu.

Walaupun bernama Bukit Jamur, bukan berarti bukit ini penuh dengan tumbuhan jamur disekitarnya, tetapi dinamakan seperti itu karena sepanjang perjalanan di Bukit Jamur, pengunjung dapat melihat pohon cemara pendek yang dibentuk menyerupai jamur.

Dan untuk menjaga keunikannya, petugas yang ada di Bukit Jamur Ciwidey secara rutin memangkas daunnya sebulan sekali.

Jenis pohon cemara yang tumbuh di kawasan Bukit Jamur Ciwidey ini berbeda dengan pohon cemara pada umumnya, yang sedikit kaku.

Pohon cemara yang ada di Bukit Jamur Ciwidey ini memiliki daun yang lebih rimbun dan ukurannya yang lebih pendek, sehingga mudah untuk mempertahankan bentuk jamurnya dengan pemangkasan rutin sebulan sekali.

Selain itu, diberi nama bukit jamur oleh warga karena letaknya yang berada di dataran tinggi, sehingga pohon disana tumbuh subur di atas tanah yang berbentuk setengah bola. Sehingga walaupun bernama Bukit Jamur, maka pengunjung tidak akan menemukan jamur sama sekali, melainkan hanya ribuan pohon rindang berbentuk jamur didalamnya.

Apabila pengunjung ingin menetap lebih lama di Bukit Jamur Ciwidey, dapat menginap di Ciwidey Valley Resort untuk bersantai disana.

Sama seperti suasana Bukit Jamur Ciwidey, melalui resort ini pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam dengan pemandangan kebun teh yang masih asri.

Beberapa Spot Foto Instagramable di Bukit Jamur Ciwidey

Bukit Jamur Ciwidey_3
Bukit Jamur Ciwidey. (Sumber: Indonesia Traveler)

Suasana hijau di Bukit Jamur Ciwidey membuat suhu disini cukup dingin, karena letaknya juga berada di kaki Gunung Patuha dan Gunung Tilu, maka itu pengunjung dapat memakai jaket atau pakaian yang agak tebal ketika mengunjungi Bukit Jamur Ciwidey.

Pengunjung juga dapat mengambil foto sepuasnya dengan pohon unik berbentuk jamur sebagai latarnya.

Selain itu, pengunjung juga dapat mampir ke perkebunan teh yang berada di dekat Bukit Jamur ini. Kebun teh tersebut adalah milik PT Perkebunan nusantara VIII, disana para pengunjung juga dapat berfoto sepuasnya.

Masih dalam kawasan Bukit Jamur Ciwidey, terdapat bangunan belanda klasik yang juga berlokasi dekat dengan kebun teh tersebut, yang juga dapat dijadikan sebagai spot foto.

Banyaknya spot foto yang tersedia di Bukit Jamur Ciwidey tidak jarang membuatnya menjadi salah satu tujuan untuk melakukan foto pre-wedding, karena pemandangannya yang juga unik dan cuacanya yang sejuk.

Akses di Sekitar Bukit Jamur Ciwidey

Bukit Jamur Ciwidey ini dibuka setiap hari mulai pukul 7 pagi, hingga 5 sore. Harga tiket untuk masuk dan menikmati keindahan alam di Bukit Jamur Ciwidey ini tergolong murah, yaitu 12 ribu per orang.

Apabila pengunjung membawa kendaraan pribadi, maka akan dikenakan tambahan biaya parkir sebanyak 2 ribu untuk motor, dan 5 ribu untuk mobil. Semua harga diatas berlaku baik pada hari Senin sampai Jumat, ataupun di akhir pekan.

Akan tetapi, akses untuk mobil memang lebih sulit dibandingkan motor, karena jalanannya yang masih bebatuan, sehingga akses motor memang akan lebih mudah dibandingkan mobil.

Namun, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir karena di Bukit Jamur Ciwidey disediakan lahan parkir yang cukup luas bagi para pengunjung.

Letak Bukit Jamur Ciwidey juga sangat strategis, sehingga para pengunjung juga bisa datang ke beberapa tempat wisata yang letaknya berdekatan dengan Bukit Jamur Ciwidey, antara lain Legok Kondang Lodge, Green Hill Park, Barusen Hills, Situ Patenggang, Kawah Putih, dan sebagainya.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.