5 Destinasi Terbaik untuk Diving di Indonesia

Indonesia adalah negara yang terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk keindahan bawah lautnya. Para penyelam dari seluruh dunia datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang luar biasa. Berikut adalah 5 destinasi terbaik untuk diving di Indonesia dan spot-spot terbaik di setiap daerah.

Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat di Papua Barat, Indonesia, merupakan salah satu destinasi diving terbaik di dunia. Keindahan bawah laut Raja Ampat terdiri dari keanekaragaman hayati laut yang luar biasa, seperti terumbu karang, ikan, hiu, penyu, dan banyak lagi.

Di Raja Ampat, terdapat beberapa spot diving yang sangat populer dan menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah penjelasan tentang spot diving paling bagus di Raja Ampat:

1. Cape Kri

Sumber Gambar: papuaparadise.com

Cape Kri merupakan salah satu spot diving yang paling terkenal di Raja Ampat. Terdapat lebih dari 374 spesies ikan yang telah tercatat di spot diving ini, sehingga menjadikannya sebagai salah satu spot diving dengan keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi. Di sini kamu bisa melihat ikan kakatua, ikan barracuda, hiu, penyu, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Yenbuba, Meos Mansar, Raja Ampat, Papua Barat

2. Blue Magic

Sumber Gambar: Google Maps @Soul Scuba Divers

Blue Magic terkenal dengan kondisi lautnya yang tenang dan sangat jernih, sehingga kamu dapat melihat keindahan bawah laut dengan sangat jelas. Spot diving ini juga terkenal dengan kemunculan manta ray yang sangat sering terlihat di sini. Selain itu, kamu juga bisa melihat ikan napoleon, ikan kakatua, dan banyak spesies ikan lainnya.

Lokasi: Kri Island, Yenbuba, Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Bar.

3. The Passage

Sumber Gambar: hello-papua.com

The Passage merupakan spot diving yang sangat menarik untuk dijelajahi. Spot diving ini terletak di antara Pulau Gam dan Pulau Waigeo. Di sini kamu bisa melihat berbagai spesies ikan, seperti hiu karang, pari manta, dan ikan kecil berwarna-warni. Selain itu, The Passage juga terkenal dengan arus laut yang kuat dan terkadang bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para diver.

Lokasi: Kabuy, Raja Ampat Regency

4. Manta Point

Sumber Gambar: nationalgeographic.grid.id

Manta Point terkenal dengan kemunculan pari manta yang sangat sering terlihat di sini. Kamu bisa melihat pari manta yang lewat dengan cara berenang di permukaan laut, atau diving di bawah laut untuk melihat mereka dari dekat. Selain pari manta, kamu juga bisa melihat ikan barracuda, hiu, dan berbagai spesies ikan lainnya.

Lokasi: Arborek, Meos Mansar, Raja Ampat Regency, West Papua

Komodo, Nusa Tenggara Timur

Komodo di Nusa Tenggara Timur, Indonesia, adalah salah satu destinasi diving terbaik di Indonesia. Terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang luar biasa, Komodo menawarkan spot diving yang sangat menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah penjelasan tentang spot diving paling bagus di Komodo:

  1. Batu Bolong

Sumber Gambar: diveconcepts.com

Batu Bolong merupakan spot diving yang sangat terkenal di Komodo. Spot diving ini terdiri dari dinding karang yang curam dan sangat indah, dengan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Kamu bisa melihat ikan napoleon, pari manta, hiu, dan banyak spesies ikan lainnya. Selain itu, terumbu karang di Batu Bolong juga sangat indah dan menakjubkan.

 Lokasi: Jalan Soekarno Hatta Labuan Bajo Flores, Labuan Bajo, Komodo, West Manggarai Regency, East Nusa Tenggara 86554

2. Castle Rock

Sumber Gambar: notroublesjustbubbles.com

Castle Rock terkenal dengan arus laut yang kuat, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para diver. Namun, spot diving ini juga terkenal dengan keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi, dengan kemunculan ikan kerapu yang sangat sering terlihat di sini. Selain itu, kamu juga bisa melihat ikan barracuda, ikan kakatua, dan banyak spesies ikan lainnya.

Lokasi: Nusa Tenggara Timur

3. Manta Point

Sumber Gambar: Google Maps @Luke Kenyon

Manta Point terkenal dengan kemunculan pari manta yang sangat sering terlihat di sini. Kamu bisa melihat pari manta yang lewat dengan cara berenang di permukaan laut, atau diving di bawah laut untuk melihat mereka dari dekat. Selain pari manta, kamu juga bisa melihat ikan barracuda, hiu, dan berbagai spesies ikan lainnya.

Lokasi: Jalan Laut Arafuru, Duren Sawit, Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13430

4. Tatawa Kecil T

Sumber Gambar: adelaar-cruises.com

atawa Kecil terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang sangat indah dan menakjubkan. Spot diving di sini juga terkenal dengan kemunculan ikan kakatua yang sangat sering terlihat di sini. Selain itu, kamu juga bisa melihat ikan pari, ikan hiu, dan banyak spesies ikan lainnya.

Lokasi: Komodo, West Manggarai Regency, East Nusa Tenggara

Bunaken, Sulawesi Utara

Bunaken di Sulawesi Utara, Indonesia, adalah salah satu destinasi diving terbaik di Indonesia. Terkenal dengan keanekaragaman hayati lautnya yang luar biasa, Bunaken menawarkan spot diving yang sangat menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah penjelasan tentang spot diving paling bagus di Bunaken:

  1. Lekuan 1 dan Lekuan 2

Sumber Gambar: tn-bunaken.com

Lekuan 1 dan Lekuan 2 adalah spot diving yang terkenal di Bunaken. Terletak di sebelah barat pulau Bunaken, spot diving ini menawarkan dinding karang yang curam dan sangat indah, dengan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Kamu bisa melihat ikan kakatua, ikan baronang, ikan badut, dan banyak spesies ikan lainnya. Selain itu, terumbu karang di Lekuan 1 dan Lekuan 2 juga sangat indah dan menakjubkan.

2. Sachiko Point

Sumber Gambar: manadones.com

Sachiko Point terkenal dengan arus laut yang kuat, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para diver. Namun, spot diving ini juga terkenal dengan keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi, dengan kemunculan ikan kakatua yang sangat sering terlihat di sini. Selain itu, kamu juga bisa melihat ikan badut, ikan pari, dan banyak spesies ikan lainnya.

Mandolin

Sumber Gambar: Google Maps @Maryo Jonatan

Mandolin terletak di sebelah utara pulau Bunaken. Spot diving ini menawarkan keindahan terumbu karang yang sangat indah dan menakjubkan. Kamu bisa melihat ikan kakatua, ikan badut, ikan pari, dan banyak spesies ikan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat kepiting karang dan udang harimau.

Lokasi: Alung Banua, Manado City, North Sulawesi

4. Tanjung Kopi

Sumber Gambar: flickr.com

Tanjung Kopi terletak di sebelah timur laut pulau Bunaken. Spot diving ini menawarkan keindahan terumbu karang yang sangat indah dan menakjubkan. Kamu bisa melihat ikan kakatua, ikan badut, ikan pari, dan banyak spesies ikan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat kepiting karang dan udang harimau.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi, yang terletak di Sulawesi Tenggara, adalah salah satu destinasi diving terbaik di Indonesia. Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau yang terletak di wilayah ini, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Berikut adalah penjelasan tentang spot diving paling bagus di Wakatobi:

1. The Zoo

Sumber Gambar: blog.wakatobi.com

The Zoo adalah spot diving yang terkenal di Wakatobi. Terletak di sebelah barat daya pulau Tomia, spot diving ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, dengan keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi. Kamu bisa melihat ikan napoleon, ikan hiu, dan banyak spesies ikan lainnya. Terumbu karang di The Zoo juga sangat indah dan menakjubkan.

The Cathedral

The Cathedral adalah spot diving yang terkenal di Wakatobi. Terletak di sebelah barat laut pulau Wangi-wangi, spot diving ini menawarkan pengalaman diving yang sangat unik dan menakjubkan. Kamu akan merasakan seperti berada di dalam gereja, dengan dinding karang yang tinggi dan besar di sekitarmu. Kamu bisa melihat ikan kakatua, ikan badut, ikan hiu, dan banyak spesies ikan lainnya.

Roma

Sumber Gambar: scubadivermag.com

Roma adalah spot diving yang terletak di sebelah timur laut pulau Tomia. Spot diving ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, dengan terumbu karang yang sangat indah dan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Kamu bisa melihat ikan kakatua, ikan badut, dan banyak spesies ikan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat penyu dan udang harimau.

Bali

Bali, sebuah pulau yang terkenal di seluruh dunia, tidak hanya menawarkan pantai yang indah, namun juga spot diving yang menakjubkan. Berikut adalah penjelasan tentang spot diving paling bagus di Bali:

1. Tulamben

Sumber Gambar: Google Maps @Tulamben Scuba Dive & Snorkeling

Tulamben adalah spot diving yang terletak di pantai timur Bali. Spot diving ini sangat populer karena terumbu karangnya yang masih utuh dan kapal karam USAT Liberty yang menjadi tempat berlindung ikan dan biota laut lainnya. Kamu bisa melihat ikan napoleon, ikan pari, hiu, dan banyak lagi. Terumbu karang di Tulamben juga sangat indah dan menjadi tempat yang ideal untuk foto bawah air.

Lokasi: Tulamben, Kubu, Karangasem Regency, Bali 80853

2. Nusa Penida

Sumber Gambar: Google Maps @Pure Dive Resort, Nusa Penida

Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Bali. Spot diving di Nusa Penida sangat terkenal dengan keanekaragaman hayati laut yang tinggi. Kamu bisa melihat ikan mola-mola, pari manta, dan banyak spesies ikan lainnya. Terumbu karang di Nusa Penida juga sangat indah dan menjadi tempat yang ideal untuk foto bawah air.

Lokasi: Jl Ped – Buyuk, Ped, Nusa Penida, Klungkung Regency, Bali 80771

3. Menjangan Island

Sumber Gambar: Google Maps @Blue Corner Dive – Menjangan

Menjangan Island adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat laut Bali. Spot diving di Menjangan Island sangat terkenal dengan terumbu karang yang sangat indah dan keanekaragaman hayati laut yang tinggi. Kamu bisa melihat ikan kakatua, ikan badut, dan banyak spesies ikan lainnya. Terumbu karang di Menjangan Island juga menjadi tempat yang ideal untuk foto bawah air.

Lokasi: Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, Sumber Klampok, Pemuteran, Kec. Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali 81155

4. Padang Bai

Sumber Gambar: Google Maps @Geko Dive Bali – PADI 5 Star dive center in Padang Bai

Padang Bai adalah sebuah desa nelayan yang terletak di pantai timur Bali. Spot diving di Padang Bai sangat terkenal dengan kapal karam dan terumbu karang yang sangat indah. Kamu bisa melihat ikan kakatua, ikan badut, dan banyak spesies ikan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa melihat penyu dan udang harimau.

Lokasi: Jl. Silayukti No.#5, Padangbai, Kec. Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali 80871

Itulah 5 destinasi terbaik untuk diving di Indonesia dan spot-spot terbaik di setiap daerah. Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan diving dengan baik dan menjaga kebersihan lingkungan bawah laut selama melakukan diving. Selamat menikmati keindahan bawah laut Indonesia!

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.