Pantai Ciputih, Hamparan Pasir Putih di Ujung Barat Pulau Jawa

Tahukah Anda bahwa, di daerah Sumur, Pandeglang, Banten, ada pantai dengan hamparan pasir putih yang cantik? Ya, namanya Pantai Ciputih. Konon penamaan pantai ini diambil dari pasir putih tersebut, lho. Fakta menarik dari tempat wisata ini adalah lokasinya berada di ujung barat pulau Jawa.

Penasaran dengan pesona keindahan Pantai Ciputih ini? Simak artikel di bawah ini sampai habis, ya!

Pesona Pantai Ciputih

Pantai Ciputih_2
Pantai Ciputih. (Sumber: Native Indonesia)

Selain dari hamparan pasir putihnya, pesona Pantai Ciputih adalah airnya yang masih berwarna biru dan jernih. Ditemani dengan deburan ombak yang tidak terlalu kencang, menjadikan tempat wisata ini cocok untuk bersantai menanti momen matahari terbenam.

Para wisatawan yang datang bisa menikmati pemandangan laut lepas dari bibir pantai atau dari jembatan panjang. Angin sepoi-sepoi yang menyapa plus suara deburan ombak laut, membuat suasana di pantai ini semakin syahdu. Perlu diketahui bahwa meskipun menawarkan pesona alam yang menakjubkan, Pantai Ciputih jarang dipadati pengunjung.

Nilai positifnya adalah tempat wisata ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk healing dan menghilang sejenak dari penatnya kegiatan sehari-hari. Jika ingin bermain air, Anda bisa bermain di bibir pantai sambil sesekali disembur oleh ombak kecil yang datang.

Bagi Anda yang suka snorkeling, di Pantai Ciputih ada empat lokasi yang bisa dinikmati. Sebab lokasi pantai ini dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Titik yang populer adalah Pulau Badul dengan panorama taman laut dan Pulau Peucang yang memiliki banyak titik snorkeling.

Konon katanya, the best spot for snorkeling berada dekat lapang penggembalaan yang terletak di seberang pulau. Untuk bisa ke sini, Anda harus menyeberang menggunakan perahu sekitar 15 menit. Anda bisa menyewa perahu milik warga sekitar dengan membayar Rp500 ribu per perahu.

Di Pantai Ciputih, para wisatawan diperbolehkan untuk memancing. Namun perlu diperhatikan lagi waktunya. Anda bisa memancing di antara bulan Maret sampai Juli, serta di bulan November dan Desember. Sebab di bulan tersebut cuacanya sedang cerah dan bersahabat bagi para pemancing.

Anda bisa memilih untuk memancing di tengah laut atau di pinggir pantai. Kalau tidak mau repot, Anda bisa mengunjungi Pasar Ikan Ciputih untuk membeli aneka tangkapan laut yang segar di pagi hari.

Di seberang Pantai Ciputih ada pulau kecil yang tidak berpenghuni. Pulau Mangir namanya. Di pulau ini juga memiliki titik snorkeling yang bisa Anda coba. Enaknya di Pulau Mangir adalah suasananya yang sepi dan sunyi. Hanya terdengar suara alam dari angin, deburan ombak, dan suara gemericik dari pasir pantai. Kendati demikian, karena pulau ini tidak berpenghuni Anda harus berhati-hati, ya!

Salah satu landmark terkenal di Pantai Ciputih adalah miniatur Menara Eiffel. Landmark ini membuat banyak orang penasaran untuk datang dan berfoto di depannya. Terlebih lokasi penempatannya berada di jembatan panjang yang langsung menghadap ke laut. Miniatur ini langsung populer dan juga mendatangkan banyak wisatawan ke pantai.

Tidak lengkap rasanya jika tidak ada foto matahari terbenam ketika sedang berada di pantai. Momen sunset di Pantai Ciputih juga merupakan salah satu hal yang wajib untuk dinantikan. Siapkan kamera terbaik dan pose andalan untuk berfoto.

Para wisatawan yang berkunjung juga diperbolehkan untuk berkemah. Namun pastikan untuk memberitahu pihak pengelola terlebih dulu, ya! Jangan lupa membawa peralatan yang dibutuhkan. Sebab di Pantai Ciputih tidak menyediakan peralatan berkemah.

HTM, Fasilitas, dan Waktu Operasional

Pantai Ciputih_3
Pantai Ciputih. (Sumber: Pantainesia)

Lama perjalanan untuk mengunjungi Pantai Ciputih dari Jakarta adalah kurang lebih empat hingga enam jam perjalanan. Anda bisa menggunakan rute ke arah Serang lalu melanjutkannya ke arah Pandeglang. Kemudian arahkan ke Panimbang untuk tiba di Kecamatan Sumur. Barulah Anda bisa menuju pantai.

Meskipun berada di ujung barat pulau Jawa, akses jalan menuju Pantai Ciputih sudah bagus dengan aspal. Sehingga bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat bahkan transportasi umum besar lainnya. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk datang ke sini.

Untuk harga tiket masuk yang dikenakan adalah Rp20.000 per orang. Harga tiket masuk ini sudah termasuk untuk akses berenang yang dibuka secara umum oleh salah satu resort di tempat itu. Namanya CIputih Resort Beach. Hanya saja harga untuk menginap lain lagi, ya! Bagi Anda yang ingin menginap di resort tersebut, tarif per malamnya mulai dari Rp200ribu hinggan Rp400ribu.

Ciputih Resort Beach memiliki 60 kamar yang dilengkapi dengan AC, kulkas, TV, dan air mineral gratis untuk setiap kamarnya. Selain kolam renang, fasilitas yang ada di penginapan ini adalah restoran, kamar dengan air panas, dan pelayanan kasur tambahan.

Waktu operasional pantai ini terbuka untuk umum selama 24 jam dari Senin sampai Minggu. Untuk fasilitas yang tersedia di Pantai Ciputih ada toilet, kamar mandi, area parkir yang luas, area bermain anak, hingga tempat duduk untuk bersantai.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan, keasrian, dan kenyamanan tempat wisata ketika Anda berkunjung, ya! Selamat berlibur!

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.