From Korea With Love Concert

Mengenal Queen of Coffee, Kopi Toraja Asli Nusantara

Jika kalian adalah pecinta kopi sejati maka kalian tahu jika Indonesia memiliki kopi andalan dengan cita rasa khas. Salah satunya adalah Kopi Toraja yang memang merupakan salah satu varian kopi andalan Indonesia bersama dengan Kopi Gayo Aceh dan juga Kopi Luwak. Kopi Toraja ini tidak hanya begitu dicintai oleh penikmat kopi dalam negeri, akan tetapi juga begitu dikenal hingga ke luar negeri.

Salah satu negara yang begitu meminati Kopi Toraja ini adalah Jepang, bahkan Kopi Toraja memiliki harga yang cukup tinggi di sana. Predikat sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia ini sendiri didapatkan Kopi Toraja dari sebuah event pada tahun 2012. Pada tahun 2012 Kota Surabaya menjadi tuan rumah event yang bernama The Second Indonesia Speciality Coffee Auction.

Pada Event ini Kopi Toraja mendapatkan Cupping Score tertinggi sehingga dinobatkan sebagai salah satu kopi terbaik Indonesia. Buat para pecinta kopi rasanya akan sangat sayang sekali jika tidak menikmati kopi dengan julukan Queen of Coffee ini. Nah, di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi untuk mengenal lebih dekat dengan Kopi Toraja ini.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Kalian penasaran? Kalau begitu, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Karakteristik Kopi Toraja

Sumber Gambar: Freepik

Sebagai salah satu kopi terbaik yang dimiliki oleh Indonesia, Kopi Toraja ini memiliki karakteristik yang sangat khas. Biji Kopi Toraja ini sendiri cukup mudah untuk kalian kenali dengan biji kopinya yang bentuknya tidak beraturan. Selain itu juga Kopi Toraja ini memiliki warna biji kopi coklat tua.

Untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal, biji Kopi Toraja dipanen ketika benar – benar matang dan berwarna merah tua. Kemudian akan diolah Metode Wet Hull yang artinya akan digiling basah. Setelah melewati proses tersebut maka kopi akan disangrai dan disimpan selama beberapa hari untuk mengeluarkan kualitas terbaiknya.

Dan proses akhirnya biji kopi akan dihaluskan menjadi bubuk kopi sehingga lebih mudah untuk diseduh dan dinikmati. Untuk cita rasanya sendiri, Kopi Toraja memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dan juga memiliki rasa yang sedikit Fruity. Selain itu Kopi Toraja juga memiliki aroma rempah yang sangat khas dan harum.

Jenis – Jenis Kopi Toraja

Kopi Toraja ini sendiri terdiri dari dua varian yang tentu saja memiliki cita rasa yang sedikit berbeda. Di bawah ini akan kami berikan penjelasan singkat mengenai dua jenis Kopi Toraja ini.

Kopi Toraja Jenis Robusta

Sumber Gambar: Freepik

Jika kalian suka dengan kopi bercita rasa yang agak pahit maka kalian dapat mencoba untuk membeli Kopi Toraja yang berjenis Robusta. Hal ini dikarenakan biji kopi Robusta memang memiliki kandungan kafein yang jauh lebih tinggi jika kalian bandingkan dengan kopi jenis lain. Jadi tidak heran memang jika cita rasa yang dimiliki oleh Kopi Toraja jenis Robusta ini lebih pahit.

Walaupun Kopi Toraja jenis Robusta ini lebih pahit akan tetap memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik bagi tubuh. Kopi Toraja jenis ini sendiri memang tidak diproduksi sebanyak Kopi Toraja jenis Arabika akan tetapi tetap memiliki penggemarnya sendiri.

Kopi Toraja Jenis Arabika

Sumber Gambar: Freepik

Jenis kedua adalah Kopi Toraja jenis Arabika, yang mana merupakan kopi yang lebih populer jika dibandingkan dengan Kopi Toraja jenis Robusta. Kopi Toraja jenis Arabika ini sendiri memiliki rasa yang lebih ringan dan memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah. Kopi jenis ini juga lebih banyak ditanam oleh para petani kopi yang berada di Toraja karena memiliki lahan yang cocok.

Hal ini disebabkan oleh kontur tanah vulkanis pegunungan Sasean dan juga ketinggian yang sesuai dengan media tanam untuk tanaman kopi Arabika. Sekedar informasi jika agar kopi Arabika dapat tumbuh subur maka harus ditanam pada ketinggian antara 700 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui jika ingin mengenal lebih baik Kopi Toraja. Yang mana merupakan salah satu kopi andalan Indonesia yang bahkan Go Internasional.

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.