OUR NETWORK

10 Kota Surga Belanja di Indonesia

Berbelanja menjadi satu hal yang sangat penting dan wajib dilakukan bagi hampir semua orang sekarang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Ketika weekend tiba, atau tepat tanggal gajian atau saat liburan, banyak orang Indonesia yang merencanakan berbelanja ke luar negeri, padahal di Indonesia sendiri banyak kota yang menjadi surga belanja Anda. Berikut adalah kota-kota besar di Indonesia yang bisa menjadi tujuan belanja Anda.

Kawasan Nagoya di Batam

Jangan lupa memasukkan Batam dalam kota destinasi belanja Anda. Wilayah strategis Batam yang berdampingan dengan Negeri Singa membuat kota ini banyak berbenah. Wajahnya dipoles sedemikan rupa menjadi lebih cantik dan mempesona. Fasilitas-fasilitas umum, seperti jalan, jembatan, pelabuhan hingga kawasan Industri pun menjadi lebih bagus dan makin baik dari tahun ke tahun. Salah satu kawasan yang paling menonjol dan memperlihatkan geliat Batam adalah kawasan perdagangan Nagoya. Di Nagoya, ada tempat perbelanjaan yang cukup luas dan besar yang disebut sebagai Nagoya Hill. Di sini Anda bisa menemukan berbagai jenis kebutuhan barang mulai dari barang elektronik, makanan, pakaian, tas, jam tangan, minuman, alat-alat rumah tangga dan lain-lain.

Barang-barang elektronik yang dijual di sini sebagian besar mematok harga lebih murah dibanding bila di kota-kota besar lain seperti Jakarta. Tas-tas yang dijual pun sangat beragam merk, jenis dan harganya karena sebagian besar merupakan tas impor dari Cina. Tak hanya itu, di Nagoya juga menjadi surga bagi para pecinta jam tangan dan parfum yang memiliki kualitas dan merek asli dari luar dengan harga miring. Selain Nagoya Hill Mall, Anda juga bisa mengunjungi kawwasan Batam City Square Mall dan Batam Center.

Sumber gambar : Instagram.com

Kelebihan Batam dibanding kota-kota lain di Indonesia adalah letaknya yang dekat dengan pelabuhan sehingga barang-barang impor yang masuk tidak dikenai pajak yang besar. Selain itu, banyak wisatawan dari Singapura dan juga Malaysia datang dan berkunjung ke Batam. Bila Anda ingin ke kota ini, maka Anda bisa memakai transportasi penerbangan udara yang hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam, tergantung dari mana kota Anda berasal. Harga tiket yang digunakan juga bervariasi dimana hampir semua maskapai memiliki rute langsung ke Batam. Namun, bila Anda ingin langsung menyeberang ke Singapura, maka Anda harus menyiapkan paspor yang masih berlaku dan tentu saja persiapan uang untuk belanja.

Bandung

Bandung terkenal sebagai kota yang tidak pernah sepi oleh para pelancong, baik itu yang berniat untuk pergi ke destinasi wisata yang ada di Bandung, ataupun pelancong belanja pakaian dan tas atau sepatu-sepatu murah. Beberapa pusat perbelanjaan yang bisa Anda sambangi di Bandung, diantaranya adalah Pasar Baru Trade Center, Pasar Gedebage, Jalan Trunojoyo, Cihampelas, Jalan Riau hingga Pasar Muah yang sering ada pada saat weekend.

Sumber gambar : Instagram.com

Status Bandung yang menjadi sentra pembuatan tas dan sepatu di Indonesia membuat Bandung menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang suka berburu sepatu bercita rasa lokal namun kualitas tidak murahan. Deretan factory outlet, butik, distro dan pusat belanja lainnya yang ada di Bandung membuat Anda tidak akan kehabisan ide tempat untuk mencari barang yang Anda inginkan.


Bali

Siapa yang tidak kenal Bali di Indonesia? Jawabannya tidak ada. Pulau Dewata tidak hanya dikenal di dalam negeri namun juga mancanegara. Namanya yang sudah mendunia itu membuat Bali ingin meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan ekonomi masyarakatnya melalui perdagangan. Bukankah wisata akan mengundang banyak orang berdatangan? Daerah Ubud dan Seminyak merupakan dua daerah yang cocok untuk dijadikan destinasi belanja Anda bila berwisata ke Bali.

Sumber gambar : Instagram.com

Di sana banyak dijual produk internasional serta lokal dengan kualitas yang tentu saja tidak akan mengecewakan. Namun, bila Anda memiliki uang yang terbatas, maka Anda juga bisa ke lokasi-lokasi lain, misalnya Pasar Sukawati, Pasar Badung dan Jalan Nangka serta Gang Nuri. Berbagai kerajinan khas Bali dari manik-manik, kerajinan perak ceruk, batik hingga baju joger tersedia di sana.

Bila Anda ingin membeli oleh-oleh khas Bali maka Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh murah meriah di Jalan Nangka yang menyediakan berbagai penganan dan buah tangan khas Pulau Dewata yang tentu saja tidak akan mungkin dijual di daerah lain di Indonesia.

Yogyakarta

Ingin membeli kerajinan tangan dari kulit, logam, kayu hingga tanah liat khas Jawa? Yogyakarta-lah tempatnya. Lebih tepatnya di Pasar Seni Gabusan. Bermacam kerajinan khas yang dibuat oleh para perajin lokal yang memiliki nilai seni tinggi ada di sini. Selain itu, bila Anda menyukai pernak-pernik serta produk-produk dari perak, maka Anda juga bisa bertandang ke sebuah daerah bernama Kotagede. Di sana sentra kerajinan perak dari mulai anting, cincin, gelang, kalung hingga pernak-pernik lucu bisa Anda temui. Selain kerajinan, Yogyakarta juga terkenal dengan Malioboro dan Pasar Beringharjo-nya.

Sumber gambar : Instagram.com
Sumber gambar : Instagram.com

Anda bisa memuaskan keinginan berbelanja dengan mengunjungi ratusan toko serta pedagang yang memenuhi kiri-kanan Malioboro setiap harinya. Tidak jauh dari kawasan itu, Anda bisa menemukan Pasar Beringharjo, tempat Anda bisa menemukan berbagai pakaian dan batik-batik bermacam jenis yang memiliki harga terjangkau. Beringharjo sendiri diberi nama oleh Sultan Hamengku Buwono IX dimana dulunya tempat ini penuh pohon beringin. Selain pakaian dan batik, di Beringharjo juga dijual berbagai kerajinan tangan penduduk lokal hingga makanan khas Yogya seperti getuk dan gudeg.

Surabaya

Anda penggemar buku-buku bekas dengan harga terjangkau? Di Pasar Blauran-lah tempatnya. Pasar ini berada di kota Surabaya. Anda bebas mencari dan memilah-milih buku-buku bekas yang sudah lama menjadi incaran di sini.

Sumber gambar : Instagram.com

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi mall terluas di Surabaya yang bernama Tunjungan Plaza serta Pasar Atom. Seperti halnya mall-mall lain di Indonesia, Tunjungan Plaza memiliki puluhan outlet toko di dalamnya yang menjual handphone, barang-barang elektronik, alat-alat rumah tangga, aneka fashion, hingga kuliner. Sementara itu, Pasar Atom merupakan pasar tradisional yang sudah melegenda yang ada di Surabaya. Pasar yang telah berdiri sejak tahun 1960 ini terdiri atas delapan lantai yang masing-masing lantai terdapat kios-kios yang menjual berbagai barang, dari tekstil, aksesoris, sepatu, pakaian, hingga makanan.

Baca Juga: Jangan Kebablasan, Ini 10 Tips Belanja Selama Traveling!

Solo

Pasar Gede merupakan salah satu landmark kota Solo yang wajib Anda kunjungi bila Anda melewati Solo atau berniat berbelanja batik dan kebutuhan pangan lain di Solo. Pasar yang sudah berdiri sejak 1930-an ini merupakan destinasi belanja yang tepat untuk Anda yang menyukai “menjelajah” belanja bercitarasa lokal. Tak jauh dari situ, bagi Anda penyuka barang antik, Anda juga bisa mengunjungi pasar barang loak termurah dan terlengkap yang pernah ada. Pasar tersebut bernama Pasar Triwindu.

Sumber gambar : Instagram.com

Di pasar ini, sebagai penggemar barang-barang antik, Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam koleksi barang-barang antik atau juga barang-barang bekas yang masih cantik dengan harga yang murah dan bisa ditawar. Anda juga bisa memotret barang-barang tersebut atas seizin pemiliknya bila Anda ingin menjadikannya sebagai referensi atau pengingat untuk datang kembali kemudian hari. Selain itu, di Solo juga terdapat pasar batik terbesar bernama pasar klewer. Anda dapat menemukan berbagai batik seperti batik cap yang bahannya adalah katun hingga batik sutera. Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner Surakarta, misalnya saja bubur ketan dan es dawet.

Palembang

Dekat dengan Jembatan Ampera yang terkenal itu, Anda harus melancong ke Pasar 16, tempat menjual berbagai macam barang, dari kain songket, perlengkapan dapur, oleh-oleh hingga cenderamata buat keluarga dan sahabat terdekat.

Sumber gambar : Instagram.com

Barang-barang bekas nan antik bisa Anda dapatkan di sini. Harganya pun tergolong murah meriah. Tidak akan sampai mengempiskan dompet Anda.

Jakarta

Bagi Anda yang tinggal di Ibukota, tentunya sudah tak asing lagi dengan banyaknya pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta mulai dari mall modern hingga pasar tradisional. Sebut saja Grand Indonesia yang beralamat di Jalan M.H.Thamrin No.1 Menteng, Tanah Abang, lalu Plaza Indonesia, Kuningan City di daerah Kuningan, Pacific Place, Mall Indonesia di Kelapa Gading, hingga Gandaria City di Jakarta Selatan. Tentu saja Anda harus menyiapkan budget lebih apabila Anda akan berbelanja di tempat-tempat itu.

Sumber gambar : Instagram.com

Namun, bila Anda sudah bosan ke mall, maka pilihan alternatif lain seperti pasar tradisional juga tidak salah karena pasar jenis ini banyak menjamur di Jakarta. Dari Blok M, Pasar Tanah Abang, Pasar Mayestik, Pasar Baroe hingga Pasar Santa. Misalnya saja Pasar Baroe atau Pasar Baru yang sudah berdiri sejak 120Pasarini sendiri terdiri atas enam kawasan utama, seperti Pasar Baru, Metro Pasar Baru, Harco Pasar Baru, Kawasan Pintu Air, Metro Atom, dan Istana Pasar Baru. Di kawasan ini banyak toko yang menjual kamera-kamera antik dan kain-kain dari pedagang India.

Bukittinggi

Bukittinggi terkenal dengan pasar tradisional-nya yang sering disebut sebagai Pasar Atas. Pasar ini merupakan pusat grosir yang murah dan terletak di pusat kota Bukittinggi, di bawah Jam Gadang. Anda bisa menemukan berbagai macam pakaian, kerajinan tangan, pakaian, aksesoris hingga souvenir lokal khas Sumatra Barat seperti replika Jam gadang hingga Ngarai Sianok.

Sumber gambar : Instagram.com

Tidak hanya wisatawan lokal, wisatawan asing pun sering menjadikan Pasar Atas sebagai lokasi berbelanja yang tepat untuk memebeli oleh-oleh khas Sumatra Barat. Selain itu, Anda juga bisa berwisata kuliner di sini karena dipastikan makanan-makanan khas Padang, seperti rendang, soto padang, sate padang hingga nasi padang yang lezat ada di sini.

Pekanbaru

Pasar Bawah yang terkenal di Pekanbaru merupakan pasar yang terkenal sebagai “chinatown”-nya Pekan Baru. Oleh karena disebut sebagai chinatown maka tentu saja barang-barang yang dijual di sini adalah barang-barang antik yang terbuat dari porselen dan keramik hingga peralatan rumah tangga berbahan dasar sama. Bila Anda adalah kolektor barang-barang antik maka tidak ada salahnya Anda ke pusat perbelannjaaan ini.

Sumber gambar : Instagram.com

Harga barang yang ditawarkan pun cukup murah karena didistribusikan langsung dari Batam yang diimpor langsung dari Cina. Selain itu, apabila Anda ingin berfoto-foto ria pun diperbolehkan karena arsitektur bangunan Pasar Bawah ini sangat instagrammable karena bercampur antara nilai lokal Melayu dan estetisnya Tionghoa.

Comments

Loading...