OUR NETWORK

10 Tips Belanja Selama Travelling Agar Tidak Kebablasan

Kamu suka sebal setelah berlibur bukannya happy malah kantong jebol? Kebanyakan dari kita memang suka lupa terhadap kehidupan normal setelah berlibur, saking excited nya sama acara berlibur sampai lupa untuk mengontrol pengeluaran. Padahal selain tempat dan waktu yang pas untuk menghabiskan waktu berlibur, keuangan yang dianggarkan untuk berliburpun harus diperhitungkan loh. Mau tahu apa saja tips belanja selama travelling agar tidak kebablasan. Yuk, simak ulasannya.

Buat daftar belanjaan

Bukan cuma belanja bulanan saja loh yang butuh daftar, saat sedang travel ada baiknya daftar barang yang akan dibeli juga dipersiapkan dari jauh–jauh hari. Tujuannya supaya kamu gak mengeluarkan uang berlebihan untuk membeli barang – barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Kan repot juga membawanya.

Survei harga

Yap, kamu harus rajin–rajin survei harga supaya kamu gak tertipu dengan modus–modus yang ditawarkan oleh penjual di tempat wisata. Bisa saja barang yang ditawakan ke kamu memiliki harga mahal padahal kualitasnya biasa saja. Dengan melakukan survei setidaknya kamu memiliki gambaran harga yang pas dengan budget yang akan dianggarkan.

Ajak temanmu yang jago nawar

Kamu mau belanja banyak oleh–oleh tapi harga gak sesuai dengan hasil survei kamu sebelumnya? Kamu bisa mengajak temanmu yang jago nawar loh, apalagi jika temanmu itu bisa berbicara dalam bahasa daerah yang menjadi tujuan tempat wisatamu, wah bisa – bisa kamu mendapat diskon besar nih.

Bawa uang cash sesuai alokasi selama travel dan tinggalkan kartu atm

Ini nih yang suka bikin bablas. Lihat ada atm di dalam dompet dan lihat banyaknya barang yang dijual di tempat tujuan travel sering bikin mata lapar sehingga sadar atau tidak kamu akan mengeluarkan uang berlebihan saat berbelanja. Tak ada salahnya kok bawa uang cash yang pas dengan kebutuhan travel dan tinggalkan kartu atm.

Jangan mudah tergiur dengan diskon

Aduh, penyakit perempuan deh kalau pergi kemana – mana hobby-nya shopping. Apalagi kalau ada diskon besar maunya ini itu dibeli sampai lupa uang yang dikeluarkan melewati anggaran. Girls, please kalau kamu gak mau kebablasan belanja selama traveling, kamu harus tahan – tahan dengan yang namanya diskon. Belum tentu barang yang didiskon itu sesuai dengan kebutuhan kamu kan?

Cek toko sebelah 

Cek toko sebelah itu wajib banget buat traveller yang ingin menyiasati belanja hemat saat traveling. Dengan mengecek toko sebelah, kamu bisa tahu perbandingan harga terhadap jenis dan kualitas barang yang akan kamu beli. Jadi, jangan malu–malu untuk sekedar bertanya dan melihat–lihat di toko sebelah ya, siapa tahu harganya lebih ramah dengan kantongmu.

Baca Juga: Ini nih, 10 Kota SURGA BELANJA di Indonesia!

Kenalan dengan penduduk lokal

Wah, gak ada salahnya kok kamu kenalan dengan penduduk lokal. Dengan kamu berkenalan dengan mereka kamu bisa minta bantuan untuk menawar harga barang. Psst, biasanya harga barang yang berikan penjual ke penduduk lokal lebih murah loh dibanding wisatawan.

Jangan jalan – jalan ke mall atau pusat pertokoan tanpa tujuan yang jelas

Aduh, yang ini jangan banget deh kalau kamu memang benar–benar ingin berhemat saat travelling. Kamu gak punya tujuan yang jelas saat memutuskan mengunjungi mall atau pusat pertokoan, lebih baik kamu jalan–jalan ke pinggiran kota, ke pantai atau pemukiman penduduk yang sedikit godaan belanjanya deh daripada kamu malah kalap melihat barang–barang yang dipajang di etalase toko. Selain bisa menghindarkan dari kebablasan saat berbelanja, dengan jalan–jalan ke pinggir kota, ke pantai
atau pemukiman penduduk kamu akan mengenal tempat yang kamu kunjungi dengan maksimal.

Komitmen dengan anggaran yang telah dibuat

Memang agak susah dengan tips yang ini sih, apalagi jika saat travel kamu melihat barang yang unik dan tidak ada di tempat tinggalmu, pasti kamu bakalan rela mengeluarkan uang lebih untuk beli barang itu kan?. Tapi, ingat kamu juga harus komitmen mengikuti anggaran pengeluaran belanja kamu selama travelling, jangan sampai kebablasan. Karena jika tidak komitmen bisa – bisa kecewa karena isi dompet terkuras habis.

Ingat, selepas berlibur masih ada hari–hari yang akan kamu jalani

Selepas liburan, tentu kamu harus balik ke kantor lagi bekerja dari pagi sampe sore lagi yang bikin lehermu tegang. Kamu gak mau kan karena uang di dompetmu habis setelah travelling malah bikin mood kerjamu berantakan dan menyesal. Jadi, ingatlah masih ada hari esok yang tentunya akan membutuhkan uang juga.

Banyak sekali bukan tips belanja selama travelling agar tidak kebablasan?, kamu bisa mencoba beberapa tips yang telah kami berikan di atas. Selain itu, pengaturan keuangan yang baik juga perlu diperhitungkan saat kamu memutuskan untuk ber-travelling ria loh. Semoga tips – tips di atas dapat membantu kamu dan selamat berlibur.

Comments

Loading...