OUR NETWORK

10 Tips Packing Selama Mudik Lebaran yang Perlu Kamu Coba

 Tips Packing selama Mudik Lebaran – Mudik saat lebaran sudah menjadi tradisi bagi orang-orang yang sedang merantau atau tidak lagi tinggal di kampung halamannya. Kegiatan mudik hampir sama dengan traveling, hanya pada saat mudik ke kampung halaman kamu membawa barang-barang tambahan seperti oleh-oleh. Tentunya dengan tambahan buah tangan dan keperluan lainnya ini, packing menjadi agak menyusahkan. Untuk itulah, berikut disajikan tips packing sebelum lebaran yang perlu kamu coba.

Buat Daftar

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam packing untuk mudik lebaran adalah membuat daftar barang yang akan dibawa. Dengan membuat daftar ini kamu pun dapat mencegah barang-barang yang tertinggal. Ingat, bawalah barang-barang yang diperlukan saja. Setelah selesai packing jangan lupa mengecek kesesuaian barang yang kamu bawa dengan daftar yang kamu buat.

Perkirakan Lama dan Kegiatan saat Mudik

Lama waktu mudik dan kegiatan yang akan kamu lakukan di kampung halaman juga akan berpengaruh terhadap barang bawaan. Bila tempat tinggal mu berdekatan dengan wisata pantai, jangan lupa untuk ikuti 15 Tips Agar Liburan Pantai Kamu Lebih Menyenangkan. Oleh sebab itu, bawalah barang dan perlengkapan sesuai dengan lama kamu tinggal. Tak hanya itu, sebaiknya bawalah pakaian dengan warna netral yang mudah dipadukan dengan warna lain.

Memilih Travel Bag

Setelah membuat daftar dan memperkirakan lama waktu mudik, maka kamu pun dapat memilih travel bag. Sebaiknya pilihlah travel bag dengan bahan duffel atau carrier sehingga dapat memuat banyak barang tanpa membuatnya terlihat kembung.

Tinggalkan Barang yang Tidak Berguna

Meninggalkan barang-barang yang tidak berguna juga perlu kamu lakukan saat packing. Membawa barang yang tidak kamu gunakan saat berada di kampung halaman sama saja dengan menambah berat tasmu. Selain itu, jangan membawa barang berlebihan juga karena ingin terlihat lebih “wah” saat pulang ke kampung halaman. Ingat, mudik adalah silaturahmi, bukan pamer diri.

Packing Efisien dan Nyaman

Packing efisien dan nyaman sangat perlu kamu lakukan. Sebaiknya gulung pakaian-pakaianmu dalam satu sisi atau masukkan dalam plastik untuk mencegah kusut. Bila kamu membawa benda berat, masukkan pada bagian yang paling bawah serta isilah ruang yang kosong dengan menyelipkan benda-benda kecil. Tak ketinggalan, kamu pun perlu meletakkan barang yang sering diperlukan di bagian atas agar mudah diambil.

Pisahkan Barang dengan Rapi

Kamu perlu memisahkan antara pakaian dengan pakaian dalam, sandal dengan sepatu, barang elektronik dengan charger. Gunanya tentu saja agar tidak tercampur-campur dan mudah dicari serta diambil saat kamu memerlukannya.

Bawa Tas Kecil

Dengan membawa tas kecil kamu pun dapat lebih mudah menjangkau barang-barang yang sering kamu perlukan, misalnya handphone dan uang. Tas kecil sangat praktis serta dapat menghindarkanmu dari barang-barang tambahan yang mudah hilang. Tak hanya itu dengan tas kecil kamu pun tidak perlu bongkar-bongkar tas besar untuk mencari barang yang sering kamu perlukan.

Letakkan Sesuatu dalam Sepatu

Sepatu yang kamu bawa tentunya memakan banyak tempat atau ruang dalam tas. Untuk menyiasatinya kamu dapat memasukkan benda-benda kecil seperti aksesoris, parfum dan kaos kaki yang memungkinkan masuk di dalamnya. Tetapi sebelumnya, masukkan dulu barang-barang tersebut dalam plastik agar tidak berantakan.

Bawa Barang yang Multifungsi

Kamu dapat membawa barang-barang multifungsi yang dapat menghemat ruang di dalam tas. Contohnya bawalah satu tas ransel yang dapat dipakai untuk mengisi banyak barang sekaligus dipakai untuk jalan-jalan. Kamu juga cukup membawa satu pasang sepatu atau sandal yang dapat digunakan dalam segala kegiatan di kampung halaman.

Jangan Lupa Obat-Obatan, Peralatan Mandi dan Make-Up

Obatan-obatan pribadi seperti obat maag, obat asma dan obat alergi penting kamu bawa terutama bagi yang mempunyai riwayat penyakit tersebut. Peralatan mandi dan make-up juga perlu kamu bawa sendiri karena bersifat pribadi. Jangan membiasakan meminjam juga pada saudara.

Demikian tips packing selama mudik lebaran yang dapat kamu coba. Dengan travel hack di atas maka perjalanan mudikmu pun akan terasa lebih mudah dan nyaman karena segala kebutuhan sudah dipersiapkan sebelumnya. Selamat mudik.

Comments

Loading...