OUR NETWORK

15 Tips Diving untuk Pemula Agar Tidak Takut dan Grogi di Tengah Laut

Source Image: rajaampatbiodiversity.com

Tips Diving untuk Pemula – Indonesia merupakan surga taman laut dengan keindahan biota lautnya yang luar biasa. Salah satu cara menikmati keindahan bawah laut adalah dengan diving atau menyelam. Bagi kamu yang baru pertama kali akan mencoba diving, tentu diliputi rasa takut, deg-degan hingga penasaran. Namun keindahan bawah laut Indonesia menjadi sia-sia saja bahkan sayang jika tidak kamu nikmati dengan olahraga diving satu ini. Berikut disajikan tips pemula untuk diving yang wajib kamu perhatikan agar tidak takut dan grogi lagi.

Pelajari Ilmu Diving Itu Sendiri

Sumber: Instagram @xdeepindo

Ada ungkapan mengatakan “tak kenal maka tak sayang”. Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika tertarik pada diving adalah mempelajari segala macam diving. Pada dasarnya, diving adalah olahraga air yang hampir sama dengan berenang. Perbedaannya berenang hanya berada di permukaan air, sedangkan diving adalah berenang hingga ke bawah bahkan dasar laut menggunakan alat-alat diving. Dalam dunia diving terdapat 3 jenis diving yakni, free diving, scuba diving dan nitrox diving. Kamu tinggal memilih mana dari ketiga macam diving tersebut yang akan kamu lakukan.

Tenang dan Yakin

Sumber: Instagram @areamarediving

Tenang dan yakin adalah dua sikap yang perlu kamu bawa saat diving. Kamu harus selalu tenang dan tak perlu khawatir jika terjadi apa-apa karena pastinya ada instruktur atau dive master yang menemani. Kamu juga perlu yakin bahwa instruktur atau teman yang membawamu ke bawah laut tersebut sudah mahir dan memiliki sertifikat diving. Dengan sikap tenang dan yakin inilah kamu dapat lebih mudah bergerak di dalam air.

Belajar Renang dan Yoga

Sumber: Instagram @diveculturesg

Untuk meningkatkan kepercayaan diri saat diving, kamu dapat belajar renang dan yoga beberapa bulan sebelum diving dilakukan. Yoga dapat membantu memfokuskan pernapasanmu yang merupakan salah satu hal penting pada saat kamu diving. Sedangkan dengan latihan berenang dapat mengatur tubuh beradaptasi di bawah laut.

Pilih Perlengkapan Diving yang Pas

Sumber: Instagram @nikocca92

Untuk menjelajah laut kamu memerlukan perlengkapan yang pas seperti kacamata renang, masker, fin, wetsuit, regulator, tabung, weight bell dan sebagainya. Tanpa perlengkapan yang lengkap tentunya kamu akan menjadi kewalahan jika sudah berada di dalam air. Karena itu, cek 9 Peralatan yang Wajib dibawa Saat Diving, agar kegiatan diving mu semakin tenang.

Pilih Jasa Kursus Diving

Sumber: Instagram @fantasydiving

Selain perlengkapan diving yang harus dilengkapi, untuk diving kamu harus memiliki kemampuan untuk menyelam. Oleh karena itulah kamu harus memiliki izin atau sertifikat diving sebelum terjun langsung ke spot diving. Untuk mendapatkan sertifikat ini kamu memerlukan instruktur atau dive master.

Ujian Sertifikasi Diving

Sumber: skddivingclub.blogspot.com

Kamu baru bisa diving jika sudah lulus ujian sertifikasi yang dapat dilakukan di Professional Association of Diving Instructors (PADI). Di tempat tersebut kamu akan mendapat pelajaran serta teknik dasar menyelam yang benar.

Lakukan Prosedur Entry dengan Benar

Sumber: Instagram @diveasiatioman

Ketika melakukan prosedur entry atau masuk air untuk pertama kalinya pasti kamu akan merasakan takut sekaligus senang. Lakukan prosedur masuk air ini dengan benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ada dua cara entry yang dapat dipakai, pertama memasang scuba dive di air dan kedua melompat sambil sudah menggunakan scuba. Bagi kamu pemula dianjurkan untuk memasang scuba dive di air.

Ikuti Petunjuk yang Diberikan Instruktur/Dive Master

Sumber: Instagram @scubalodgedivecenter

Mengikuti petunjuk yang diberikan instruktur hukumnya wajib. Sebelum kamu memasuki air, instruktur akan memberikan briefing terlebih dahulu. Perhatikan dengan seksama semua penjelasan yang diberikan karena menyangkut keselamatanmu di bawah air nanti.

Jangan Tahan Napas saat Berada di Air

Bagi kamu pemula diving disarankan untuk tidak menahan napas selama berada di bawah air karena dapat mengakibatkan kecelakaan pada paru-paru. Sebaiknya bernapaslah normal dan santai dengan menghirup udara dalam-dalam lewat mulut dan mengeluarkannya lewat mulut juga. Jangan terburu-buru dalam menarik dan mengeluarkan napas, karena jumlah udara yang masuk dan keluar haruslah seimbang. Hal ini dilakukan agar tubuh menjadi lebih ringan dan terdorong ke permukaan lebih cepat.

Lakukan Pergerakan Tubuh yang Benar

Sumber: Instagram @ahmed.m_ali

Kamu perlu membuat badanmu senyaman mungkin untuk bergerak kesana-kemari saat di bawah laut. Hal ini penting karena posisi badan sangat mempengaruhi penyelaman serta daya apungmu di dalam air. Supaya tenaga kuat dan tidak mudah capek, kamu perlu melakukan pergerakan kaki dan tangan dengan benar sesuai yang dijelaskan oleh instruktur.

Hafalkan Isyarat Tangan

Sumber: Instagram @ayulibrahim

Menghafalkan isyarat tangan sebagai pengganti bicara untuk berkomunikasi selama berada di dalam air sangatlah penting. Jika jempol ke atas artinya kamu diminta naik ke permukaan, sementara itu jempol ke bawah berarti menyelam lebih dalam. Sedangkan telapak tangan bergoyang membentuk gelombang artinya ada masalah dan telapak menarik garis horizontal di leher berarti oksigen habis. 

Sesuaikan Telinga dengan Tekanan Air

Sumber: Instagram @fantasydiving

Tips diving untuk pemula berikutnya adalah menyesuaikan telinga dengan tekanan air. Untuk melakukannya kamu dapat menutup lubang hidung kemudian mengeluarkan udaranya lewat hidung dengan tangan masih menekan hidung. Alternatif cara lainnya kamu dapat menelan ludah, biarpun cara ini biasanya digunakan bagi yang sudah profesional. Kamu perlu melakukan gerakan ini sesering mungkin minimal setiap 1 meter untuk mengurangi rasa sakit atau tertekan pada kuping.

Jangan Terlalu Jauh dari Instruktur/Pemandu

Sumber: Instagram @fantasydiving

Bagi pemula, disarankan untuk tidak jauh-jauh dari pemandu karena kamu lebih berisiko terkena kecelakaan daripada yang sudah profesional. Jangan terlalu asyik juga menikmati keindahan biota laut hingga terpisah, sebaiknya buatlah jarak aman kamu dengan pemandu supaya tidak tersesat.

Jangan Takut dan Nikmati

Sumber: Instagram @taiwandivencenter

Diving merupakan olahraga yang mahal, maka kamu akan sangat rugi jika tidak dapat menikmatinya. Cobalah untuk menikmati segala keindahan bawah laut yang luar biasa dari laut Indonesia. Berkomunikasilah dengan teman-teman divingmu untuk mengecek apakah mereka baik-baik saja serta tunjuklah jika melihat sesuatu yang unik atau menarik.

Jangan Ganggu Kehidupan Laut

Sumber: Instagram @divefriday

Pada saat menikmati keindahan bawah laut, jangan ganggu biota-biota laut tersebut dengan menyodok atau menusuknya. Tidak hanya menjaga kelestarian lingkungan bawah laut, tetapi banyak biota laut yang berbahaya bahkan beracun. “The Look-But-Don’t-Touch” atau melihat boleh dipegang jangan adalah  saran yang baik saat berada di bawah laut.

Demikian tips diving untuk pemula agar tidak takut dan grogi saat berada di bawah laut. Dengan menerapkan tips-tips di atas kamu pun dapat berdiving dengan lancar sambil menikmati pemandangan bawah laut yang mengagumkan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…