OUR NETWORK

Apa sih itu Seaplane?

Tahukah kalian tentang seaplane? Ya, seaplane adalah pesawat laut, pesawat terbang terapung atau yang biasa kita kenal dengan pesawat amfibi. Seaplane ini bias mendarat dan lepas ladas di air loh, selain bisa lepas landing di lapangan terbang.  Seaplane sendiri sudah ada sejak tahun 1910 yang telah sukses lepas landas pertam kali di Prancis. Seaplane sendiri diciptakan dengan kegunaan yang berbeda-beda. Pertama kali diciptakan, seaplane atau pesawat laut ini digunakan untuk mengangkut logistik yang di kirim ke daerah terpencil, yang tidak memiliki lapangan terbang, jadi peawat ini bisa mendarat dan lepas landas di permukaan air. Semakin berkembangnya teknologi, seaplane ini menjadi pesawat yang jarang digunakan. Karena untuk mengangkut logistik sudah ada pesawat terbang yang jenisnya pun sangat banyak beredar, dan bisa menyesuaikan kapasitas muatanya. Selain untuk mengangkut Logistik, Seaplane ini sekarang sudah banyak yang digunakan untuk keperluan penerbangan di tempat wisata. Jadi kegunaanya untuk mengangkut wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata lain, atau melihat-lihat suatu tempat wisata dari ketinggian. Di Indonesia sendiri sudah ada seaplane yang digunakan di salah satu dari Kerennya 10 Tempat Wisata di Batam. Jika kalian sedang berkunjung ke Batam, jangan lupa ya, untuk mencoba sensasninya menaiki sebuah pesawat yang bisa lepas landas dan mendarat di atas permukaan air.

Sumber gambar : Instagram @hydro972

Nah di bawah ini adalah salah satu contoh gambar dari seaplane. Di bagian rodanya ada semacam badan perahu, yang membuat pesawat ini bisa mendarat, atau lepas landas di air. Dibagian dalam, tidak ada sekat antara penumpang dan pilot. Jadi kita bisa mengatahui bagian-bagian yang di operasikan oleh pilot, bahkan kita bisa melihat langsung saat pilot sedang menerbangkan pesawat ini, Seru kan?.

Meski pesawat ini kecil, tapi masih tetep nyaman di tumpangi, karena pesawat ini memang di desain untuk mengangkut wisatawan yang ingin berkunjung dari satu pulau ke pulau yang lain, jadi untuk kenyamanan menjadi prioritas nomor satu.

Sumber gambar : https://ihdaihda.files.wordpress.com/2011/11/img_21151.jpg?w=604&h=453

 

Seaplane manjadi salah satu sarana alat transportasi destinasi selain helicopter,  yang bisa membantu kita untuk melihat pemadangan langsung dari atas. Jadi kita bisa melihat pemandangan pantai atau laut lepas dari atas dengan menggunakan Seaplane ini. Di Indonesia sendiri sudah ada tempat wisata yang menggunakan jasa seaplane sebagai sarana transportasi udara. Diantaranya beroperasi di Batam yang akan membawa wisatawan menuju Pulau Bawah di Kepulauan Seribu. Kemudian di Lombok seaplane juga sudah beroperasi. Pengunjung akan diajak melintasi Batu hijau sampai ke Pelabuhan Benette. Jadi, sangat seru bukan? Diajak melewati laut lepas dengan pemandangan yang sangat indah, dan tinggi penerbangan yang tidak terlalu tinggi, sekitar kurang lebih 100 meter.

Berikut gambar dari seaplane dan ada beberapa foto yang menunjukkan pemandangan yang di ambil dari seaplane.

Sumber gambar : Instagram @hurawalhi

Salah satu gambar yang berhasil di ambil dari seaplane. Dan gambar berikutnya adalah gambar dari seaplane itu sendiri. Pesawatnya tidak sebesar pesawat udara yang kita kenal, karena hanya bisa menampung kurang lebih 8-9 penumpang saja.

Sumber gambar : Instagram @jfro624
Sumber gambar : Instagram @margaritafores

Itulah contoh dari seaplane dan juga penjelasan tentang seaplane. Pesawat amfibi yang dulu di pakai sebagai pengangkut logistik di daerah yang tidak ada lapangan udara, kini sudah bisa digunakan sebagai alat transportasi destinasi untuk melengkapi kepuasan wisatawan dalam berlibur.

Comments

Loading...