OUR NETWORK

Cara ke Bunaken Ala Backpacker

Bagi kalian yang ingi bepergian eksplore Manado, terlebih ingin mengunjungi Taman Nasional Bunaken ala backpacker, tidak ada salahnya kalian simak tips berikut. Taman Nasional Bunaken, Taman Nasional Pertama di Dunia sejak 1991 dan merupakan salah satu ikon wisata Kota Manado. Jadi tak heran banyak wisatawan yang menjadikan Taman Nasional Bunaken sebagai salah satu destinasinya. Semoga dengan cara berikut kalian bisa sedikit menekan pengeluaran kalian selama berkunjung ke Bunaken.

Sumber: Instagram @misterbucketlist

Jika kepergian kalian ke Manado mengharuskan kalian menggunakan pesawat terbang, maka kalian harus memesan tiket jauh-jauh hari. Dan usahakan kalian pergi ke Manado tidak bertepatan dengan hari libur nasional yang panjang, atau musim liburan. Biasanya maskapai yang penerbangan ke Manado biayanya sekitar 800.000 – 1.000.000. Selain itu, selalu update lah dengan promo-promo penerbangan yang menuju ke Manado. Pasti banyak sekali maskapai yang menawarkan promo penerbangan menuju provinsi ini. Jadi dengan demikian kalian bisa menekan sharecost untuk mengunjungi Taman Nasional Bunaken ini.

Selanjutnya, sesampainya kalian di Bandara Sam Ratulangi, kalian bisa menggunakan alat transportasi bus untuk menuju ke terminal Pal 2. Saya sarankan menggunakan bus, karena biaya naik bus lebih murah, dari pada kalian menyewa taksi. Karena di Bandara juga terdapat banyak bus yang bisa kalian tumpangi. Sesampainya kalian di terminal Pal 2, kalian harus melanjutkan perjalanan menuju ke pasar 45. Kalian bisa menggunakan angkot untuk menuju pasar 45. Sebagain informasi, biaya angkot di Manado tarifnya hanya Rp. 5.000 ke berbagai jurusan.

Sesampainya kalian di pasar 45, kalian bisa melnajutkan perjalanan menuju Dermaga Kuala Jengki. Perjalanan dari pasar 45 ke Dermaga hanya memakan waktu 10 menit dengan berjalan kaki. Karena letaknya dermaga memang dekat dengan pasar 45. Seampainya kalian di Dermaga, usahakan sebelum pukul 14.00 WITA atau 13.00 WIB. Karena dari Dermaga kalian bisa menggunakan alat transportasi yang disebut perahu taksi. Jadi jika kalian sampai di Dermaga setelah pukul 14.00 WITA, biasanya sudah tidak ada lagi perahu taksi. Dan perahu taksi ini sitemnya adalah sekali jalan, dan tidak akan balik lagi. Tidak hanya itu, jika kalian mengunakan perahu taksi ini biayanya lebih murah daripada perahu penyeberangan di Pelabuhan. Yaitu sebesar 30 ribu saja.

Perahu taksi ini akan berangkat setelah perahu penuh. Jadi kalian harus bersabar sembari menunggu perahu tersebut penuh. Perjalanan kalian menggunakan perahu taksi ini akan memakan waktu sekitar 45 menit untuk menuju Pantai Pangalisang. Tunggu dulu,  bukan ini tujuan kalian, karena pantai ini belum masuk ke pintu gerbang Taman Nasional Bunaken. Tetapi tidak ada salahnya bagi kalian yang ingin singgah dulu di Pantai Pangalisang  Karena pantai ini terkenal dengan banyaknya wisatawan mancanegara, dan juga suasana pantai yang tenang.

Sumber: Instagram @krezkiya

Untuk menuju ke pintu masuk Taman Nasional Bunaken kalian harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek. Ongkos yang kalian keluarkan adalah sekitar 20.000 rupiah. Ya meskipun perjalanan kalian harus bolak-balik berpindah transportasi, tapi cara ini merupakan cara untuk bisa mengurangi pengeluaran kalian. Karena untuk naik kapal menuju Bunaken biayanya cukup mahal, kurang lebih 100.000 – 200.000.

Sumber: Instagram @arinkusumo
Sumber: Instagram @seekshopie
Sumber: Instagram @ewdr_divetravel

Nah, sampailah kalian Di Pantai Liang Bunaken, setelah perjalanan dengan ojek sekitar 15 menit. Disini kalian bisa melihat-lihat para wisatawan yang sedang sibuk dengan persiapanya melakukan diving. Karena di pantai ini merupakan spot transit untuk para wisatawan yang ingin melakukan diving. Jika kalian ingin menyewa sebuah homestay, harganya sekitar 100.000 – 200.000 sudah termasuk dengan 3kali makan. Jika kalian merasa keberatan, kalian bisa nego dengan pemilik homestay tersebut. Kemudian dengan harga sewa alat diving, harganya Rp 300.000 belum termasuk perahu, serta pemandu yang akan mengantarkan kalian diving. Jika bisa, kalian langsung tawarkan saja harga satu paket alat diving, perahu, dan juga pemandu. Setelah itu kalian bisa negosiasi harga. Lebih bagus lagi jika kalian sudah membawa kamera yang mendukung untuk menyelam, bisa mengurnagi pengeluaran kalian, agar bisa mengabadikan perjalanan diving kalian.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BpExieXnCG6/
instagram.com/p/8_x–jDxEf/
instagram.com/p/BovkNnHA4WG/
instagram.com/p/BosycUDleBh/
instagram.com/p/Bo62MyFC3Ag/

Comments

Loading...