spot_img

Kalian Ingin Berkemah Di Tempat Bersalju? Ini Tips Buat Kalian!

Mungkin banyak dari kalian yang terpikir untuk melakukan aktivitas berkemah di lokasi yang bersalju. Yang sayangnya cukup sulit untuk kalian lakukan di Indonesia karena tidak ada spot camping bersalju yang dapat kalian kunjungi. Satu – satunya lokasi yang memiliki salju di Indonesia adalah Puncak Jayawijaya, dengan lokasinya yang sangat menantang.

Jadi jika kalian tertarik dan mau menghabiskan liburan kalian dengan berkemah di hamparan salju putih maka kalian harus melakukannya di luar negeri. Berkemah di tempat bersalju sendiri sudah tentu sangat berbeda ketika kalian melakukannya pada tempat biasa. Hal ini karena suhu yang dingin dan tentu saja bagi kalian yang tidak biasa akan sangat menyulitkan.

Nah, di bawah ini kami akan memberikan kalian beberapa tips yang bisa kalian gunakan jika memang ingin berkemah di tempat yang bersalju. Dengan begitu kalian tetap dapat menghabiskan waktu berkemah kalian dengan nyaman dan tentu saja aman. Kalian penasaran?

Kalau begitu, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Pilih Tempat Yang Cocok

Sumber Gambar: Freepik

Memilih tempat yang cocok adalah hal pertama yang harus kalian lakukan. Ada begitu banyak camping ground bersalju yang dapat kalian kunjungi di luar sana. Akan tetapi tingkat kedinginannya tentu saja berbeda – beda. Kalian dapat menanyakan diri kalian, apakah kalian memang suka tempat yang dingin dan mampu untuk tidur di tempat yang bersalju.

Jika kalian baru pertama kali, pilihlah sebuah lokasi yang tidak terlalu dingin sehingga kalian masih dapat menikmati aktivitas berkemah kalian.

Selalu Pantau Perkiraan Cuaca

Sumber Gambar: Freepik

Walaupun tidak 100 persen akurat akan tetapi alangkah lebih baik jika kalian selalu memantau perkiraan cuaca, terutama cuaca lokasi yang akan kalian kunjungi. Hal ini dikarenakan tempat bersalju sering kali terjadi badai salju. Yang mana tidak hanya merepotkan akan tetapi juga dapat membahayakan diri jika kalian tidak melakukan persiapan yang matang.

Siapkan Semua Yang Penting – Penting

Sumber Gambar: my-best.id

Untuk berkemah di lokasi yang cuacanya cenderung baik saja kalian harus menyiapkan berbagai hal yang penting apalagi jika kalian berkemah di lokasi yang bersalju. Ada cukup banyak hal yang harus kalian siapkan, agar aktivitas kalian tidak hanya nyaman tapi juga aman. Pertama – tama pakaian tebal yang hangat adalah keharusan, karena kalian harus menjaga suhu tubuh untuk tetap hangat.

Selain itu kaos kaki berbahan wol, sarung tangan, kaos dalam termal dan juga jangan lupakan kantong tidur yang cocok. Sangat disarankan untuk membawa lebih dari satu kompor karena kompor yang satunya dapat kalian gunakan untuk mencairkan salju. Dengan begitu kalian akan mendapatkan sumber air yang cukup banyak.

Jangan lupa untuk membawa bahan bakar tambahan untuk kompor kalian sehingga kalian tidak perlu khawatir akan kehabisan bahan bakar.

Persiapkan Kayu Bakar Yang Banyak

Sumber Gambar: Tokopedia

Menyiapkan api unggun adalah salah satu hal yang wajib untuk dilakukan karena dapat membuat tubuh kalian menjadi hangat. Akan tetapi saat musim dingin sangat sulit memang untuk mencari kayu bakar yang dapat kalian gunakan. Oleh sebab itu, penting bagi kalian untuk menyiapkan banyak kayu bakar dari rumah.

Bawa Makanan Hangat Yang Mudah Diolah

Sumber Gambar: ProductNation

Makanan hangat adalah keharusan saat kalian berkemah di tempat bersalju karena akan membuat kalian tetap hangat. Kalian dapat membawa makanan kaleng seperti rebusan atau sup dan bahkan kalian juga dapat membawa mie instan yang mudah untuk diolah. Dengan makanan yang mudah diolah kalian tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menyiapkannya.

Kalian juga dapat membawa minuman panas kesukaan kalian bisa saja susu, kopi, teh atau bahkan minuman lainnya untuk membuat tubuh tetap hangat.

Hangatkan Sleeping Bag Sebelum Tidur

Sumber Gambar: Freepik

Untuk tidur saja ada hal yang harus kalian lakukan sebelumnya agar kalian dapat tidur dengan nyaman. Kalian harus memanaskan atau menghangatkan sleeping bag kalian sebelum tidur sehingga kalian dapat tidur dengan nyaman. Hal ini dikarenakan akan cukup sulit sleeping bag untuk hangat jika hanya mengandalkan panas tubuh saja.

Dan tidur di sleeping bag dingin adalah hal terakhir yang ingin kalian lakukan. Caranya sendiri cukup mudah kok, pertama – tama siapkan kemasan kedap air dan masukan air panas yang sudah kalian rebus sebelumnya kedalamnya. Biarkan hangat terlebih dahulu dan masukan ke sleeping bag kira – kira 20 hingga 30 menit sebelum tidur.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan agar aktivitas berkemah kalian di tempat bersalju akan benar – benar nyaman dan tentu saja aman.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.