From Korea With Love Concert

Tips Agar Kalian Dapat Melakukan Touring Dengan Aman Saat Musim Hujan

Berkendara menggunakan sepeda motor untuk menuju ke lokasi wisata atau touring memang menyenangkan, ada sensasi berbeda yang akan kalian rasakan. Tentu saja berbeda rasanya ketika kalian melakukan perjalanan menggunakan mobil yang notabene tertutup. Tapi tentu saja kalian harus berhati – hati saat berkendara mengendarai sepeda motor saat melakukan perjalanan menuju ke sebuah lokasi wisata.

Terutama ketika kalian ingin melakukan aktivitas touring di saat musim penghujan karena ada banyak hal yang perlu kalian perhatikan. Mulai dari situasi dan kondisi medan yang akan kalian tempuh nantinya hingga kondisi dari sepeda motor milik kalian. Nah, agar perjalanan touring kalian tetap menyenangkan dan aman walaupun pada saat musim hujan.

Di bawah ini kami akan memberikan kalian beberapa tips yang dapat kalian lakukan saat sedang melakukan aktivitas touring saat sedang musim hujan. Kalian penasaran? Kalau begitu, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Melakukan Pengecekan Kondisi Motor Yang Akan Kalian Gunakan

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Wahana Honda

Hal pertama yang wajib untuk kalian lakukan saat ingin melakukan aktivitas touring ketika musim penghujan adalah mengecek kondisi motor yang akan kalian gunakan. Ada beberapa bagian dari sepeda motor kalian yang perlu dicek dengan teliti. Tapi yang paling penting adalah kondisi mesin dan juga ban yang akan digunakan.

Kalian tentu tidak mau jika kondisi mesin kalian sedang tidak optimal ketika hendak melakukan perjalanan ini. Hal ini dikarenakan akan cukup merepotkan ketika sepeda motor yang kalian gunakan mogok saat melakukan perjalanan. Untuk ban, kalian harus melakukan pengecekan terhadap tekanan angin serta pola dari ban yang kalian miliki.

Khususnya pola ban, karena akan sangat berbahaya ketika kalian berkendara dengan ban yang gundul terutama saat musim hujan yang medannya akan sangat licin.

Selalu Siap Sedia Jas Hujan

Sumber Gambar: NaikMotor

Karena sedang musim penghujan sudah tentu frekuensi terjadinya hujan akan jauh lebih sering sehingga selalu sedia jas hujan memang sangat disarankan. Dengan selalu menyediakan jas hujan ini kalian dapat melakukan perjalanan dengan tubuh yang kering. Akan tetapi memilih jas hujan yang tepat juga sangat penting, gunakanlah jas hujan berupa baju dan celana sehingga dapat melindungi kalian dengan lebih maksimal.

Memilih Rute Yang Aman Dari Banjir Dan Longsor

Sumber Gambar:  Republika

Saat melakukan touring saat musim hujan ada dua masalah yang cukup merepotkan buat kalian yaitu banjir dan juga longsor. Untuk itu, memilih rute yang aman terutama dari banjir dan longsor memang sangat disarankan. Rute seperti perbukitan dan pegunungan akan lebih baik untuk dihindari karena lebih rawan longsor.

Untuk mengetahui rute mana yang dapat kalian ambil sebenarnya cukup mudah, hal ini karena ada banyak informasi yang bisa kalian dapatkan melalui media digital. Dengan memilih rute yang aman maka kalian dapat melakukan perjalanan dengan aman dan juga nyaman.

Jangan Ragu Untuk Berteduh

Sumber Gambar: Kompasiana

Tidak perlu buru – buru saat melakukan touring ketika musim hujan, keselamatan kalian tentu akan jauh lebih penting. Oleh sebab itu jangan ragu untuk berteduh ketika hujan sedang deras – derasnya. Hal tersebut mungkin akan membuat perjalanan kalian menjadi semakin lama akan tetapi kalian dapat berkendara dengan aman.

Seperti yang kita ketahui berkendara saat hujan deras memang sangat tidak disarankan karena memang memiliki resiko yang sangat tinggi. Apalagi jika kalian sudah melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh sehingga konsentrasi kalian mungkin sudah berkurang. Sehingga berteduh tidak hanya agar kalian tidak basah – basahan di jalan akan tetapi juga dapat kalian gunakan untuk beristirahat.

Jadi saat hujan sudah mulai terlalu deras dan mulai membatasi jarak pandang kalian maka kalian dapat mencari tempat untuk berteduh seperti warung – warung tepi jalan atau pom bensin.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan jika ingin perjalanan touring yang kalian lakukan nyaman dan tentu saja aman. Melakukan touring saat musim hujan memang cukup merepotkan karena ada beberapa hal yang perlu kalian siapkan dengan matang. Akan tetapi hal tersebut rasanya tidak akan mengurangi keseruan dari aktivitas ini.

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.