OUR NETWORK

10 Oleh-Oleh Khas Tana Tidung

Nasi Subut

Sumber: Google

Seperti yang kita tahu bahwa nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Tidak heran jika disetiap daerah memiliki olahan nasi khas yang berbeda-beda. Di Tana Tidung sendiri ada yang namanya Nasi Subut.

Lain dari yang lain, tampilan nasi ini begitu unik karena memiliki warna keunguan. Warna itu berasal dari bahan utamanya yakni ubi ungu. Biasanya Nasi Subut juga dilengkapi dengan taburan bulir jagung dan bumbu penyedap lainnya sehingga memiliki  rasa gurih dan nikmat.

Oh, ya, Nasi Subut pun aman bagi penderita diabetes, karena tidak mengandung banyak nasi sebab komposisi jagung dan ubinya jauh lebih banyak

Sate Ikan Pari

Sumber: Instagram @fitrianti001

Sate khas Tana Tidung terbuat dari Ikan Pari. Tidak heran jika sate ini mampu menciptakan rasa unik bagi setiap orang yang mencicipinya.

Ikan pari nya diambil dari Sungai Sesayap. Ikan tersebut dicuci dulu, kemudian dipotong lalu direndam dengan air jeruk nipis. Setelah itu baru dibumbui.dengan olahan rempah-rempah, dan diberikan tambahan madu juga dilumuri kecap manis ketika proses pembakaran. Ah, lezat!. Membawa pulang satu porsi saja rasanya pasti tidak cukup.

Sambel Ikan Asin Khas Tana Tidung

Sumber: Instagram @ricebun_mlg

Sambel ikan asin biasanya menjadi lauk Nasi Subut. Kuliner yang akrab juga dengan sebutan Gammy oleh masyarakat Tana Tidung ini diproses dengan cara ditumis dengan saus gurih, kemudian dilengkapi sayur singkong. Rasanya pedas bercampur asam dan juga asin. Sambal ini bisa bertahan sekitar dua minggu jika disimpan diluar ruangan, dan lebih lama lagi jika disimpan di dalam kulkas

Udang Galah

Sumber: Instagram @captfatsparrow

Udang Galah juga berasal dari perairan Sungai Sesayap. Bisa diolah menjadi makanan apapun. Sebenarnya tidak perlu ditambahkan bumbu lagi Udang Galah tetap enak karena dagingnya sudah memiliki rasa manis-manis gurih. Selain itu udang ini pun tidak berbau tanah,

Bagian paling enak dari Udang Galah yaitu isi dari kepalanya karena terdapat telur udang dan sedikit daging yang sangat lezat sekali ketika dihisap. Karena itulah ukuran kepala Udang Galah lebih besar dibandingkan badannya.

Jahe Bawang Dayak

Sumber: Instagram @jahebawangdayak

Masyarakat Tana Tidung terbiasa mengkonsumsi minuman hangat seperti jahe yang ditambah sari bawang hutan atau bawang dayak. Di Tana Tidung jenis bawang ini sering dijadikan jamu untuk mengembalikan kesegaran tubuh

Dengan aroma yang khas, dan rasa yang nikmat, Jahe Bawang Dayak akan membuat tubuh anda senantiasa, sehat, dan terhindar dari berbagai penyakit walaupun selalu menjalani aktivitas yang padat.

Kue Tambi

Sumber: Instagram@soleha-rully

Kuenya masyakarat Tana Tidung, nih, guys. Namanya Kue Tambi. Rasanya sangat manis dan terasa kriuk ketika digigit. Camilan ini terbuat dari campuran tepung terigu dengan santan air kapur sirih, mentega, dan gula merah. Penggorengannya dilakukan dua kali. Pertama, saat adonan masih berisi santan air kapur sirih dan mentega. Kedua, setelah ditiriskan kemudian digoreng lagi dengan gula merah. Tidak heran, jika rasanya memang super kriuk-kriuk!

Sate Temburung

Sumber: Instagram @harsono1691

Menu Seafood paling populer setelah Sate Ikan Pari di Kalimantan utara. Temburung sendiri adalah jenis hewan laut yang mirip kerang. Rasa sate ini sangat mantap, tidak menduplikasi cita rasa sate manapun, sehingga sangat khas dan memberikan pengalaman kenikmatan yang berbeda khususnya bagi pecinta sate.

Buah Tarap

Sumber: INstagram @anne_zainal

Buah Tarap termasuk ke dalam marga buah Nangka. Buah ini rasanya sangat manis. Cara kupasnya mirip ketika anda memakan Buah Srikaya. cukup belah pakai tangan,  karena sangat lunak terlebih jika sudah matang. Nantinya akan terlihat butiran ranum berwarna putih yang siap untuk disantap.

Jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh pastikan memilih yang sudah tua dan buah didalamnya belum matang agar tidak mudah terbuka

Tas Dayak

Sumber: Instagram @debbiewurara

Jika berbagai kuliner yang dibahas di atas sudah sukses masuk keranjang anda, sekarang mari beralih pada kerajinan tangannya. Yup, tas Dayak. Tas ini sangat etnik dibalut dengan corak khas Dayak yang merupakan salah satu suku yang ada di Tana Tidung. Cocok untuk dijadikan buah tangan terutama untuk mereka yang ingin terlihat berpenampilan etnik.

Miniatur Dayak

Sumber: Instagram @borneo_etnik

Jika anda ingin membawa koleksi yang identik dengan Tana Tidung maka belilah miniatur yang dijajakan di pusat-pusat oleh-oleh. Salah satunya Miniatur Dayak.

Harga miniatur ini sangat terjangkau tergantung ukuran yang dipilih. Miniatur Sayak bisa diletakkan di kamar, ruang tamu dan lain-lain supaya anda tetap mengenang serunya berwisata di Kalimantan Utara, khususnya Tana Tidung dengan senyuman

Comments

Loading...