OUR NETWORK

Berkunjung ke Jambi, 10 Destinasi Wisata Ini Wajib Ada di Daftar Kunjunganmu

Kota Jambi adalah ibu kota dari Provinsi Jambi, Sumatera. Namanya juga kota, jadi Kota Jambi tak banyak memiliki wisata alam yang menawan dan sejuk seperti daerah-daerah yang lainnya. Meskipun demikian, Jambi bukan berarti tak memiliki destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Karena kamu masih bisa berkunjung ke-10 destinasi wisata berikut ini, dijamin kamu gak bakal kecewa.

Hutan Pinus Kenali

Sumber: Instagram @puputshaputra

Hutan Pinus Kenali ini berada di perbatasan antara Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi. Di sana kamu bisa menemukan kesejukan yang menenangkan hati di bawah ratusan pohon pinus rindang yang berjajar secara rapi. Tiket masuk ke sana juga tak terlalu mahal, jadi dijamin gak bakal membuat kantongmu kering.

Jambi Paradise

Sumber: Instagram @eet_fest_novia

Selanjutnya ada Jambi Paradise, yang bisa dibilang sebagai destinasi wisata favorti di Jambi. Seperti namanya, Jambi Paradise menyuguhkan pemandangan yang indah layaknya sebuah surga. Di sana juga terdapat berbagai fasilitas penunjang, dan juga beberapa wahana wisata yang menarik dan cocok untuk dinikmati bersama dengan keluarga atau orang terkasih. Lokasi destinasi wisata ini juga cukup strategis, karena hanya berjarak 7 km dari Bandara Sultan Thaha, atau tepatnya berada di Simpang Acai, kawasan Palmerah Kota Jambi.

Jembatan Gentala Arsi

Sumber: Instagram@sasandrie

Jika kamu mendengar kata jembatan, pasti yang ada dalam benakmu adalah jembatan untuk kendaraan bermotor. Akan tetapi berbeda dengan Jembatan Gentala Arsi, yang memang dikhususkan untuk para pejalan kaki. Jembatan yang melengkung layaknya huruf ‘S’ ini kabarnya menghabiskan dana sebesar 77 miliar rupiah. Jembatan ini merupakan salah satu ikon dari Kota Jambi. Jembatan Gentala Arsi akan terlihat semakin indah ketika di malam hari, di mana cahaya-cahaya lampu akan menerangi dan meredam kesunyian yang ada.

Jembatan Batang Hari 2

Sumber: Instagram @bhimawibawa

Ada lagi jembatan cantik di Jambi, yakni Jembatan Batang Hari 2. Jembatan dengan panjang 1,3 km ini dibangun pada tahun 2003 yang lalu, untuk menghubungkan Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jembatan ini terlihat cukup gagah, di kala matahari beranjak tenggelam dari peraduannya.

Kuliner Tanggo Rajo Jambi

Sumber: Instagram@temphoyac

Tepat di bawah Jembatan Gentala Arsi, kamu akan menemukan tempat nongkrong yang cukup hits bagi warga Jambi. Beragam jajanan murah bisa kamu temui di sana, mulai dari jagung bakar, sate, dan aneka minuman. Bersantai di sana sembari makan jajanan dan menikmati keindahan Jembatan Gentala Arsi akan menjadi pengalaman yang cukup berkesan bagimu. Jadi jangan sampai tak mampir ke Kuliner Tanggo Rajo Jambi!

Menara Gentala Arsi

Sumber: Instagram@fazr.y

Selain jembatan dan tempat kuliner, ada juga Menara Gentala Arsi yang terlihat cukup ikonik. Tak hanya menara, di sana kamu juga bisa masuk ke musem yang di dalamnya menyimpan banyak koleksi sejarah umat Islam di Kota Jambi. Dengan koleksi yang ada, dijamin kamu gak bakal rugi berkunjung ke Menara dan Museum Gentala Arsi.

Taman Rimba

Sumber: jajanbeken

Pingin wisata edukasi? Nah, kamu pun bisa berkunjung ke Taman Rimba, yang merupakan satu-satunya kebun binatang yang ada di Kota Jambi. Taman Rimba sendiri lokasinya tak jauh dari Bandara Sultan Thaha, sehingga selalu ramai menjadi jujukan wisatawan. Di sana kamu bisa menikmati berbagai koleksi satwa liar, mulai dari orangutan, gajah, harimau, hingga berbagai satwa langka dan dilindungi lainnya. Tak jauh dari tempat ini kamu juga bisa mengunjungi Taman Mini Jambi.

Tugu Keris Siginjai

Sumber: Instagram@razma_razma

Selanjutnya kamu juga bisa berkunjung ke Tugu Keris Siginjai, yang berlokasi di Kota Baru, Kota Jambi. Berdasarkan informasi, tugu yang menghabiskan dana sebesar 3,5 miliar rupiah ini diresmikan pada tahun baru 2018 yang lalu oleh Wali Kota Jambi. Seperti namanya, tugu ini berbentuk keris, yang di mana di bawahnya terdapat patung angsa. Keris dan angsa memang tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang Kota Jambi.

Wisata Air Gelam Oasis

Sumber: Instagram @gelam_oasisjambi
Sumber: Instagram @gelam_oasisjambi

Wisata Air Gelam Oasis adalah wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan si buah hati. Berbagai wahana tersedia di tempat ini, mulai dari wisata air, fliying fox, kolam renang, dan berbagai wahana yang lainnya. Untuk tiket masuknya seharga 30 ribu rupiah untuk hari kerja dan 35 ribu rupiah untuk hari libur.

Wisata Kampoeng Radja

Sumber: Instagram @kampoengradja

Sumber: Instagram @kampoengradja

Wisata Kampoeng Radja tak ubahnya seperti Wisata Air Gelam Oasis. Hanya saja wahana di tempat ini lebih lengkap, dan kamu juga bisa bermain paint ball. Untuk tiket masuknya sendiri seharga 40 ribu rupiah.

Comments

Loading...