in

Cantiknya Air Terjun Tela Maluku Barat Daya, Mengalir dari Dalam Goa

Sumber: Instagram@obeth_ritawaemahu

Maluku adalah salah satu provinsi di timur Indonesia yang memiliki keindahan alam bak surga tertinggal di bumi. Begitu cantik dan mengagumkan, deretan pantainya membentang dengan begitu eksotisnya, taman bawah lautnya juga menawan, begitu pula dengan gugusan kepulauannya yang begitu cantik. Salah satu pulau yang menarik di Maluku adalah Pulau Babar, di mana di sana terdapat sebuah air terjun unik bernama Air Terjun Tela. Bagaimana, apakah kamu pernah ke sana? Kalau belum, ini ada sekelumit ulasan tentang air terjun cantik yang satu ini.

Lokasi Air Terjun Tela

Sumber Gambar: YouTube @Agung Pratoyo

Secara administratif Air Terjun Tela berlokasi di Desa Tela, Kecamatan Pulau-Pulau Babar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Dari ibu kota Kecamatan Pulau-Pulau Babar, Kota Tepa, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit hingga 1 jam perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 20 km. Di sepanjang perjalanan para wisatawan juga akan disuguhkan pemandangan yang begitu cantik khas daerah tropis, berupa perbukitan hijau dengan jalan yang berkelok-kelok.

Sumber Gambar: YouTube @Agung Pratoyo

Namun, sayangnya akses menuju ke Desa Tela belum sepenuhnya memadai. Meskipun sebagian besar jalan sudah cukup lebar dan teraspal mulus, tapi masih ada beberapa titik jalan yang berupa tanah dan cukup sempit. Oleh sebab itu, transportasi terbaik menuju ke Desa Tela adalah dengan menggunakan kendaraan roda dua alias sepeda motor.

Tracking Menuju ke Air Terjun Tela

Sumber Gambar: YouTube@ Agung Pratoyo

Setelah sampai di Desa Tela, teman traveller masih harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki atau tracking. Sangat cocok bagi para pecinta alam! Di sepanjang perjalanan, traveler akan menyusuri kebun kelapa, beberapa sungai kecil dan sumber mata air, hingga semak belukar. Meskipun perjalanannya cukup melelahkan, namun dijamin peluhmu tak akan terasa, karena di sepanjang perjalanan teman traveler akan ditemani dengan suasana yang rindang dan udara sejuk menyegarkan. Sesekali juga terdengar suara burung saling bersahut-sahutan.

Keindahan Air Terjun Tela

Sumber Gambar: dinamikamaluku.com

Air Terjun Tela memang tak terlalu besar, juga tak terlalu tinggi. Meskipun demikian, wisata alam yang satu ini tetap tak akan pernah membuatmu kecewa. Airnya begitu menyegarkan, bahkan bisa diminum secara langsung, karena bersumber dari mata air langsung. Bentuknya yang berundak dengan bebatuan yang tak terlalu licin sangat memungkinkan traveler untuk memanjat menuju ke puncak Air Terjun Tela. Di puncak akan terlihat jelas bahwa Air Terjun Tela berasal dari mata air yang ada di dalam sebuah gua yang bernama Gua Weopne. Menurut cerita masyarakat setempat, tempat tersebut dinamakan dengan Gua Weopne yang berarti memiliki air yang melimpah.

Sumber Gambar: ambon.antaranews.com

Sekitar 50 meter dari Air Terjun Tela juga terdapat sebuah kubangan air yang tak terlalu dalam. Para traveler pun bisa dengan leluasa berendam atau sekedar bermain air di kubangan tersebut untuk melepas lelah dan penat dari rutinitas kehidupan sehari-hari. Sangat menarik bukan?

Fasilitas di Air Terjun Tela

Sumber Gambar: Instagram @obeth_ritawaemahu

Tapi cukup disayangkan, sampai saat ini Air Terjun Tela masih belum dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat atau warga Desa Tela. Oleh sebab itu, para pengunjung juga tidak akan menemukan fasilitas apa pun di sekitar air terjun cantik yang satu ini. Tak ada warung penjual makan atau minuman ringan seperti di tempat-tempat wisata lainnya, tak ada pula tempat sampah, dan tidak ada juga toilet.

Air Terjun Tela masih benar-benar alami, jauh dari jamahan tangan usil manusia. Melihat kondisi yang ada, oleh sebab itu para pengunjung disarankan untuk menyiapkan perbekalan, terutama air minum, dari rumah sebelum berkunjung ke Air Terjun Tela sebagai teman ketika tracking.

Tidak Ada Tiket Masuk

Karena belum dikelola, para wisatawan juga belum dipungut tiket masuk untuk menikmati keindahan dan kesejukan dari Air Terjun Tela.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menghabiskan akhir pekan dan hari liburmu di Air Terjun Tela? Bagi para pecinta alam atau petualang, berkunjung ke Air Terjun Tela dijamin akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Alamnya yang masih sangat alami, belum lagi suasananya juga sejuk dan memberikan kedamaian. Pokoknya kamu harus mencoba datang dan berwisata di sana. Selamat berlibur!!!