OUR NETWORK

Danau Tondano, Tempat Persembunyian Ikan Termahal di Dunia

Sumber: Instagram @james_wewengkang

Sampai saat ini, Indonesia masih punya banyak sekali stok wisata yang sayang untuk dilewatkan. Atau hany kamu nikmati di media sosial saja. Seperti halnya, Danau Tondano yang berada di Sulawesi Utara. Menarik minat wisatawan baik nusantara maupun mancanegara

Sumber: Instagram @james_wewengkang

Kalau kamu berkunjung ke tempat ini, waktu yang paling baik adalah sore hari. Kamu bisa melihat pesona tiga gunung sekaligus lho. Mulai dari Lembean, Kaweng dan Masaran. Ketiganya tampak begitu mengesankan. Siap-siap untuk membawa kamera tingkat tinggi, agar kamu bisa mengabadikannya melalui foto dan gambar.

Mengenal Danau Tondano

Danau ini mempunyai ketinggian kurang lebih 600 mdpl. Memiliki luas kurang lebih 4278 hektar. Dari keindahannya ini, kamu bisa melihat sebuah legenda yang terkandung di dalamnya. Dimana, menurut kepercayaan warga sekitar, terbentuk dari letusan gunung dari kisah percintaan yang tidak direstui oleh kedua orang tua.

Sumber: Instagram @provinsi.sulut

Mereka berdua yang melanggar janji, lari dan masuk ke daerah Gunung Kaweng. Seketika, gunung yang letaknya tidak jauh dari Danau meletus dahsyat. Mengakibatkan adanya sebuah kubangan yang sangat besar. Dari kubangan ini banyak air yang masuk hingga akhir terbentuklah Danau Tondano.

Cara Menuju Danau Tondano

Sumber: Instagram @kathleencgbr

Danau Tondano terletak di Desa Remboken, Kabupaten Tomohon dan Kabupaten Kawankoa. Untuk bisa menuju ke Danau Tondano kamu bisa masuk ke Manado terlebih dahulu melalui Bandara Sam Ratulangi. Kemudian, lanjutkan perjalanan lagi menuju ke Tomohon. Dari sini perjalanan kamu menuju ke lokasi wisata tinggal 3 km lagi. Atau kurang lebih 20 menit.

Salah satu yang harus kamu perhatikan menuju ke tempat ini adalah jalanan yang berliku dan juga berkelok. Perhatikan kecepatan karena, terkadang kamu akan melewati belokan yang cukup tajam. Terlebih lagi dengan jalanan yang cukup sempit. Jadi, pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima ya

Keindahan Danau Tondano

Sumber Gambar Dari Instagram @fenceeduardo

Salah satu hal yang menjadi daya tarik utama dari kawasan ini adalah banyaknya ikan air tawar yang melimpah. Tidak heran bila setiap waktu, banyak pemancing yang membawa semua peralatannya memancing di tempat ini. Ada ikan mujair, Payangka Wiko atau sebutan untuk udang kecil, Pior atau kabus dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin memancing, kamu bisa naik kapal-kapal yang ada di sini. Atau mengikuti jejak beberapa orang di pinggiran-pinggiran danau. Saking melimpahnya, setiap pemancing yang datang selalu dapat ikan yang bila ditimbang bisa mencapai 2 kg lho. Menariknya lagi, di tengah pulau ini terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Likri. Keindahan lain dari Danau ini pun tidak berhenti sampai disini.

Sumber: Instagram @tondanolake

Ada pula penampakan hutan yang membuat kawasan ini semakin esoktis. Sawah-sawah yang tidak akan pernah sepi dengan para petani. Ada juga penampakan rumah belanda dengan cerobong asap menyembul diatasnya, Tempat ini biasa dikunjungi oleh wisatawan karena, dari sini pemandangan senja akan tampak mengesankan dengan siluet rumah kuno bergaya eropa.

Kalau kamu beruntung kamu bisa menikmati perhelatan Pesta nelayan. Dimana, ada banyak perahu bolotu yang akan menghiasi danau dengan berbagai macam warna. Banyak perlombaan yang disajikan disini. Salah satu yang menarik adalah lomba menangkap ikan tanpa menggunakan alat, atau juga parade perahu-perahu yang mengesankan.

Fasilitas yang Disediakan

Ada banyak fasilitas yang sudah disediakan di tempat ini. Dimana, kamu bisa menyewa perahu dengan harga 50 ribu dan berkeliling menyusuri danau dalam waktu 1 jam lamanya. Sayangnya, kalau kamu mau menikmatinya harus lengkap 10 orang terlebih dahulu. Kalau masih kurang 10 maka kamu harus bersabar menunggunya.

Tidak hanya bisa berkeliling melihat pemandangan sekitar saja. Kamu juga bisa melihat ikan khas Danau Tondano. Namanya adalah Marbel Golby atau disebut juga dengan ikan betutu. Jangan kaget ya, harga per kilonya di berbagai negara bisa mencapai ratusan ribu rupiah lho. Salah satu ikan premium dengan cita rasa yang sangat enak.

Kesimpulan

Danau Tondano menjadi tempat paling mengesankan. Dimana, keindahannya dari ujung hingga ke ujung memang tidak bisa dibandingkan. Apalagi, melimpahnya ikan-ikan yang ada disini menjadi catatan tersendiri bagi wisatawan. Jadi, sudah siap berburu ikan di tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…