OUR NETWORK

Keindahan Indonesia Dari Puncak Gunung Patuha Via Kawah Putih

Sumber: jejakumurku.com

Gunung Patuha memiliki ketinggian kurang lebih 2434 Mpdl. Dimana, kawasan ini terkenal dengan panorama kawah putihnya. Pesona, menjadikan tempat ini selalu dan tidak akan pernah sepi pengunjung. Tetapi, pernahkah terbayangkan oleh kamu, untuk mendaki hingga ke Puncaknya?

Ada 3 Jalur yang bisa kamu tempuh. Hanya saja, Jalur paling ramah adalah melalui Kawah Putih. Kamu bisa menghemat waktu dan jalan yang cukup. Lumayan bukan, untuk menghemat tenaga Karena, perjalanan menuju ke Puncak tidak mudah lho. Banyak rintangan terutama bau belerang yang cukup menyengat.

Menuju Ke Titik Pendakian Kawah Putih

Sumber: amatircrewpendakiindonesia.blogspot.com

Menuju ke Kawah Putih, kamu bisa menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Bandung. Kemudian, naik angkot menuju ke Terminal Leuwi Panjang. Selanjutnya, naik bus menuju ke Terminal Ciwidey. Dari sini, kamu bisa menyewa angkot dengan harga 400 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah saja untuk pulang pergi. Jadi, jangan lupa minta nomor handphone abang angkot ya.

Setelah tiba di area Kawah Putih, kamu akan ditarik harga tiket 35 ribu rupiah. Kemudian, naik ontang-anting menuju ke Kawah Putih. Disana kamu bisa menikmati dahulu pesonanya. Bagi yang belum pernah pergi ke Puncak, kamu bisa bertanya dimana jalur menuju ke Kawah Saat.

Sumber: inews.id

Disarankan menggunakan Tour guide agar kamu tidak kesasar. Karena, jalurnya cukup membingungkan dan tidak mudah untuk sampai di puncaknya. Bila beruntung, kamu bisa mengikuti rombongan lain yang naik dari Kawah Putih.

Menuju ke Pos Bibir Kawah Saat

Menuju ke Pos 1 kamu harus melalui tanjakan yang cukup berat. Di sisi Kawah Putih, disarankan kamu bawa masker. Karena, bau belerang yang cukup kuat dan menyengat. Kurang lebih 30 menit sampai 45 menit. Kamu akan masuk di jalur hutan yang tertutup denga pepohonan. jalur masih menanjak dengan akar-akar pohon yang menjalar ke bawah.

Sumber: ranselmerahkucel.blogspot.com

Kalian harus berhati-hati karena, bisa-bisa tersandung dan terjatuh. Treknya terus menanjak keatas. Atur nafas dengan baik, dan jangan memaksakan diri untuk terus berjalan. Setidaknya, tarik nafas dan atur ulang oksigen selama 5 menit. Usahakan saat beristirahat jangan duduk dan tetap berdiri.

Menuju Ke Pos Kawah Saat

Sumber: Instagram @saputradicky_

Setelah berjalan kurang lebih 4 jam lamanya, kamu akan tiba di bibir kawah Saat. Menuju ke Pos selanjutnya, jalur akan semakin menarik. Disini pula, kamu bisa menikmati beberapa makam yang memang dikeramatkan. Terkadang kamu akan bertemu dengan para peziarah.

Ada dua percabangan jalan, dimana untuk menuju ke puncak kamu bisa belok ke kiri dan menuruni jalan yang cukup curam dan tajam. Tetapi, santai saja, sudah ada tali yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu kamu menuruni trek ini. Disarankan kamu bawa kaos tangan ya, karena, talinya sendiri cukup sakit dijadikan sebagai pegangan.

Menuju Puncak

Sumber: jejakumurku.com

Dari Kawah Saat kamu bisa mendaki ke puncak dengan menyusuri perbukitan jalurnya menanjak. Hanya saja, cukup ramah untuk para pendaki pemula. Di puncak pertama dengan ketinggian 2300 Mdpl. Kamu bisa mendirikan tenda disini, atau naik lagi kurang lebih 20 menit menuju Top Patuha di ketinggian 2434 Mdpl.

Pesona bintang malam dengan udara yang dingin akan menjadi pesona malam yang tak terlupakan. Usahakan tiba disini sebelum pukul 6 sore. Kamu bisa melihat sunset yang mempesona dan memajakan mata kamu. Cobalah bangun pukul 3 pagi. Dimana, kamu bisa melihat pesona bintang-bintang yang benar-benar mengesankan.

Sumber: idntimes.com

Dikala pagi, sunrisenya tidak kalah menggemaskannya lho. kamu wajib mengabadikan semua momennya. Nah, untuk perjalanan turun, kamu bisa memilih jalur memutar melalui perkebunan Rancabali. Hamparan perbukitan tehnya memang luar biasa. Kamu bakal puas disajikan engan hijaunya tanpa henti.

Kesimpulan

Perjalanan menuju Gunung Patuha memang tidak mudah Walaupun, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3 jam sampai 5 jam. Untuk Waktu turunnya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Waktu yang cukup untuk kamu menikmati semua keindahan yang ada di tempat ini.

Satu hal yang harus kamu perhatikan adalah udara dingin yang ada di puncaknya. Jangan lupa pakai jaket atau juga selimut tebal. Persediaan air minum dan makanan juga harus kamu perhatikan ya. jadi, sudah siap menikmati Gunung Patuha, sisi lain dari kawah Putih?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…