OUR NETWORK

Mampir ke Danau Biru Kolaka Utara yang Menghipnotis

Source Image: indonesia.baligolive

Jauh dari pusat Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, ada secuil surga yang tertinggal di Bumi Nusantara. Danau Biru, begitulah tempat ini disapa, sebuah danau cantik dengan air yang berwarna biru dan sangat memukau. Suasananya yang tenang dan jauh dari keramaian membuat danau ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menenangkan diri.

Mitos Danau Biru

Sumber: Instagram @dodyprimakusuma

Danau Biru disebut memiliki tiga mata air besar yang menjadi sumber utamanya. Dibalik itu, danau cantik ini juga menyimpan mitos tersendiri, walau pun sampai sekarang belum bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Disebutkan bahwa pada jaman dahulu kala ada seorang Putri Mokole yang memutuskan untuk pergi meninggalkan istananya menuju ke tengah hutan belantara, karena keinginannya yang tidak tercapai. Dia bertapa di tengah hutan dengan maksud meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa agar keinginannya terkabulkan. Setelah terkabul, sang putri pun beranjak meninggalkan tempat pertapaannya, dan saat itu mata air dengan volume yang besar menyembur keluar tepat dari tempatnya duduk hingga membentuk sebuah danau, yang kini dikenal dengan Danau Biru Kolaka Utara.

Kecantikan Danau Biru

Sumber: Instagram @rubahphoto

Siapa pun yang pertama kali menginjakkan kakinya di sini, kamu akan langsung dibuat takjub oleh keindahan yang disuguhkannya. Kombinasi antara pepohonan hijau, bukit batu, dan danau yang berwarna biru akan terlihat sangat sempurna dan mampu menghipnotis setiap pandangan mata. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 7 meter dan airnya payau, campuran antara air laut dan air tawar.

Apa yang Bisa Dilakukan di Danau Biru?

Sumber: Instagram @bary_sukarta

Tenang, banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di Danau Biru. Bagi kamu yang hobi berenang atau menyelam, bisa melakukannya di Danau Biru Kolaka Utara. Untuk menyelam, kamu harus mempersiapkan peralatannya sendiri, karena belum tersedia tempat penyewananya di sana. Dengan menyelam, kamu bisa lebih dekat dengan kehidupan di Danau Biru Kolaka Utara. Namun, untuk kamu yang tidak bisa berenang, disarankan jangan coba menceburkan diri di dalamnya, karena kontur danau yang terjal.

Sumber: Instagram @dionmuhdjohan

Di sana kamu juga bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang ke sana kemari, karena Danau Biru Kolaka Utara menjadi habitat banyak ikan dengan ukuran yang beragam.

Foto Prewedding Favorit

Sumber: Instagram @astaandi

Banyaknya landscape menawan di Danau Biru Kolaka Utara juga sering dijadikan sebagai lokasi foto prewedding bagi mereka yang akan segera melangsungkan pernikahan. Kamu pun bisa dengan bebas mengambil latar belakang keindahan alam di Danau Biru sebagai latar belakang foto terbaikmu. Tidak perlu menggunakan kamera digital, cantiknya bentang alam di sekitar danau membuat foto hasil jepretan smatphone sudah terlihat sangat cantik.

Harga Tiket Masuk

Sumber: Instagram @sawitri.dian

Saat ini Danau Biru Kolaka Utara telah dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat, sehingga kamu perlu membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah per orang untuk bisa menikmati keindahannya. Untuk biaya parkir akan dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu rupiah untuk roda empat.

Sebelum dikelola secara resmi, kabarnya di Danau Biru Kolaka Utara sering terjadi pungutan liar. Terkadang para penjaga palang pintu danau memaksa para wisatawan untuk membayar tiket dengan harga yang tidak wajar, mencapai puluhan ribu rupiah per orang.

Fasilitas di Danau Biru

Sumber: Instagram @linda93ar

Selain pemandangan yang menawan, para pengunjung Danau Biru Kolaka Utara juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang cukup lengkap. Di sana telah tersedia beberapa bilik toilet dan kamar bilas yang cukup bersih, ada juga tempat sampah dengan jumlah yang cukup memadai di sekitar danau. Ada juga anjungan yang bisa digunakan para pengunjung untuk bisa melihat danau lebih dekat.

Lokasi dan Cara Menuju ke Danau Biru

Sumber: Instagram @faisal_najma

Danau Biru terletak di Desa Walasiho, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Dari ibu kota Sulawesi Tenggara, Kendari, jarak menuju ke Danau Biru masih sangat jauh, sekitar 320 km dengan waktu perjalanan kurang lebih 6 hingga 7 jam dengan melewati Kabupaten Konawe, Kolaka Timur, dan Kolaka. Akses jalan yang sudah sangat memadai memungkinkanmu menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat menuju ke Danau Biru Kolaka Utara. Namun, disarankan untuk mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu, karena rute menuju ke Danau Biru akan melewati daerah pegunungan dengan kondisi jalan yang naik turun dan disertai dengan tikungan-tikungan tajam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…