OUR NETWORK

Pulau Pinus 2, Sisi Lain dari Waduk Riam Kanan

Source Image: Instagram @mutyara_ampah

Bagi kamu para pecinta alam, tentunya kurang lengkap apabila belum menjelajah setiap sudut Pulau Kalimantan. Walau pun lebih dikenal sebagai rumah dari ratusan ribu hektar hutan hujan tropis, nyatanya Kalimantan tetap memiliki banyak destinasi wisata alam yang cukup memukau, selain Danau Labuan Cermin, Danau Sentarum, dan Pulau Derawan yang sudah terkenal itu tentunya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kamu menyempatkan diri untuk berlibur di Kalimantan, terutama Kalimantan Selatan.

Di Kalimantan Selatan, kamu akan menemukan banyak pesona alam yang unik, salah satunya adalah Pulau Pinus 2. Dikatakan unik karena pulau yang ditumbuhi ratusan pohon pinus itu berada di tengah-tengah Waduk Riam Kanan, atau yang bernama asli Waduk Ir. Pangeran Mohammad Noor, yang telah diresmikan sejak tahun 1973 tersebut.

Lokasi Pulau Pinus 2

Sumber: Instagram @mutyara_ampah

Dilihat secara letak administratif, lokasi Pulau Pinus 2 berada di Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, jaraknya kira-kira sekitar 68 km di sebelah tenggara Kota Banjarmasin dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan darat. Cukup jauh memang, namun di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang menawan, didominasi oleh hutan Kalimantan lengkap dengan kesejukan udaranya. Akses menuju ke lokasi sudah sangat memadai, yang mana jalanan cukup lebar dan teraspal mulus, sehingga bisa dilewati oleh kendaraan roda dua atau pun empat. Dari lokasi parkir kendaraan, untuk menuju ke Pulau Pinus 2 harus menyewa kapal kelotok dengan perjalanan kira-kira sekitar 20 menit. Tak perlu khawati soal biaya, karena cukup murah dan yang pasti bersahabat di kantang kamu.

Pesona Pulau Pinus 2

Sumber: Instagram @ynskrs.ayu

Pulau Pinus 2 sering kali menjadi tujuan wisatawan, terutama di saat akhir pekan atau hari libur nasional. Sebenarnya pulaunya kecil, tidak terlalu luas, namun yang menjadi daya tarik utamanya adalah keberadaan ratusan pohon pinus yang tumbuh berjajar dengan rapi, memberikan keteduhan bagi siapa saja yang coba berlindung di bawahnya. Gemerisik dedaunan terdengar syahdu, ditambah sesekali terdengar suara burung yang saling bersahutan.

Sumber: Instagram @_arya29_

Kemudian, pemandangan di sekitar Waduk Riam Kanan juga cukup menawan, membuat para pengunjung semakin betah untuk berlama-lama di Pulau Pinus 2. Saking cantiknya, tidak jarang Pulau Pinus 2 dijadikan sebagai lokasi pra-wedding, dan sering juga menjadi latar foto para model yang dijepret oleh para fotografer professional.

Fasilitas Pulau Pinus 2

Sumber: Instagram @gyant._

Memang tidak terlalu luas, namun fasilitas di Pulau Pinus 2 bisa dibilang cukup lengkap. Tepat di tengah-tengah pulau terdapat panggung kayu yang cukup unik, kemudian di salah satu tepiannya terdapat beberapa bangku kayu, yang bisa digunakan para pengunjung untuk sekedar beristirahat melepas lelas atau menikmati suasana Pulau Pinus 2. Di sudut lainnya dari pulau yang satu ini terdapat beberapa bilik toilet umum.

Di sekitar pulau juga terdapat beberapa warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan, sehingga kamu pun tidak perlu repot-repot membawa perbekalan dari rumah. Soal harga memang sedikit lebih mahal, namun masih tergolong wajar untuk tempat wisata. Hal menarik lainnya dari pulau pinus ini adalah para pengunjung yang berkunjung ke Pulau Pinus 2, tidak akan dikenakan biaya masuk tambahan, sehingga mereka cukup membayar biaya masuk ke Waduk Riam Kanan dan sewa perahu kelotok.

Wisata di Sekitar Pulau Pinus 2

Sumber: Instagram @wiwid_ya

Ada Pulau Pinus 2, berarti ada pulau Pulau Pinus 1, yang tentunya juga bisa kamu kunjungi dengan menggunakan perahu kelotok. Di sekitar Waduk Riam Kanan juga terdapat air terjun dengan pemandangan yang cukup mengesankan, kamu pun bisa singgah ke sana dengan menggunakan perahu kelotok dan menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Bagaimana, apakah tertarik? Namun, yang pasti kamu juga harus membayar biaya sewa perahu kelotok lebih mahal.

Itulah sekilas tentang Pulau Pinus 2 di Waduk Riam Kanan. Tak perlu ragu, karena suasana dan pemandangannya pun tak kalah dari beberapa hutan pinus ternama di Indonesia, sebut saja Hutan Pinus Imogiri di Yogyakarta, Top Selfie Pinusan Kragilan di Jawa Tengah, Hutan Pinus Gunung Pancar di Sentul Bogor, hingga Hutan Pinus Bumi Perkemahan Bedengan di Malang.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…