spot_img

Yuk Berkunjung ke Spin Lake, Wisata Alam di Tengah Kota Jambi!

Jambi adalah sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang tak henti-hentinya menyumbangkan banyak tempat tempat wisata yang mempesona untuk Indonesia. Tak heran bila akhir-akhir ini banyak tempat tempat wisata di Jambi yang sering viral di sosial media. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Jambi yaitu danau yang terletak di tengah tengah Kota Jambi. Nama tempat wisata tersebut adalah Danau Sipin atau bisa juga dikenal dengan Sipin Lake bagi wisatawan mancanegara. Para penduduk sekitar juga sering menyebutnya dengan Solok Sipin. Solok dalam bahasa setempat berarti danau. Sipin Lake merupakan tempat wisata yang sudah populer khususnya di Kota Jambi karena danau tersebut sudah ada sejak lama.

Sipin Lake

Sipin Lake berlokasi di Simpang Buluran Kenali, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi, Provinsi Jambi. Tidak sulit untuk menemukan tempat wisata danau ini karena lokasinya terletak di tengah tengah Kota Jambi. Sipin Lake juga berdekatan dengan lokasi kantor Gubernur Provinsi Jambi dan juga berada di sebelah Fakultas Kedokteran Unja (Universitas Negeri Jambi). Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung hanya perlu membeli tiket masuk sebesar Rp 3.000 saja per orang. Selain itu, untuk wisatawan yang membawa motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Biaya yang dikeluarkan tersebut tentu sangat kecil jika dibandingkan dengan pemandangan indah yang akan pengunjung lihat.

Sumber Gambar: Google Maps @ji Nugroho

Begitu sampai disana, pengunjung langsung disuguhkan dengan panorama danau diikuti dengan tumbuhan hijau yang menghiasi pinggiran danau. Sipin Lake memiliki luas sekitar 89 hektar atau 3,4 kilometer persegi dengan rincian panjang sekitar 4.500 meter dan lebar sekitar 300 meter. Untuk kedalaman dari Sipin Lake ini awalnya sekitar 2 – 6 meter namun pada tahun 2018 pemerintah melakukan normalisasi hingga kedalamannya menjadi 5 – 7 meter.

Semenjak di renovasi sehingga muncul dengan tampilan baru, Danau Sipin menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi oleh Warga Jambi. Wisata Danau Sipin sangat ramai dikunjungi ketika hari libur tiba. Biasanya para pengunjung yang datang merupakan keluarga ataupun muda-mudi yang ingin berlibur atau refreshing untuk menghilangkan penat.

Kegiatan Seru di Sipin Lake

Sumber Gambar: jambipos-online.com

Danau Sipin terbagi menjadi beberapa titik yang bisa pengunjung datangi untuk melakukan berbagai aktivitas dengan sensasi yang berbeda beda di setiap titiknya. Salah satunya adalah titik di daerah Buluran. Di titik Buluran biasanya para pengunjung disuguhkan dengan pemandangan Danau Sipin yang elok. Aktivitas yang biasanya dilakukan oleh warga sekitar adalah budi daya ikan air tawar dengan sistem keramba. Keramba merupakan tempat budi daya ikan tradisional yang mirip seperti tambak ikan.

Sumber Gambar: nativeindonesia.com

Titik lain yang bisa pengunjung datangi adalah titik yang dekat dengan Kantor Gubernur Provinsi Jambi. Disana para pengunjung dapat menikmati panorama Danau Sipin yang cantik dengan berduduk santai di pinggir danau sambil menikmati kelapa muda segar yang banyak dijual di pinggir jalan di daerah setempat. Apalagi ketika sore hari tiba, Danau Sipin akan terlihat indah dengan dihiasi oleh pemandangan matahari terbenam. Tak heran ketika pukul 16:00 WIB, jalanan di sekitaran Danau Sipin akan sangat ramai hingga tak jarang terjadi sedikit kemacetan.

Sumber Gambar: jambi.tribunnews.com

Selain dua titik tadi, terdapat juga berbagai titik yang terletak di daerah Sungai Putri yang bisa pengunjung jadikan sarana menyalurkan hobi seperti memancing. Para pengunjung dapat memancing ikan tawar yang beragam seperti ikan mujair, ikan mas dan nila sambil menikmati keindahan Sungai Sipin yang masih asri. Selain titik titik tersebut, masih banyak titik titik lain yang dapat DIkunjungi untuk berkeliling sambil menikmati udara segar di Sungai Sipin seperti Pulau Pandan.

Sumber Gambar: portaldesa.co

Aktivitas lain yang bisa pengunjung coba adalah berkeliling danau dengan naik perahu. Hanya dengan membayar Rp 5.000 per orang, para masyarakat lokal akan membawa pengunjung berkeliling Danau Sipin yang luas. Di waktu tertentu para pengunjung akan melihat masyarakat sekitar yang berlatih mendayung perahu dan juga aktivitas tradisional lain seperti menangkap ikan dengan tangkul. Tangkul adalah alat untuk menangkap ikan yang berasal dari kearifan lokal masyarakat Jambi.

Bagi pengunjung yang berkunjung ke Kota Jambi, tentunya berkunjung ke Sipin Lake atau Danau Sipin adalah aktivitas yang bisa harus dicoba karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota sehingga bisa dijadikan tempat untuk melepaskan penat.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.