Yuk Berwisata Ke Danau Kerinci Di Jambi

Danau Kerinci adalah salah satu objek wisata yang tepat apabila kalian berkunjung ke Jambi. Danau yang berada di Provinsi Jambi ini merupakan danau terluas yang berada di sana.

Danau yang terbentuk secara vulkanik ini tentunya memiliki keindahan yang menawan dan pastinya nggak kalah sama tempat wisata lainnya.

Lokasi Danau Kerinci

Danau Kerinci
Sumber Gambar: www.pesona.travel

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Danau ini terletak di kaki Gunung Raya atau tempat nya terletak tepat di selatan Kota Sungai Penuh yang saat ini telah menjadi kota madya.

Secara administrasi danau ini terletak pada dua kecamatan, yaitu Kecamatan Danau Kerinci dan juga Kecamatan Keliling Danau.

Danau Kerinci Secara Geografis

Danau Kerinci
Sumber Gambar: pesona.travel

Berdasarkan pendapat dari Ahli Geologi, danau ini tergolong dalam danau vulkanik. Hal ini karena danau ini terbentuk akibat dari letusan gunung berapi yang terjadi pada masa lalu.

Danau vulkanik ini sendiri mempunyai luas mencapai 4.200 hektare dengan kedalam danau sekitar 110 meter, dan berada di ketinggian 783 meter di atas permukaan laut. Danau ini sendiri memiliki diameter 70 km. Diameter inilah yang menjadikan danau kerinci sebagai danau terluas dibawah Danau Toba yang ada di Sumatera Utara.

Legenda Danau Kerinci

Diceritakan dahulu kala ada dua kakak beradik yang bernama Calungga dan Calupat. Sang kakak yang bernama Calungga ini memeliki sifat pemberani, kasar dan juga diketahui memiliki kekuatan sakti yang mandraguna.

Adiknya yang bernama Calupat adalah seseorang yang memiliki sifat kalem, bijaksana dan juga pandai. Pada suatu hari kedua kakak beradik ini pergi berburu ke dalam hutan. Pada saat berburu mereka menemukan sebuah telur besar yang bercangkang kulit putih yang berkilau.

Danau Kerinci
Sumber Gambar: Pixabay

Setelah telur itu dibawah pulang, Calupat berpesan kepada sang kakak agar membiarkan telur tersebut selama tiga hari sembari menunggu petunjuk dari dewa. Namun ketika sang adik pergi, Calungga yang begitu penasaran merebus dan memakan telur tersebut sampai habis.

Karena begitu kenyang Calungga pun tertidur. Ketika terbangun ia pun merasa begitu haus sehingga meminum seluruh persediaan air di rumah  hingga habis. Tetapi haus nya tidak juga hilang , dia pun pergi ke sungai dan meminum air sebanyak banyak nya.

Karena tidak sadar bahwa air yang dia minum begitu banyak dia tidak menyadari bahwa badannya berubah membesar dan memanjang hingga bermunculan sisik sisik yang besar menyerupai naga. Keesokan harinya ketika Calupat pergi ke sungai, Ia menemukan kakaknya yang telah berubah menjadi naga.

Calungga pun meminta adiknya untuk pergi jauh ke suatu daerah. Calupat pun pergi dengan rasa begitu sedih karena harus berpisah dengan kakaknya tersayang. Calungga pun berenang menuju ke Danau Gedang. Sekian tahun berlalu Calupat yang rindu kepada kakaknya pun datang ke Danau Gedang untuk melepas rindu .

Pada akhir pertemuan tersebut Calupat mengatakan apabila dia ingin ketempat ramai. Calungga menuruti kemauan adiknya dan dia mengantar adiknya dari danau sampai ke aliran sungai. Besarya badan sebuah naga pun membuat aliran sungai menjadi jebol.

Sungai yang jebol ini membuat air di Danau Gunung menjadi surut sehingga munculah sebuah dataran luas yang disebut Lembah Kerinci. Tempat ini pun berubah menjadi Danau Kerinci.

 Fasilitas Yang Ada Danau Kerinci

Mengunjungi danau ini kita akan menemukan berbagai fasilita seperti Masjid, Tempat Parkir Yang Luas, Toilet dan juga gazebo gazebo yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan. Disini juga terdapat perahu perahu motor untuk berkeliling danau.

Danau Kerinci
Sumber Gambar Wikipedia

Wisatawan juga dapat mememukan berbagai makanan kahas kerinci yang dapat mengunggah selerah . Seperti salah satu makanan favorit wisatawan disini yaitu Gulai Ikan Semah.

Kita juga bisa bercamping di danau ini, sebaiknya sebelum pergi ke sini teman teman bisa membawa tenda untuk bercamping. Selain itu panorama alam yang tersaji disini bisa menjadi spot foto buat para wisawan.

 Akses menuju Danau Kerinci

Danau Kerinci
Sumber Gambar: Atourin

Teman bisa menggunakan pesawat dari jambi dan turun di Bandara Depati Parbo Kerinci. Kemudian bisa menyewa ojek sekitar sepuluh menit untuk menuju danau ini.

Apabila menggunakan jalur darat, teman teman bisa mengambil jalur dari Kota Padang dan melwati Kabupaten Pesisir Selatan, daerah Painan dan kemudian melwati Tapan dan sampai ke Sungai Penuh.Dari Sungai tersebut kita harus melalui jarak 14,7 km dan mengahabiskan waktu sekitar 7jam.

Nah bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk berwisata ke Danau Kerinci ini.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.