OUR NETWORK

10 Pulau Terbaik di Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau yang berada di teluk Jakarta, makanya di namakan Pulau Seribu. Walaupun jumlahnya cuma ada beberapa pulau, tempat ini menjadi tujuan para wisatawan dengan keindahan yang khas dan eksotis. Dari beberapa review pulau di tempat ini terdapat 10 pulau terbaik di Kepulauan Seribu.

Pulau Tidung

Sumber: Instagram @wisata_pulau_tidung

Pulau Tidung merupakan pulau paling favorit , terpopuler dan terbaik di Kepulauan Seribu. Tak heran bila banyak wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu. Pulau ini mempunyai objek wisata terkenal yaitu sebuah jembatan yang terkenal dengan Jembatan Cinta. Jembatan ini menghubungkan antara pulau Tidung besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau yang terhubung oleh jembatan kayu tersebut dengan panjang sekitar 800 meter.

Para pengunjung dapat memilih untuk sekedar bersantai menikmati pesona pulau dengan berkeliling dan beristirahat di penginapan yang banyak berdiri. Pengunjung juga bisa mencoba serunya wisata air Pulau Tidung diantaranya: snorkeling, menyelam dan berperahu kano menyusuri pantai. Untuk menuju lokasi ini wisatawan dapat menaiki kapal motor atau perahu yang berangkat dari Dermaga Muara Angke. Waktu tempuh yang di butuhkan sekitar 3 jam.

Pulau Untung Jawa

Sumber: Instagram @ahmad_nrdn19

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu pulau berpenghuni yang sering di kunjungi wisatawan lokal maupun Asing saat datang berkunjung di Kepulauan Seribu. Lokasi pulau ini sangat dekat dengan kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol karena lokasinya yang dekat dengan pulau untung jawa membuat para wisatawan mudah untuk datang tanpa mengeluarkan biaya banyak ke tempat ini. Pilihan wisata yang lengkap menjadikan wisatawan bisa memilih untuk bersepeda mengelilingi pulau, snorkeling hingga diving, jetsky, dan bermain banana boat.

Pulau Semak Daun

Sumber: Instagram @aldi_daba

Bila wisatawan menyukai dan sangat mengagumi keindahan alam bawah laut dan  ingin mengeksplorasinya tanpa harus pergi jauh dari Jakarta. Maka pilihan yang wajib diambil adalah berkunjung ke Pulau Semak Duri. Pulau terbaik di kepulauan seribu yang menjadi surga andalan untuk menikmati keindahan wisata di bawah laut sekaligus menawarkan suasana keheningan. Tempat ini menjadi favorit wisatawan yang ingin menikmati indahnya hamparan pasir putih di bibir pantai. Wisatawan juga bisa mendirikan tenda untuk bermalam di tepi pantai dengan suasana hening dan deburan ombak yang dapat menenangkan hati.

Meskipun pulau ini tidak memiliki fasilitas penginapan, tetapi justru disinalah keunikanya yang banyak di buru oleh wisatawan. Pada pagi sampai sore hari  wisatawan dapat melakukan snorkeling untuk menikmati indahnya alam bawah laut yang jernih dan bersih. Bawalah peralatan sendiri karena di pulau ini benar-benar sunyi dan tenang dan tidak menyediakan fasilitas bagi wisatawan.

Pulau Bira

Sumber: Instagram @lutfanbudiman

Pulau Bira juga salah satu pulau dari gugus Kepulauan Seribu yang belum banyak di datangi oleh para wisatawan sehingga suasanya masih alami dan sangat terjaga. Untuk dapat datang ke Pulau Bira,  Wisatawan harus berjuang menempuh waktu perjalanan yang agak panjang yaitu sekitar 3 jam. Wisatawan harus menempuh perjalanan mengggunakan kapal motor menuju sebuah pulau untuk transit yang bernama Pulau Pramuka. Setelah naik kapal motor lagi menuju langsung ke Pulau Bira.

Wisatawan dapat melihat secara langsung keindahan alam bawah laut dengan melakukan snorkeling dan diving. Bahkan wisata sudah bisa menikmati indahnya koral dan terumbu karang karena air lautnya  yang jernih dengan hanya duduk di tepian dermaga . Bila wisatawan ingin bermalam tersedia beberapa rumah kayu dan cottage di rancang dengan gaya vintage  yang bisa di sewa untuk menginap.

Pulau Pramuka

Sumber: Instagram @moooonaaa_

Pulau pramuka merupakan satu dari total pulau yang tidak berpenghuni yang ada di kawasan Kepulaun Seribu. Kelebihan dari pulau ini tak hanya menawarkan wisata lautnya, tetapi juga terdapat wisata edukasi melalui penangkaran penyu yang mempunyai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Salah satu dari 10 Spot snorkeling Terbaik di Pulau Seribu ini memanjakan wisatawan agar bisa menikmati wisata laut dengan snorkeling dan berenang. Karena termasuk pulau berpenghuni yang relatif ramai dan mempunyai sarana lengkap seperti pondok bersantai, sepeda untuk keliling pulau, penyewaan alat snorkeling dan menyelam serta masih banyak lagi.

Pulau Harapan

Sumber: Instagram @pulauharapanproject

Sesuai dengan namanya Pulau Harapan, tempat ini  dapat memberikan harapan indah bagi setiap pengunjung yang datang . Tempat ini sangat indah dan menyajikan banyak pesona alam yang unik. Di pesisir pantai, terdapat sebuah jembatan kayu yang dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati lautan biru dan keindahan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Tempat ini terkenal dengan keindahan terumbu karang yang membuat para wisatawan dapat menyelam dan snorkeling berlama-lama di air.

Snorkeling di atas permukaan laut tak kalah menyenangkan. Para pengunjung dapat menikmati berenang di sekitaran gugusan terumbu karang yang dangkal dan terdapat ikan-ikan kecil. Pula Harapan adalah rumah selompok hewan langka diantaranya Elang Bondol yang terdapat di penangkaran untuk melindungi kepunahanya. Sekalian berwisata pengunjung juga dapat menegetahui lebih jauh mengenai habitat  dan kehidupan elang Bondol.

Pulau Ayer

Sumber: Instagram @ridwanucil

Mutiara Kepulauan Seribu adalah julukan Pulau Anyer yang memiliki keindahan alam seperti mutiara yang berkilau. Lokasi ini mudah untuk di jangkau karena hanya berjarak sekitar 14 km dari dermaga Pantai Marina, Ancol. Pulau Ayer menyuguhkan sensasi liburan seperti berada di Maladewa dengan cottage-cottage yang di bangun diatas laut. Tentu saja para wisatawan bisa menikmati sensasi Maladewa yang eksotis dengan membooking cottage tersebut. Di kawasan ini pengunjung dapat melihat biawak yang berkeliaran. Tempat ini menjadi habitat sekumpulan hewan biawak yang jinak sehingga pengunjung tidak perlu takut karena dengan aman bisa menyaksikanya dari jarak dekat.

Pulau Bidadari

Sumber: Instagram @ncex9961

Pulau terbaik di kepulauan seribu yang letaknya paling dekat dengan daratan DKI Jakarta adalah Pulau Bidadari. Tempat  ini menyuguhkan wisata laut yang hampir sama dengan pulau lain di Kepulauan Seribu yaitu snorkeling, diving, berperahu menyusuri pantai dan sekedar duduk di tepian pantai dengan pasir harus sambil menikmati sepoi-sepoi angin. Kebanyakan wisatawan yang datang di pulau ini berkunjung dari pagi hingga sore dan tidak menginap. Konon, Pangeran Jayakarta dulu sering menggunakan pulau ini sebagai tempat untuk berlibur bersama anggota dari kerajaan lain.  Tempat ini sangat indah dan tenang, di dukung adanya tumbuhan mangrove yang membuat pantai ini semakin eksotis .

Pulau Onrust

Sumber: Instagram @dhidyasatriady

Pulau Onrust merupakan peninggalan kapal kumpeni Belnda sebelum berlabuh di pelabuhan Sunda Kelapa. Sehingga menjadikan tempat ini kental akan nuasna peninggalan bersejarah tempo dulu. Terdapat pula bangunan peninggalan Belanda yang masih utuh dan beberapa situs kuno. Karena keunikan desain dan historinya, bangunan ini kemudian di gunakan sebagai Museum Pulau Onrust. Pulau ini sangat tepat bagi para wisatawan untuk menambah edukasi pengetahuan mengenai sejarah Indonesia dengan wisata edukasi yang berada di museum tersebut. Wisatawan juga dapat melihat peninggalan belanda lainya seperti benteng dan pelabuhan kuno sebagai situs bersejarah.

 Pulau Kotok

Sumber: Instagram @milicasoe

Pulau Kotok merupakan destinasi wisata yang sempurna dan pulau terbaik di Kepulauan Seribu. Para wisatawan dapat melakukan aktivitas menyelam dan snorkeling  di bawah lautnya yang sangat indah dan terjaga. Pulau ini memang di jaga keindahan dan alaminya serta tidak adanya wahana permainan seperti banana boat dan wahana air lainya. Hal itu di karenakan dapat berpengaruh terhadap kelestarian terumbu karang dan  koral yang ada di laut Pulau Kotok. Di jamin wisatawan akan terpukau oleh kekayaan taman bawah laut yang masih murni tanpa campur tangan manusia.

Banyak terdapat tumbuhan yang di dominasi vegetasi asli di daratan Pulau Kotok.  Pulau tak berpenghuni sehingga wajar bila keasrianya masih sangat terjaga dengan baik dan murni. Keunikan di pulau ini terdapat cottage diatas pohon  yang tersedia bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pulau terbaik di kepulauan seribu ini

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…