OUR NETWORK

10 Spot Cave Diving di Indonesia yang Menjadi Incaran Wisatawan

Kamu yang hobi olahraga diving rasanya belum lengkap kalau belum mencoba cave diving alias menyelam gua, apalagi, Indonesia memiliki spot-spot cave diving yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bahkan banyak wisatawan mancanegara menobatkan Indonesia sebagai spot cave diving terbaik di dunia. Bagi kalian yang masih bingung, ini dia spot cave diving yang wajib anda perhitungkan untuk dikunjungi:

Gua hukurila, Ambon

Sumber: Instagram @pumpela

Berlokasi di Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon, Provinsi Maluku, gua Hukurila menyajikan pemandangan alam bawah laut yang sangat menakjubkan untuk dijelajahi. Saat menyelam ke dalam gua bawah laut Hukurila, anda langsung disuguhkan dengan berbagai macam terumbu karang dan biota laut lainnya. Buat anda pecinta alam bawah laut akan merasakan sensasi tersendiri. Terutama saat mencoba masuk kedalam gua yang memiliki beberapa celah sempit 2-3 meter diantara tumpukan batu besar.

Di Gua Bawah Laut Hukurila anda dapat menyelam hingga kedalaman 20 meter. Dijamin anda akan dibuat takjub dengan biota laut seperti Lion fish, Schooling fish, ikan Badut ditambah dengan hamparan soft coral, dan beraneka ragam terumbu karang. Gua Bawah Laut Hukurila memiliki sebuah lubang besar dan dua buah lubang kecil sebagai pintu keluar dari gua, sehingga anda tak perlu takut tersesat saat menyelam kedalam gua.

Jika anda ingin mengunjungi Gua Bawah Laut Hukurila disarankan pada bulan November hingga Bulan Desember. Pasalnya pada bulan tersebut gelombang air laut tenang, aman dan nyaman untuk melakukan penyelaman. Anda bisa menuju pantai Hukurila yang berjarak 15 kilometer dari pusat kota Ambon dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Pulau Menjangan, Bali

Sumber: Instagram @dikamenjangan

Pulau Menjangan menyuguhkan pesona taman bawah laut yang eksotis, berupa terumbu karang yang masih alami. Tak khayal bila Pulau Menjangan diminati oleh para pecinta olahraga air snorkeling dan diving

Air laut yang sangat jernih dan hamparan terumbu karang dengan ikan hiasnya menjanjikan pengalaman mengesankan bagi pecinta diving. Setidaknya ada beberapa spot diving yang menjadi favorit para penyelam, seperti Coral Garden, Mangroove Point, Underwater Cave, Dream Wall, Bat Cave, Secret Bay, Anchor Wreck, dan Eel Garden.

Wisata Pulau Menjangan terkenal dengan tebing yang digunakan penyelam untuk melakukan wall diving hingga kedalaman 20 sampai 60 meter. Banyak pula terdapat gua-gua bawah laut dengan berbagai ukuran disekitar Pulau Menjangan. Disini anda akan menemukan berbagai macam ikan Jackfish, Batfish, Angelfish, Tuna, maupun Hiu.

Selain itu, dilokasi ini anda bisa menjelajahi bangkai kapal yang telah ditumbuhi terumbu karang, tak jarang penyu dan ikan hiu beraktivitas disana. Pulau Menjangan berada sekitar 60 kilometer dari pantai Lovina, tepatnya di Desa Kalampok Kec. Grokgak, Kab. Buleleng, Bali

Gua Loba-Loba, Buton

Sumber: Instagram @cynny.o

Berada di desa One Waara, Lakudo, Buton, Sulawesi Tenggara, Gua Loba-Loba adalah salah satu gua bawah laut yang harus anda coba. Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam berupa aneka ragam terumbu karang dan jenis ikan yang mempesona

Gua Loba-Loba terbentuk secara alami dengan stalaktit dan stalakmit serta air yang jernih sehingga menambah keindahan dan layak dijadikan tujuan cave diving. Untuk menuju Gua Loba-Loba, hanya membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit dari Pelabuhan Wamengkoli dengan biaya sewa perahu Rp200 ribu.

Gua jin, Taman Laut Olele, Gorontalo

Sumber: Instagram @mancils

Spot Cave diving di Gua Jin, Taman Laut Olele bisa menjadi pengalaman seru yang tak akan ada lupakan. Suasana unik dengan gua yang terbentuk dari tebing karang yang terbelah menjadi spot favorit para penyelam domestik maupun mancanegara.

Jarak pandang didalam gua sangat baik yaitu sekitar 40-50 meter sehingga anda dapat dengan leluasa menikmati berbagi jenis ikan. Anda bisa bertemu dengan ikan hiu tutul yang langka ketika menyelam saat musim kawin dan pemijahan. Sensasi menyelam bersama ikan langka sepanjang 8 meter dan lebar 2  meter, bukankah itu akan menjadi pengalaman yang luar biasa?

Hanya berjarak 27 kilometer dari pusat Kota Bone, Taman Laut Olele cukup mudah dijangkau melalui jalur darat atau laut.

Taman Laut Selat Pantar, NTT

Sumber: Instagram @alamialordiveresort

Taman Laut Selat Pantar memiliki ciri khas berupa gua-gua yang ditumbuhi karang dengan kontur dasar perairan antara 600-900. Banyaknya karang dan gua menjadikan surga bagi ikan untuk berkembang biak. Arus yang selalu berganti arah juga menjadikan keunikan lain yang dimiliki Taman Laut Selat Pantar..

Keindahan Taman Laut Selat Pantar sudah diakui oleh penyelam kelas dunia bahwa kawasan ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Spot diving juga tersebar di perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, Pulau Pantar, dan Pulau Pura.

Jika anda ingin mengunjungi Taman Laut Selat Pantar membutuhkan waktu sekitar 12-13 jam menggunakan kapal feri dari Kupang Menuju Larantuka. Kemudian dilanjutkan menuju Pelabuhan Kalabahi yang berada di Pulau Alor.

Gua Bawah Laut Padaido, Papua

Sumber: Instagram @scunaism_id

Keindahan alam Laut Padaido berupa terumbu karang sudah diakui penyelam dari seluruh dunia. Sehingga tempat ini bisa dikatakan surga bagi para penyelam.

Hal menarik para divers dari Laut Padaido tak hanya keragaman hayati ekosistem koral, tetapi adapula gua bawah laut yang belum dieksplorasi menantang untuk dijelajahi. Sepanjang perjalanan ke mulut gua anda akan disuguhkan keindahan alam berupa dinding karang dengan biota laut yang beraneka ragam. Selain itu besi-besi tua dari bangkai kapal, pesawat yang karam juga menjadi tempat tumpuan hidup terumbu karang dan kehidupan laut lainnya.

Gua Lanto, Buton, Sulawesi Tenggara

Sumber: Instagram @deviroidah

Gua Lanto memiliki Luas 100 meter dengan kedalaman 12 meter ini sangat menantang untuk dijelajahi. Hanya saja hanya penyelam yang cukup profesional yang dianjurkan untuk melakukan cave diving. Hal ini dikarenakan didalam gua cukup banyak lubang yang cukup membingungkan penyelam.

Untuk mencapai lokasi Gua Lanto sangat mudah, cukup 10 meter dari jalan karena berada di bawah rumah penduduk, di kelurahan Kadolomoko, Kokalukuna. Jika anda menginginkan cave diving, Gua Lanto adalah spot yang tepat untuk anda coba.

Gua Maobu, Buton

Sumber: Instagram @misskalonk

Goa yang berlokasi di desa Lalibo, Mawasangka Tenggah ini berada didalam kolam dengan air yang sangat menyegarkan seluas 50 meter. Menurut cerita penduduk setempat, Gua Maobu memiliki kedalaman yang mampu tembus sampai ke laut, akan tetapi belum ada penyelam yang mampu membuktikannya. Anda siap membuktikan mitos tersebut?

Gua Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Sumber: Instagram @pesonaid_travel

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu surga bawah laut Indonesia yang sudah mendunia. Ciri khas dari Taman Nasional Wakatobi yaitu gugusan terumbu karang yang terhampar sepanjang garis pantai, selain itu terdapat gua bawah laut yang menjadi lokasi favorit para penyelam internasional.

Gua Koo, Buton

Sumber: Instagram @anhaaaulia

Pulau Buton memang pantas mendapatkan julukan sebagai “Pulau 1000 gua”, karena di pulau ini kita dapat menemukan gua-gua nan eksotis, Salah satunya adalah Gua Koo.

Gua yang berlokasi di Desa Lantongau, Mawasangka Tengah ini memiliki kedalaman 30 meter dengan air yang sangat jernih. Buat yang ingin melakukan cave diving disarankan dilakukan pada pagi hari. Sebab ketika siang air menjadi gelap akibat sinar matahari membelakangi mulut gua.

Itulah tadi ke-10 lokasi spot cave diving terbaik di Indonesia. Tentu masih banyak tempat-tempat lainnya yang menurut sebagian pihak lebih menarik. Dari tempat-tempat diatas, mana saja yang menjadi favoritmu?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…