OUR NETWORK

10 Spot Scuba Diving Terbaik di Raja Ampat

Bicara soal Raja Ampat, pastinya yang terpikirkan oleh mereka adalah keindahan bawah laut di Raja Ampat yang begitu indah mempesona. Banyak wisatawan menyebut wisata bawah air di Raja Ampat begitu menakjubkan. Dari berbagai wisata bawah air terdapat 10 spot scuba diving terbaik di Raja Ampat yang patut untuk dicoba.

Kedahsyatan destinasi selam di Raja Ampat juga diakui Scuba Diving. Yang perlu diketahui, Scuba Diving adalah majalah panduan traveler dunia yang hobi diving dan snorkeling. Dengan begitu banyaknya spot menyelam yang begitu indah, berikut 10 spot scuba diving terbaik di raja ampat yang perlu untuk diketahui :

Pulau Misool

Sumber: Instagram @adorableofindonesia
Sumber: Instagram @wettraveller

Pulau Misool adalah salau satu pulau besar di Indonesia, memiliki begitu banyak terumbu karang yang menakjubkan disekitar pulau. Terumbu karang menawarkan kaleidoskop warna yang menakjubkan dan kontras yang bagus saat menyelam di tempat ini. Setiap terumbu dan dinding miring dihiasi karang lunak dari berbagai spesies dan segala macam makhluk hidup tinggal seperti pipefish, harlequin shrimp dan kuda laut kerdil.

Tanjung Kri

Sumber: Google
Sumber: Google

Terumbu Kri adalah salah satu tempat menyelam yang paling populer di Raja Ampat. Bahkan ahli biologi kelautan dan penulis buku referensi kelautan yang terhormat Dr. Gerald R. Allen mengatakan “Dalam perjalanan terakhir saya ke Raja Ampat, saya mencatat 283 spesies ikan selama menyelam di dekat resor Pulau Kri. Ini adalah ikan yang paling banyak dilihat pada saat menyelam selama karir yang mencakup hampir 30 tahun. “

Penyelam selalu berharap untuk benar-benar dikelilingi oleh ikan, sekelompok ikan tuna, jack, trevally barracuda trevally dan chevron yang besar. Selain itu, jika beruntung dapat melihat napoleon wrasse yang besar, gerombolan ikan kerapu dan hiu karang saat Anda hanyut menyelam bersama ikan. Pertumbuhan karang di sini juga beragam dengan segala jenis varietas keras dan lunak.

Terumbu Sarden

Sumber: Instagram @satyawinnie

Terumbu Sarden adalah karang lepas pantai besar yang meluncur sampai sekitar 25 meter. Tidak ada ikan sarden yang sebenarnya di sini, tapi ikannya sangat kencang sehingga bisa mendapatkan nama tempat menyelam. Ekosistem ikan yang menghalangi cahaya seperti, jack, tuna, trevally, mereka semua ada dalam jumlah besar. Ada juga Wobbegong Australia yang bisa ditemukan di sini di bawah tebing dan karang meja. Penyelaman ini benar-benar akan memberikan  wawasan tentang berbagai spesies ikan

Cross Wreck

Sumber: Google

Dinamai Crosws Wreck setelah sebuah tanda silang menandai tempat pendaratan misionaris Kristen pertama ke Irian Jaya. Kecelakaan ini tegak di atas tempat tidur berpasir di 18 meter. Kapal patroli Jepang adalah yang paling mudah diakses dari semua bangkai kapal Raja Ampat, muatan kedalaman dan lampu kapal masih dapat dilihat. Penetrasi dimungkinkan ke ruang komunikasi, ruang mesin dan pegangan depan dimana fitur seperti switchboard dan amunisi dapat dilihat. Tutupan karang itu bagus dan banyak penghuni karang sekarang menyebut rumah mereka yang bangkrut, ini termasuk lionfish, napoleon wrasse besar, ikan kakaktua humphead dan segala macam makhluk yang datang terutama di malam hari.

The Passage

Sumber: Google
Sumber: Google

Bagian ini terletak di antara pulau Gam dan Waigeo. Jaraknya hanya sekitar 25 meter dan terlihat seperti sungai dari permukaan. Campuran batu menandai pintu masuk ke tempat menyelam yang mempesona ini, hamparan karang hampir tumbuh di permukaan sini. Tidak banyak pilihan selain mampir dan hanyut dalam keindahan biota dibawah laut. Banyak kehidupan dapat ditemukan di sini termasuk gurita, cacing pipih dan sotong, bahkan hiu Wobbegong kadang-kadang dapat ditemukan. Penyelam juga dapat melihat ikan yang lebih besar seperti jacks, tuna, barakuda dan hiu. Gua dan lengkungan juga membuat beberapa topografi di sini terlihat semakin menakjubkan.

Pulau Pef Rumah Karang

Sumber: Instagram @indonesia_oftheworld

Rumah karang Pulau Pef menawarkan kesempatan menyelam dan snorkeling yang indah, dengan berbagai macam ikan dan makhluk hidup. Penyelaman malam terasa nyaman, penuh warna dan produktif, dengan hiu berjalan yang sering terlihat ketika menyelam. Kadang-kadang ada sekumpulan Batfish yang berada di bawah dermaga yang menghasilkan peluang fotografi yang bagus, dan seringkali hiu Blacktip bayi terlihat bermain-main dengan berburu ikan kecil di air dangkal di bawah restoran. Snorkeling di sepanjang terumbu rumah menunjukkan taman karang yang berwarna-warni. Selain itu Anda juga dapat menemui: Ikan clownfish di anemon, sekelompok  Bumphead Parrotfishes, setiap bentuk dan ukuran ikan karang, gurita, ikan sotong, sisa hiu Wobbegong, nudibranch, Mandarin Fishes – the kemungkinan tidak ada habisnya.

Goa Besar

Sumber: Instagram @fadzleesk

Goa Besar terletak di sekitar wilayah selatan Kepulauan Farondi. Anda akan turun di bagian barat daya barat daya yang menghadap ke atas di atas permukaan dinding yang dangkal yang diselimuti oleh karang piring, karang kulit dan penyiraman laut kuning dan ungu. Chromis dan damoiselles biru menunjukkan penyelaman Anda . Menyelam ke arah barat laut melintasi taman teduh yang dangkal dari karang lunak berwarna kuning dan turunkan dinding di dalam celah di bawah air. Lubang ini dipenuhi oleh semak-semak karang berwarna hijau, putih dan merah, karang bertulang dan penutup spons. Pagar gantung pipi merah hambar tidak terdeteksi di dalam karang hitam.

Pulau Boo

Sumber: Instagram @traval.co

Dari area permukaan laut,  Anda akan menemukan beberapa batu yang disisihkan melalui hamparan air kecil. Di bawah permukaan air laut Anda akan menemukan kekayaan Raja Ampat yang hidup. Hal pertama yang akan Anda temukan saat Anda menurunkan BCD adalah terjerumus ke terumbu karang yang hidup ini. Anda bisa menjadi berenang sangat dalam melalui air superfisial di mana beberapa penyelam bisa tenggelam sekaligus. Hal ini biasanya dapat dilakukan dengan menyelam karena ada banyak hal yang harus diperiksa sebelum melakukan ini.

Fabiacet

Sumber: Instagram @wildkirinphotography

Fabiacet dikenal sebagai hembusan udara menyegarkan bagi semua orang yang bercita-cita bisa sering menyelam di terumbu karang dengan keindahan alam yang melimpah. Jika Anda adalah seorang penyelam tua yang lelah, maka sebaiknya Anda tidak duduk di luar situs ini. Ambillah sertifikasi nitrox Anda, karena tempat menyelam Raja Ampat yang luar biasa ini tentunya merupakan satu tempat di mana Anda pasti akan melihat tempat tinggal spesies jika tabung udara masih mencukupi.

Perairan yang kaya di seluruh penjuru puncak pulau terpencil yang sangat dalam dan jernih menjadikan Spot Scuba Diving Terbaik di Raja Ampat. Di tempat penyelaman ini, Anda akan menemukan sejumlah visibilitas terbaik di Raja Ampat yang indah sekitar 40 meter dan juga kehidupan laut benar-benar hebat, oleh karena itu ambil lensa kamera fotografi Anda untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Puncak Pulau Penemu Selatan

Sumber: Instagram @bayusimpson

Terletak di dekat bagian selatan Pulau Penemu, Pulau Penemu Selatan Pinnacle adalah puncak yang kurang terkenal dan biasanya dikunjungi oleh dive master yang melompat dengan air biru untuk membawa suar pada tempatnya. Di bagian puncak yang dangkal, ada banyak anemon berwarna bagus dan karang lunak yang menutupi bagian-bagiannya.

Inilah rekomendasi Spot Scuba Diving Terbaik di Raja Ampat. Bagi kalian pecinta scuba diving jangan sampai melewatkannya.

Comments

Loading...