OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Barito Kuala

Kamu berencana liburan ke Kalimantan Selatan? Jangan lewatkan tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Barito Kuala. Kabupaten dengan luas 3284 km2 ini terkenal dengan berbagai macam tempat wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lainnya. Mulai dari pulau-pulau indah, wisata menyusuri sungai dan berbelanja di pasar terapung, hingga wisata religi dengan mengunjungi makam-makan syekh Kalimantan Selatan.

Penasaran ? Ini dia 10 Tempat Wisata di Barito Kuala yang tidak boleh kamu lewatkan :

Pulau Kembang

sumber gambar : indokaya.com

Pulau Kembang merupakan sebuah pulau di Barito Kuala yang berada di tengah-tengah sunga Barito. Pulau ini dibuka untuk umum dan menjadi hutan wisata semenjak tahun 1976. Banyak keunikan yang dimiliki oleh pulau kembang diantaranya adalah pulau kembang merupakan habitat asli dari monyet atau kera ekor panjang dan burung dengan berbagai jenis. Selain itu, jika kamu masuk lebih dalam, kamu akan menemukan dua buah arca dengan wujud hanoman yang biasa digunakan oleh etnis Tionghoa-Indonesia untuk melakukan sesembahan kepada penjaga pulau Kembang. Menarik bukan ?

Jembatan Barito

sumber gambar : lomardisika.blogspot,com

Ini dia salah satu spot selfie terbaik di Barito Kuala. Jembatan dengan panjang 1.082 m ini diresmikan pada tahun 1997 oleh Presiden Soeharto dan berhasil mencetak rekor muri sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Jembatan yang berdiri kokoh dengan tiang kuning sebagai ciri khasnya mampu menarik perhatian wisatwan dari berbagai daerah untuk berkunjung dan berswafoto di sekitar jembatan. Tak hanya itu, dari atas jembatan barito kamu juga bisa melihat aktivitas yang ada di sungai barito serta masyarakat yang tinggal di pulau-pulau sekitar sungai.

Agropolitan Tarantang

sumber gambar : google.com

Agropolitan tarantang adalah kota pertanian yang ada di Kabupaten Barito Kuala. Pemerintah setempat sukses menjadikan potensi yang dimiliki oleh daerahnya menjadi kawasan agropolitan yang terkenal. Kawasan Agropolitan Tarantang memiliki banyak hasil pertanian yang dipamerkan mulai dari jeruk dan padi. Ada juga kawasan pengembangan hewan ternak seperti sapi potong dan kambing. Serta masih banyak kawasan-kawasan pertanian lainnya yang bisa kamu nikmati.

Agropolitan Sungai Kambat

sumber gambar : google.com

Kota pertanian yang kedua terletak di desa Sungai Kambat Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala. Wisata agro sungai kambat merupakan kawasan pertanian yang dikembangkan pemerintahan setempat untuk menarik perhatian wisatawan lokal hingga mancanegara. Hal-hal yang bisa kamu nikmati di kawasan wisata agro yang satu ini ialah memetik langsung buah-buahan dari pohonnya. Seperti jeruk “siam banjar” yang sudah terkenal akan kemanisannya, juga bisa menikmati ikan bakar dan makanan khas lainnya sambil berbincang-bincang dengan warga setempat.

Jembatan Rumpiang

sumber gambar : backpackerjakarta.com

Selain Jembatan Barito, jembatan rumpiang juga tidak kalah menarik loh. Jembatan yang berada di atas sungai barito ini diresmikan pada tanggal 25 April 2008 oleh Presiden RI Ke-6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono. Dari atas jembatan sepanjang 753 meter, kamu bisa melihat keindahan sungai barito dan mengamati segala aktivitas penduduk yang tinggal di sekitar sungai barito. Jika berkunjung ke jembatan rumpiang, jangan lupa berswafoto ya.

Pulau Kaget

sumber gambar : traveldream.id

Pulau yang satu ini merupakan habibat asli kera Belanda/Bekantan loh. Letaknya sama seperti pulau kembang yakni berada di tengah-tengah sungai Barito. Untuk sampai ke pulau ini kamu bisa menggunakan speed boat dengan waktu kurang lebih 15 menit dari kota Banjarmasin dan menggunakan klotok yang memakan waktu agak lama yakni sekitar 1,5 jam. Pulau ini pun dinobatkan sebagai Cagar Alam Pulau Kaget pada tahun 1976, hal ini dilakukan untuk melindungi para hewan langka yang ada di dalamnya.

Siring Marabahan

sumber gambar : google.com

Siring Marabahan merupakan sebuah tempat yang berada ditepi sungai barito. Masyarakat setempat sering mengunjunginya di sore hari untuk sekedar bersantai hingga mengabadikan foto sungai barito di kala senja. Siring Marabahan ini lokasinya sangat strategis karena berada di depan rumah dinas Bupati Barito Kuala dan sangat mudah dicapai. Kamu juga bisa menyaksikan para atlet dayung yang sedang berlatih di sungai barito atau memancing bersama teman-teman.

Objek Wisata Makam Datuk Syekh Abdussamad

sumber gambar : google.com

Khusus untuk kamu yang suka melakukan wisata religi, kamu bisa mengunjungi makam Datuk Syekh Abdussamad yang berada di Kecamatan Marahaban. Syekh Abdussamad sendiri merupakan cucu dari Syekh M. Arsyad Al-Banjari. Tempatnya sangat mudah dijangkau karena kamu hanya perlu melakukan perjalanan sekitar setengah kilo dari Ibukota Kabupaten.

Pulau Bakut

sumber gambar : wisatadirektori.com

Bekantan memiliki banyak tempat tinggal di Barito Kuala, selain pulau kembang dan pulau kaget, pulau bakut juga merupakan habibat asli para bekantan. Pulau ini berada tepat di bawah jembatan Barito yang sangat terkenal. Hal yang menjadi daya tarik para wisatawan ialah kehidupan liar sang bekantan dan suasana pulau yang menyenangkan. Selain bekantan, di pulau yang sebagian terdiri dari pepohonan ini juga tinggal primata lain seperti kera, lutung, dan orangutan.

Pasar Apung Kuin

sumber gambar : tempatwisataseru.com

Jika berkunjug ke Barito Kuala, tak lengkap rasanya jika tidak merasakan sensasi berbelanja di atas kapal. Kamu bisa merasakannya di pasar terapung kuin yang berada di kampung muara kuin. Pasar ini buka mulai dari subuh atau sebelum matahari terbit hingga sebelum siang hari. Disana kamu bisa berbelanja sayur-sayuran hingga ikan yang masih segar.

Comments

Loading...