OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti yang Menawan Hati

Sumber: fullriau.com

Nama Meranti diambil dari 3 nama pulau besar yang ada di wilayah kabupaten ini yaitu Pulau Merbau, Pulau Rangsang dan Pulau Tebing Tinggi. Dengan wilayah yang terdiri atas kepulauan, sudah dapat dibayangkan betapa kaya kabupaten yang beribukota di Kota Selatpanjang ini akan objek pariwisata utamanya wisata bahari. Inilah 10 tempat wisata di Kepulauan Meranti yang menawan hati.

Pantai Motong

Sumber: mirwans.com

Berada di ujung Barat Pulau Rangsang yang menjadi bagian dari wilayah Desa Permai, Pantai Motong memadukan keindahan pemandangan pantai berlatar belakang Selat Sunda denganm hutan mangrove. Untuk menikmati keindahan pemandangan yang ada di lokasi, tersedia 2 buah jembatan yang menjorok ke laut serta pondok-pondok kecil dengan atap dari rumbia. Banyaknya pedagang makanan dan minuman yang ada di kawasan pantai, membuat pengunjung bisa menikmati aneka macam kuliner sambil mengagumi pesona Pantai Motong.

Pantai Ceria

Sumber: alloped.com

Kata “Ceria” yang menjadi nama dari pantai ini merupakan akronim dari Centai, Riau, Indonesia. Nama tersebut merujuk dari lokasi pantai yang ada di Desa Centai yang menjadi bagian dari Pulau Merbau.

Selain memiliki pemandangan yang cantik, Pantai Ceria memiliki keunikan tersendiri yaitu pada musim-musim tertentu muncul biota laut yang oleh masyarakat sekitar disebut Mentarang. Biota laut ini bentuknya menyerupai tiram dan masuk dalam keluarga kerang-kerangan. Sebagaimana jenis kerang yang lain, Mentarang juga dapat diolah sebagai bahan dasar makanan.

Pantai Beting Beras

Sumber: pesisirnews.com

Garis pantai sepanjang 4 km, pasir berwarna putih bersih, ombak laut yang tenang serta kawasan hutan mangrove di kawasan pesisir menjadikan Pantai Beting Beras sangat sedap untuk dipandang. Keindahan alam tersebut semakin sempurna dengan hadirnya kawanan burung yang terbang di sekitar pantai untuk mencari ikan, serta perahu-perahu nelayan.

Karena memiliki area pantai yang luas dengan view yang indah itulah, pantai yang berada di Desa Kuala Merbau, Kecamatan Pulau Merbau ini kerap dijadikan lokasi untuk menggelar berbagai event olah raga dan budaya seperti festival layang-layang, Pacu Jung Titis dan berbagai event lainnya.

Pantai Rangsang

Sumber: merantikepulauanku.blogspot.com

Pantai Rangsang adalah nama 2 pantai yang berada di wilayah Kecamatan Rangsang, tepatnya di Desa Sonde dan Desa Tanah Merah. Kedua pantai itu bernama Pantai Paus dan Pantai Pesona.

Selain menikmati indahnya pemandangan pantai, wisatawan yang berkunjung ke kedua pantai yang ada di Kecamatan Rangsang ini juga dapat melihat aktifitas para nelayan, para pengrajin yang membuat barang-barang kerajinan dari kulit kerang dan tentunya berbelanja hasil tangkapan laut serta kerajinan.

Pantai Insit

Sumber: datariau.com

Berlokasi tidak jauh dari Pusat Kota Selatpanjang membuat Pantai Insit menjadi destinasi wisata favorit masyarakat yang tinggal di ibukota kabupaten Kepulauan Meranti. Pantai ini dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang pesat dengan dilakukannya penataan di berbagai sudutnya, sehingga wisatawan yang berkunjung dipastikan bakal semakin betah.

Selain menikmati indahnya pemandangan pantai, wisatawan yang berkunjung kesini juga dapat membeli ikan-ikan segar dari para nelayan serta menikmati kuliner di kedai-kedai yang berjajar di kawasan pantai.

Tasik Nambus

Sumber: pekanbaru.tribunnews.com

Memiliki luas sekitar 10.000 meter2, air tawar yang ada di Tasik ini tidak pernah kering sekalipun musim kemarau. Selain itu, pemandangan yang ditawarkan oleh Tasik Nembus benar-benar eksotis sekaligus alami karena jarang dikunjungi wisatawan. Sedikitnya wisatawan yang berkunjung ke sini tidak lain karena lokasinya yang berada di tengah kawasan hutan. Untuk bisa sampai ke lokasi, pengunjung harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 3 km. Selain itu, menurut kepercayaan masyarakat setempat, tasik ini merupakan perkampungan makhluk halus.

Tasik Air Putih

Sumber: fullriau.com

Berada di Desa Samak, Kecamatan Rangsang,  Tasik Air Putih memiliki hamparan air tawar yang jernih seluas 800 meter2. Pemandangan indah dan asri melingkupi kawasan danau kecil ini, karena di sekeliling tasik ditumbuhi berbagai jenis pepohonan seperti Kayu Meranti, Ramin, Kayu Punak serta yang lain. Tasik Air Putih sendiri berada di kawasan suaka margasatwa, sehingga berbagai jenis binatang liarpun terkadang menampakkan diri.

Tasik Putri Pepuyu

Sumber: infoanekawisata.blogspot.com

Sama halnya dengan Tasik Air Putih, lokasi dari tasik atau Danau Putri Pepuyu ini berada di tengah kawasan hutan lindung yang menjadi bagian dari wilayah Desa Tanjung Padang, Kecamatan Merbau. Karena berada di kawasan hutan, membuat wisatawan yang berkunjung ke sini relatif sedikit meskipun keindahan yang disuguhkannya luar biasa mempesona.

Dengan lokasi terpencil yang harus ditempuh dengan berjalan kaki itulah membuat pengunjung yang datang ke sini disarankan untuk bermalam di kawasan tasik, tentunya dengan membawa peralatan camping sendiri.

Desa Bokor

Sumber: bokor.desa.id

Menjelajah kawasan hutan bakau dengan menggunakan perahu nelayan merupakan aktifitas yang menyenangkan saat berkunjung ke desa yang menjadi wilayah dari Kecamatan Rangsang Barat ini. Selain itu, Desa Bokor juga dikenal sebagai penghasil buah durian dengan rasa yang melelehkan lidah. Desa ini sejak lama memang dikenal sebagai sentra durian karena banyak sekali pohon durian yang tumbuh di setiap sudut desa. Bahkan ada beberapa pohon yang umurnya sudah ratusan tahun.

Kelenteng Hoo Ann Kiong

Sumber: twitter @indochinatown

Situs cagar budaya yang berlokasi di JL. Ahmad Yani, Kota Selatpanjang ini dibangun pada masa pemerintahan Belanda sekitar tahun 1868. Saat pertama berdiri, bangunan tempat beribadah umat Konghucu ini berbentuk gubuk sederhana sebelum akhirnya mengalami pemugaran hingga beberapa kali yaitu tahun 1904, 1940, 1948, 2005 dan terakhir 2008.

Dengan bentuk bangunan tunggal beratap susun yang mengusung gaya arsitektur Cina sebagaimana umumnya bangunan kelenteng, kemegahan dan keindahan dari Kelenteng Hoo Ann Kiong sangat sedap untuk dipandang. Itu sebabnya, mereka yang berkunjung ke sini tidak semuanya bertujuan untuk beribadah, sebagian ada pemeluk agama lain yang tujuannya berkunjung untuk menikmati keindahan dan keunikan dari bangunan kelenteng ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…