OUR NETWORK

10 Tempat Wisata di Kotabaru

Kotabaru merupakan salah satu kabupaten yang berada di Kalimantan Selatan. Tak banyak orang yang tahu bahwa di kabupaten ini banyak tempat yang memukau. Keindahan yang dimiliki alam dari Kotabaru ini akan membuat siapa saja yang melihat terpana karena memang sangat mempesona ditambah lagi belum banyak mendapat sentuhan dari campur tangan manusia. Bahkan, sebagian besar orang mengatakan jika Kotabaru menjadi Bali kedua.

Berikut adalah ringkasan dari 10 tempat wisata di Kotabaru yang dapat dimanfaatkan sebagai rekomendasi untuk destinasi liburan.

Pulau Samber Gelap

Sumber: Instagram @wisata.kalsel

Dalam beberapa tahun belakangan, Pulau Samber Gelap tengah naik daun setelah banyak dibicarakan karena keindahannya. Daya tarik dari pulau ini adalah pesona alam bawah lautnya yang sangat menawan. Di Pulau Samber Gelap, wisatawan akan banyak menemui penyu karena banyak terdapat “sarang” penyu di sini.

Pantai Teluk Tamiang

Sumber: Instagram @mtma_kalsel

Pantai Teluk Tamiang juga tak kalah menawan. Pantai yang dapat ditempuh menggunakan tranportasi darat dari ibukota kabupaten Kotabaru ini terkenal dengan berbagai terumbu karang yang terdapat di alam bawah lautnya dari yang kecil hingga yang sangat besar. Saking indahnya, pantai ini disebut-sebut sebagai surganya bagi pecinta snorkeling.

Pulau Tanjung Kunyit

Sumber: Instagram @klikpromote

Bila sudah mengunjungi Pantai Teluk Tamiang, patut datang pula ke Pulau Tanjung Kunyit karena letaknya yang cukup dekat. Terdapat mercusuar di pulau ini dan pemandangan dari atas bangunan ini akan memanjakan mata para pengunjung. Keindahannya tak hanya di darat, tetapi bawah lautnya juga sangat memukau.

Pulau Denawan

Sumber: Instagram @afizansandi

Bila yang suka ketenangan, Pulau Denauan cocok menjadi pilihan karena pulau indah ini tak berpenghuni. Di pulau yang memiliki pasir putih halus ini pengunjung bisa berkesempatan menyaksikan penyu yang bertelur.

Pulau Pamalikan

Sumber: Instagram @hafizbiru

Pulau yang berada di satu kecamatan dengan Pulau Denawan ini juga sayang bila tak dikunjungi. Pulau Pamalikan juga menawarkan keindahan bawah laut serta pemandangan penyu-penyu yang menggemaskan.

Pulau Birah-Birahan

Sumber: Instagram @exotickaltim

Pulau Birah-Birahan memiliki air yang bening dan keindahan yang bisa dinikmati sepuasnya. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah indahnya pemandangan matahari tenggelam dari pulau ini. Bila berangkat dari Teluk Tamiang, wisatawan dapat menggunakan kapal nelayan dengan waktu tempuh 2 sampai 3 jam.

Pantai Tanjung Ketapang

Sumber: Instagram @derekneo0316

Pantai Tanjung Ketapang berjarak 10 km dari ibukota kabupaten Kotabaru. Pantai ini memiliki air yang jernih dan pesona alam hijau yang indah. Pantai ini menawarkan ketenangan dan lanskap yang memanjakan mata dengan laut birunya.

Pantai Gedambaan (Sarang Tiung)

Sumber: Instagram @apriliadewa_

Pantai Gedambaan dulunya dikenal dengan nama Pantai Sarang Tiung karena terletak di Desa Sarang Tiung. Bila ingin bangun subuh demi mencari nikmatnya sensasi menyaksikan matahari terbit yang indah, Pantai Gedambaan adalah pilihan yang tepat karena letaknya yang di timur. Terlalu berlama-lama hingga gelap di pantai ini pun bukan masalah karena sudah terdapat penginapan di sekitaran pantai.

Pantai Teluk Gosong

Sumber: Instagram @vinjun30

Mendengar nama dari pantai ini mungkin akan membuat dahi mengernyit. Namun demikian, tak seperti namanya, Pantai Teluk Gosong berpasir putih dan memiliki pemandangan lautan yang membuat jiwa damai dan tentram karena suasananya yang hening.

Goa Temuluang

Sumber: Google

Selain pantai dan laut, Kotabaru memiliki wisata lainnya yakni goa, lebih tepatnya Goa Temuluang. Salah satu goa bersejarah ini terkenal dengan sarang walet yang banyak terdapat di dalamnya. Selama perjalanan menuju Goa Temuluang, wisatawan takkan bosan karena keeksotisan pemandangan gunung-gunung kapur yang ada di sekitaran akan membuat mata tak berkedip.

Itulah ringkasan dari 10 tempat wisata di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Keindahan alamnya yang mempesona dapat dijadikan sebagai pilihan ketika akan berlibut atau menyegarkan kembali tubuh dari kepenatan.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BbkpLBJDVOn/
instagram.com/p/BYp0RIkhow4/
instagram.com/p/BlGA7_dHHle/
instagram.com/p/BhDr-g7H27M/?
instagram.com/p/BFNOKBpjUua/
instagram.com/p/Bid5zwGl4-C/
instagram.com/p/BdutZLzjAO1/
instagram.com/p/BZa1tStDon3/
instagram.com/p/BkIJX1Qlsrm/

Comments

Loading...