OUR NETWORK
Sumber Gambar: Google Maps @April Popy

Beruntunglah bagi kalian yang tinggal di Pulau Belitung, pulau eksotis yang menyimpan begitu banyak keindahan alam dan kekayaan hasil bumi. Jauh sebelum Pulau Belitung terkenal karena kesuksesan film Laskar Pelangi yang mengambil setting tempat di Pantai Tanjung Tinggi serta SD Muhammadiyah Gantong tersebut, pulau ini memang sudah dikenal akan keindahannya. Dari sekian banyak keindahan yang ada di Pulau Belitung, daya tarik yang utama adalah pantai. Hal yang lumrah karena memang Belitung memiliki banyak pantai dengan keindahan yang menawan, eksotis, dan air laut yang masih sangat jernih.

Jika kamu ingin menikmati keindahan pantai bersamaan dengan suasana senja yang magis, tempat yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tanjung Pendam. Karena dari sana suasana senja akan terlihat semakin menawan, romantis, dan magis. Dijamin kamu tidak akan pernah menyesal berkunjung ke pantai yang satu ini.

Lokasi Pantai Tanjung Pendam

Secara administratif Pantai Tanjung Pendam berada di Kota Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Pantai ini tak jauh dari pusat kota Tanjung Pandan, sehingga menjadi lokasi wisata favorit bagi warga kota. Dari pusat kota para pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 4 km ke arah barat dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Akses jalan yang sudah sangat bagus memungkinkan para pengunjung untuk datang dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua atau bahkan roda empat. Lokasi pantai sendiri tidak terlalu jauh dari tempat parkir kendaraan bermotor.

Pesona Pantai Tanjung Pendam

Sumber Gambar: Google Maps @Ekawati Fauzi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Tanjung Pendam memiliki pesona yang paling memikat di kala waktu sore hari. Di saat matahari mulai beranjak pergi meninggalkan bumi dan menyisakan cahaya kuning kemerahan. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang cukup halus layaknya pantai di Belitung pada umumnya, dan juga memiliki deretan pepohonan rindang yang berdiri di dekat bibir pantai. Ombak di Pantai Tanjung Pendam juga sangat bersahabat, karena tidak terlalu besar.

Sumber Gambar: Google Maps @Riccy Firmansyah

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Pendam, para pengunjung bisa melihat dengan jelas keberadaan Pulau Kalimau. Pulau yang satu ini pun dikenal cukup unik dan memiliki mitos tersendiri, sehingga sering dijadikan sebagai tempat pembuang sial. Mitos tersebut kabarnya berasal dari orang-orang Tionghoa yang berada di Bangka Belitung. Namun semua dikembalikan ke kepercayaan masing-masing.

Aktivitas di Pantai Tanjung Pendam

Sumber Gambar: Google Maps @April Popy

Melihat pesona senja sambil duduk-duduk di tepi pantai dianggap sebagai cara terbaik untuk menikmati keindahan dari pantai yang satu ini. Jika memiliki tenaga yang lebih, berjalan mengelilingi wilayah Pantai Tanjung Pendam juga bisa menjadi opsi untuk menghabiskan waktu di sana bersama dengan keluarga atau bahkan orang terkasih. Oh ya, untuk kamu para penggila seni di sekitar pantai juga banyak terdapat galeri yang merupakan rumah dari kerajinan tangan dan lukisan yang indah.

Fasilitas di Pantai Tanjung Pendam

Sumber Gambar: Google Maps @Alsmie Alias

Lokasinya yang berada di dekat pusat kota membuat fasilitas di Pantai Tanjung Pendam sangat lengkap. Para pengunjung bisa dengan mudah menemukan toilet, gazebo untuk tempat bersantai, dan bahkan restoran yang menjual berbagai macam makanan. Namun yang menjadi menu andalan restoran di Pantai Tanjung Pendam adalah sea food, sebuah hal yangt wajar karena lokasinya yang berada di tepi pantai. Di sana juga ada beberapa rumah makan atau restoran yang menjual kuliner khas Belitung, yakni Gangan. Makanan ini sendiri terasa lezat dan gurih, dan pastinya kamu pun wajib untuk mencobanya.

Sumber Gambar: Google Maps @Riccy Firmansyah

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana Pantai Tanjung Pendam lebih lama jangan khawatir. Karena tidak jauh dari areal pantai terdapat beberapa penginapan dengan harga sewa yang sangat terjangkau. Beberapa penginapan yang bisa kamu pilih di Pantai Tanjung Pendam adalah Lux Melati Hotel, Harlika Jaya Hotel, Grand Hatika Hotel, dan Golden Tulip Essential.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Pantai Tanjung Pendam? Dari pada harus pergi ke luar negeri hanya untuk berwisata alam, mending liburan saja ke dalam negeri. Karena percayalah bahwa Indonesia itu adalah negara yang sangat indah dengan pesona alam yang mengagumkan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…