OUR NETWORK

7 Danau Terindah yang Ada di Indonesia

7 Danau Terindah yang Ada di Indonesia

Kembali lagi kita membahas tentang kekayaan Indonesia karena kita semua pasti tahu bahwa Indonesia memiliki alam yang begitu indah dan mempunyai banyak manfaat. Kali ini kita akan merujuk kekayaan Indonesia yang berhubungan dengan air, tepatnya danau. Dari sabang sampai Merauke kita tau bahwa Indonesia memiliki banyak sekali pulau yang tentu saja didalamnya juga terdapat danau.

Danau Labuan Cermin

Sumber: Instagram @windakimkai96

Danau Labuan Cermin terdapat di Kecamatan Biduk Biduk, Kabupaten Barau, Kalimantan Timur. Seperti namanya, danau ini memang jernih seperti cermin karena memang danau ini masih asri dan terjaga kebersihan baik air maupun biota bawah airnya. Disana kita dapat melakukan berbagai aktifitas, seperti berenang, naik perahu, dan yang paling disukai adalah snorkeling.

Danau Telaga Warna

Sumber: Instagram @momaprulo

Dieng Wonosobo, Jawa Tengah juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain, yaitu Danau Telaga Warna. Nama Telaga Warna diambil karena di danau ini airnya dapat berubah warna. Kadang berwarna hijau, kadang berwarna kuning, dan terkadang juga berwarna seperti pelangi. Hal ini terjadi karena kandungan sulfur yang terdapat dalam danau cukup tinggi, sehingga jika terkena sinar matahari warnanya akan berubah. Danau Telaga Warna ini memiliki luas 3 kali lapangan sepak bola dan akan lebih indah bila dilihat dari atas bukit yang terdapat disekitar danau.

Danau Segara Anak

Sumber: Instagram @lombokexcursions

Segara Anak adalah danau yang terletak di kawah Gunung Rinjani, tepatnya di desa Sambalun Lawang, pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nama Segara Anak diambil karena warna airnya yang biru mengingatkan kita dengan laut, sehingga disebutlah Segara Anak atau Anak Laut. Danau ini terletak 2000 mdpl dan disekitar danau sering digunakan untuk bermalam para pendaki Gunung Rinjani. Mau lihat danau yang gak kalah jernih dari Segara Anak? Coba intip salah satu dari 10 Tempat Wisata Mempesona di Musi Banyuasin bernama ‘Danau Air Batu’. Dijamin betah jika kamu berkunjung ke sana, deh!

Danau Poso

Sumber: Instagram @danielsarongku

Danau Poso adalah sebuah danau yang terletak di kabupaten Poso provinsi Sulawesi Tengah. Sebagai danau terdalam ke tiga di Indonesia, Danau Poso memiliki hewan-hewan yang sangat beragam seperti ikan, belut, kepiting, dan siput. Namun karena sesuatu hal binatang-binatang tersebut diperkirakan telah punah.  

Danau Toba

Sumber: Instagram @ayokwisata11

Danau Toba terletak di Sumatera Utara. Danau yang memiliki panjang sekitar 100 km, lebar sekitar 30 km, dan kedalaman hingga 505 meter, yang membuat Danau Toba menjadi danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di sekitar danau terdapat sungai-sungai yang juga indah, namun karena erosi, sungai-sungai tersebut menjadi rusak dan terjadi pendangkalan.

Danau Gunung Tujuh

Sumber: Instagram @rima_hartati

Danau Gunung Tujuh adalah danau yang terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.  Gunung Tujuh berada di area Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Untuk menuju danau ini, rute yang dilewati cukup mudah sehingga tepat untuk dijadikan tempat wisata bagi yang suka dengan keindahan alam.

Danau Ranu Kumbolo

Sumber: Instagram @mtmamalang

Bagi yang suka dengan wisata alam yang masih asri, Danau Ranu Kumbolo yang terletak di Jawa Timur ini menjadi pilihan yang tepat. Selain menawarkan keindahan, di danau tersebut juga memiliki udara yang masih segar, sehingga sangat cocok bila dijadikan tempat untuk refreshing. Di Danau ini telah beradar banyak rumor bahwa di Danau Ranu Kumbolo ini menyimpan misteri yang membuat para pengunjung harus berfikir ulang sebelum berkunjung kesana.

Demikian tadi beberapa danau terindah yang terdapat di Indonesia. Jika kalian ingin mengunjungi salah satu dari danau-danau tersebut, tidak perlu khawatir ataupun takut. Yang terpenting kita selalu menjaga kondisi alam sekitar tempat-tempat tersebut dan tetap menjaga sopan santun  untuk menghormati tempat tersebut.

 

Sumber Gambar:
instagram.com/p/BWCrrQJF9Lm/
instagram.com/p/um2I2jIZ0s/
instagram.com/p/Bd9nfC1h6Ka/
instagram.com/p/BMk-C80j_QE/
instagram.com/p/BeCwQQtHooU/
instagram.com/p/BdABIC5nZPJ/
instagram.com/p/BeFydDdA0n5/

Comments

Loading...