OUR NETWORK

Air Terjun Terindah di Nusa Tenggara Barat

Banyak orang ketika menyebut atau mendengar tentang wisata Nusa Tenggara Barat pastilah yang pertama kali muncul dalam benaknya adalah pulau Lombok. Namun di Nusa Tenggara Barat terdapat banyak sekali wisata alam yang bagus nan eksotis seperti air terjun. Banyak sekali wisata air terjun terindah di Nusa Tenggara Barat yang patut dikunjungi.

Nusa Tenggara Barat kian menjadi destinasi wisatawan akhir-akhir ini, dengan Pulau Lombok menjadi pesona utama yang menjadi tujuan wisatawan. Namun tak hanya pulau Lombok saja yang memperlihatkan keeksotisan alam, ada juga beberapa air terjun terindah di Nusa Tenggara Barat yang patut untuk dikunjungi.

Air Terjun Sendang Gile

Sumber: Instagram @frau_tiffi

Air Terjun Sendang Gile terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Obyek wisata Air Terjun Sendang Gile juga masih satu lokasi dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Air Terjun Sendang Gile juga merupakan gerbang bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. Air kaki Gunung Rinjani yang masih sangat bersih, alami, jernih dan menyegarkan, yang mengalir dan membentuk air terjun Sendang Gile. Sendang Gile juga menjadi salah satu air terjun terindah di Nusa Tenggara Barat.

Nama Air Terjun Sendang Gile diambil dari ketidaksengajaan warga setempat menemukan air terjun ini saat melakukan perburuan singa gila yang kerap melakukan kekacauan di kampung-kampung. Singa gila lari kedalam hutan untuk menyembunyikan diri, tempat ditemukannya air terjun ini. Penduduk menyebut singa gila dengan sebutan singeng gile dan pelafalan singeng menjadi sendang dan pada akhirnya air terjun tersebut disebut Air Terjun Sendang Gile.

Air  Terjun Tiu Kelep

Sumber: Instagram @madisonmackenzie

Air Terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, sekitar 15 menit dari Sendang Gile. Memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat, airnya juga cukup deras dan besar. Namun kolam yang berada dibawahnya tidak begitu dalam, hanya sepinggang orang dewasa. Dasar kolam lembut sehingga memudahkan pengunjung untuk berenang. Sumber air terjun berasal dari danau Segara Anak yang terletak di puncak Gunung Rinjani.

Dalam bahasa Sasak, Tiu bermakna kolam dan Kelep bermakna terbang. Sehingga nama ini ingin menggambarkan kondisi air terjun yang buih-buih airnya berterbangan dikolam. Air Terjun Tiu Kelep juga masih satu lokasi dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Tiu Kelep menjadi salah satu objek wisata salah satu air terjun terindah yang patut untuk dikunjungi.

 Air Terjun Benang Kelambu

Sumber: Instagram @ayla_tour.travel

Air Terjun Benang Kelambu terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Enam sela-sela pohon gambung yang rindang menjadi tempat keluarnya air yang membuat air terjun semakin indah. Airnya yang tercurah dari atas bukit sangat tipis dan lembut, mirip dengan kelambu. Suara jatuhnya air pun tidak terlalu bising. Itulah sebabnya mengapa air terjun ini dinamai Benang Kelambu.

Terdapat  dua kelompok air terjun yang berada dikawasan air Benang Kelambu ini. Tingginya berkisar 40 meter dan memiliki 2 atau 3 tingkatan. Dari titik paling atas curahan airnya kemudian jatuh ke tingkatan di bawahnya di mana terdapat 3 susunan batu lebar berbentuk ceper. Hantaman air yang jatuh tidak terlalu kuat, ini berkat adanya batu ceper. Sehingga para penggunjung bisa mandi di bawah air terjun. Masyarakat setempat mempercayai bahwa mandi di Air Terjun Benang Kelumbu ini bisa menjadikan awet muda

BACA JUGA: Surganya 1001 Air Terjun di Way Kanan, Indonesia.

Air Terjun Mata Jitu

Sumber: Instagram @agustriawan

Air Terjun Mata Jitu atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Lady Diana adalah salah satu obyek wisata terkenal yang ada di Pulau Moyo. Terletak di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. Lady Diana pernah berkunjung ke air terjun ini sehingga dinamakan demikian. Ketika berkunjung, ia menyempatkan mandi di bawah guyuran air terjun yang sangat jernih.

Aliran air yang berada ditempat ini sangat tenang dan berwana hijau kebiruan. Terdapat 7 kolam disekitar air terjun ini yang tidak boleh di gunakan untuk mandi dan berenang. Tetapi anda tidak perlu kecewa karena pihak pegelola telah menyiapkan spot khusus yang disediakan untuk para wisatawan yang ingin mandi dan berenang di tempat ini.

Air Terjun Mata Jitu Pulau Moyo bisa di tempuh dengan menggunakan sepeda motor ataupun ojek yang waktu tempuhnya sekitar 20 menit dari Desa Labuan Aji. Jangan khawatir karena sepanjang perjalanan terdapat pemandangan alam hutan dan perkebunan jambu mete milik warga setempat.

Air Terjun Sekeper

Sumber: Instagram @didukmiru

Air terjun Sekeper merupakan air terjun tertinggi di Lombok dengan ketinggian 113 meter yang eksotis dan perlu perjuangan keras untuk sampai kelokasinya. Keberadaan air terjun ini bisa dikatakan tersembunyi, di dalam hutan Santong yang masih sangat alami. Terletak di Desa Weker, Desa Santong, Kecamatan Kanyangan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju air terjun ini sekitar 4 jam dari mataram. Untuk mencapai pelataran parkir lokasi Air Terjun Tiu Teja dengan menggunakan kendaraan memakan waktu sekitar 2 jam. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Tiu Teja itu sendiri dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan rute Mataram – Gunung Sari – Pusuk – Pemenang – Tanjung – Godang – Ledang – Santong.

Air Terjun Mangku Sakti

Sumber: Instagram @mario_adr

Air Terjun Mangku Sakti Terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Povinsi Nusa Tenggara Barat. Memiliki ketinggian sekitar 30 m dengan tebing batu di dindingnya berwarna putih.  Di bawah kucuran airnya terdapat kolam penampungan seluas 15 m2 dan berkedalaman antara 2-4 m dengan warna air tidaklah bening melainkan agak putih kehijauan karena memiliki kandungan belerang sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Air terjun ini berasal dari aliran Kokoq Puteq atau Sungai Putih yang sumbernya langsung dari danau Segara Anak dipuncak gunung Rinjani. Tidak jauh dari air terjun ini terdapat 2 air terjun lagi,yang pertama air terjun Mangku Kodeq sekitar 100m kearah bawah masih ada air aliran sungai yang sama terdapat air terjun. Air terjun ini mempunyai ketinggian yang hanya berkisar 3m yang tersembunyi diantara tebing-tebing yang tinggi.

Air Terjun Tiu Teja

Sumber: Instagram @giyanimami

Air Terjun Kembar Tiu Teja terletak di desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat berjarak sekitar 60 km dari Kota Mataram. Dengan ketinggian sekitar 40 meter yang tersembunyi di belantara hutan Gunung Rinjani yang masih alami dan asri. Panorama keindahannya membuatnya menjadi salah satu air terjun terindah di Nusa Tenggara Barat mengalahkan air terjun lain yang sudah berkembang sebagai destinasi wisata lebih dulu.

Air Terjun Tiu Teja memiliki dua mata air terjun yang meluncur secara berdampingan, dan sewaktu waktu akan muncul sinar pelangi diantara bias titik-titik air yang meluncur ketika terkena sinar matahari yang semakin menambah keindahan Air Terjun Tiu Teja.

Air Terjun Jeruk Manis

Sumber: Instagram @fatma_januari

Air terjun ini sering di sebut dengan Air Terjun Jukut atau lebih di kenal para penduduk lokasi sebagai Air Temer yang curah air debitnya sangat bersih dan jernih dengan ketinggian kurang lebih 40m. Tempat ini terletak di kaki Gunung Rinjani sebelah selatan  dibagian dalam Kawasan Konservasi Tanaman Nasional Gunung Rinjani. Konon air ini di percaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit khususnya untuk menyuburkan rambut. Untuk keperluan pengobatan peyakit biasanya sering dilakukan dengan ritual tradisional yang dipimpin oleh seorang pemangku.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…