OUR NETWORK

Batu Jato, Sungai Yang Jernih Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga

Batu Jato, Sungai Yang Jernih Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga
Source Image: Instagram @enochank

Bagi sebagian orang liburan merupakan saat-saat yag baik untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Hubungan dengan keluarga akan lebih harmonis jika kalian menyediakan waktu untuk berlibur bersama-sama.

Kamu bisa mengunjungi salah satu wisata yang berada di Sekadau, Kalimantan Barat untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Objek wisata tersebut adalah Batu Jato, wisata alam ini berada di Desa Patok, Kec. Nangka Taman. Kab. Sekadau, Kalimantan Barat.

Sumber: Instagram @enochank

Suasana yang ada di sekitar wisata sangat sejuk, sehingga sangat cocok untuk bermain bersama dengan keluarga. Jika kamu penasaran dengan wisata alam yang satu ini, maka kamu harus membaca ulasan yang akan kami ulas di artikel wisato kali ini.

Mengenal Kawasan Wisata Batu Jato

Panorama dan pemandangan yang indah menemani perjalanan kamu saat menuju ke lokasi wisata ini. Di perjalanan menuju Kecamatan Nanga Taman kamu akan menemukan pemandangan bukit dan hutan nan indah.

Sumber : Instagram @hens_fanss_brandal
Sumber: Instagram @hens_fanss_brandal

Kawasan wisata Batu Jato menjadi salah satu tujuan wisata keluarga untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Biaya yang dikeluarkan untuk berwisata ke Batu Jato tidak akan menguras kantong kamu. Kawasan wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah, kondisi sekitar lokasi wisata juga masih asri dan alami. Pemandangan alam berupa bukit yang indah dan hutan yang subur mewarnai tempat wisata ini.

Sumber : Instagram @liamayasari21
Sumber: Instagram @liamayasari21

Objek wisata ini tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat sekitar Kabupaten Sekadau saja, namun objek wisata ini juga selalu dikunjungi oleh masyarakat yang berasal dari luar Kabupaten Sekadau. Jika kamu ingin menceburkan diri di objek wisata ini, maka jangan lupa membawa baju ganti, sebab air yang sangat jernih membuat siapa saja yang berkunjung tergoda untuk mandi di Batu Jato.

Sumber: Instagram @evan_der_vart

Di lokasi wisata ini juga sudah terdapat beberapa fasilitas, diantaranya warung dan tempat bilas. Beberapa pengunjung juga sering membawa daging dari rumah, mereka sering memasak dan membakar daging di sekitar area Batu Jato.

Kamu juga harus ikut melestarikan objek wisata ini dengan cara tidak membuang sampah sembarangan ketika berada di lokasi wisata. Kesadaran para wisatawan perlu ditingkatkan agar tempat wisata ini tetap bersih.

Akses Ke Wisata Batu Jato

Kawasan wisata Batu Jato ini berada di Desa Pantok, Kec. Nanga Taman. Walaupun menjadi salah satu destinasi wisata andalan namun sayang wisata alam ini belum banyak diketahui oleh banyak orang karena akses jalan kurang maksimal, pengunjung hanya bisa mencapai lokasi Batu Jato dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Sumber: Instagram @ali_fashionpark

Dahulu ketika akses jalan belum diperbaiki, akses yag dibutuhkan untuk dapat menuju ke kawasan wisata Batu Jato dari Kabupaten Sekadau akan memakan waktu 1 jam hingga 1.5 jam. Ketika jalan sudah diperbaiki dan akses jalan sudah bagus, maka kamu hanya dibutuhkan kurang lebih 45 menit hingga 1 jam untuk mencapai ke objek wisata Batu Jato.

Wisata Batu Jato Mulai Dibenahi

Karena semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Batu Jato, maka pemerintah melakukan beberapa pembenahan di objek wisata ini. Pembenahan tersebut diantaranya adalah membuat pos dan vila kecil, membuat jalan setapak untuk menuju ke sungai, membuat pos jaga keamanan, membentuk petugas untuk menjaga area parkir dan lain sebagainya.

Suatu kali saat kunjungan wisatawan meningkat, arus lalu lintas di sepanjang jalan untuk menuju ke objek wisata Batu Jato sempat macet total. Ribuan kendaraan memadati jalan untuk menuju ke objek wisata Batu Jato.

Sumber: Instagram @fred_bramialdo

Kepala desa berkata bahwa kunjungan wisata yang meningkat dipengaruhi karena kondisi infrastruktur jalan dan jembatan yang sudah diperbaiki, hal ini sangat memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata Batu Jato.

Pokoknya objek wisata Batu Jato merupakan tempat yang sangat seru untuk berlibur bersama dengan keluarga dan teman-teman.

Kesimpulan

Jika kamu menyukai sungai dengan air yang jernih dan udara yang segar, maka objek wisata Batu Jato ini sangat cocok untuk kamu kunjungi. Kamu harus tetap berhati-hati ketika berada di lokasi sungai, karena tempat wisata ini pernah terjadi kecelakaan dan memakan korban jiwa, korban tersebut terbawa arus saat sedang berenang di sungai. Tetap berhati-hati ya Gaes, jangan lupa nikmati keindahannya dan abadikan momennya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…