in

Berkemah Di Pantai? Bisa Kok Di Pantai Sanglen Gunungkidul

Sumber Gambar: Google Maps @Dimas Priyantono

Berkemah di Gunung atau Hutan sepertinya sudah biasa ya, bagaimana kalau kalian mencoba berkemah di Pantai? Bisa kok, kalian dapat melakukannya di Pantai Sanglen yang berada di Gunungkidul yang memang merupakan destinasi wisata yang cukup digemari tidak hanya oleh warga lokal akan tetapi juga warga dari luar kota.

Sumber Gambar: Google Maps @ Wisata Jogja

Buat kalian yang ingin mencari ketenangan dalam liburan kalian sepertinya lokasi wisata Pantai Sangleng ini sangat cocok buat kalian karena pantai ini sendiri belum terjamah oleh banyak orang dan bahkan belum memiliki fasilitas yang cukup banyak. Banyak dari kalian yang mungkin lebih senang mendatangi pantai yang sudah terkenal seperti Pantai Drini maupun Pantai Watu Kodok yang memang sudah lebih dulu dikenal oleh banyak orang dan juga memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap.

Akan tetapi bagi kalian yang tidak suka dengan keramaian kalian rasanya akan lebih menyenangi untuk menghabiskan waktu kalian di Pantai Sanglen ini karena selain tenang pemandangan yang disuguhkan juga benar – benar masih asri. Kalian akan melihat banyak pohon cemara yang berhamparan di pinggir pantai yang tidak hanya memberikan kalian rasa tenang akan tetapi juga rasa sejuk yang mungkin tidak akan kalian dapatkan di tempat lain.

Lokasi Dan Alamat Dari Pantai Sanglen Gunungkidul

Buat kalian yang senang berkemah akan tetapi bosan untuk berkemah di Hutan maupun Gunung kalian dapat langsung mengunjungi lokasi wisata Pantai Sanglen ini untuk menghabiskan waktu liburan kalian. Lokasi dari Pantai Sanglen ini sendiri berada di Kabupaten Kemadang, Kecamatan Tunjung Sari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mencapai ke area parkir dari pantai ini sudah dapat kalian akses dengan cukup mudah kalian sudah dapat menggunakan kendaraan pribadi kalian mau itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Akan tetapi dari area parkir hingga pantai kalian perlu jalan kaki dengan jarak yang lumayan jauh sehingga kalian harus memastikan kondisi kalian sedang prima ketika mengunjungi lokasi ini.

Tapi percayalah semuanya akan terbayar lunas ketika kalian sampai di area pantai karena pesona pantai yang masih perawan ini mungkin tidak akan kalian temukan di lokasi pantai lainnya. Buat kalian yang baru pertama kalian ingin menuju ke lokasi kalian bisa bertanya kepada warga sekitar atau menggunakan bantuan aplikasi Google Maps yang dapat kalian gunakan untuk membawa kalian menuju ke lokasi wisata.

Fasilitas Yang Disediakan

Sumber Gambar: Google Maps @Abid Amrulloh

Fasilitas yang ada di lokasi Pantai Sanglen ini dirasa masih sangat kurang karena Pantai Sanglen ini sendiri memang belum cukup terjamah akan tetapi buat kalian yang ingin berkemah di lokasi ini sudah dapat kalian lakukan. Walaupun kalian tergoda untuk mendirikan tenda sesampainya kalian di sini akan tetapi kalian tidak bisa sembarangan mendirikan tenda ya karena sudah ada tempat yang disediakan.

Sumber Gambar: Google Maps @Farid Danang

Buat kalian yang baru pertama kali ke lokasi ini kalian bisa bertanya kepada petugas jaga untuk mencari lokasi kemah yang belum di “booking” oleh pengunjung lain sehingga kalian dapat dengan bebas mendirikan tenda. Kalian bahkan dapat minta tolong kepada para petugas jaga untuk mencarikan spot berkemah yang nyaman dan mudah untuk kalian dirikan tenda.

Sumber Gambar: Google Maps @Indah Sari

Selain mendirikan tenda kalian juga bisa memasang hammock yang memang alat yang sangat tepat ketika kalian ingin menikmati keindahan pantai terutama Pantai Sanglen yang masih benar – benar asri ini.

Tips Liburan Di Pantai Sanglen

Sumber Gambar: Google Maps @Teguh Kwatno

Berhubung masih kurangnya fasilitas yang ada pada Pantai Sanglen ini kalian harus menyiapkan segala sesuatunya dengan cermat sebelum kalian memutuskan untuk menghabiskan waktu kalian di Pantai Sanglen ini. Membawa peralatan dan juga perlengkapan yang lengkap adalah salah satu hal wajib yang harus kalian lakukan karena kalian akan kesulitan mencarinya di lokasi pantai.

 

Tenda dan perlengkapannya seperti hammock, sleeping bag, matras dan juga kompor merupakan perlengkapan yang tidak boleh kalian lupakan selain itu juga minuman dan juga makanan juga harus kalian siapkan sebelum kalian sampai ke lokasi. Saran kami bawalah makanan yang instans seperti mie instans dan semacamnya agar kalian tidak repot untuk mengolahnya ketika kalian lapar nantinya.

Selain itu selalu pastikan kalian menjaga kebersihan dari pantai ini karena menjaga kelestarian sebuah objek wisata apalagi wisata yang masih asri seperti Pantai Sanglen ini merupakan tugas bersama dan dimulai dari diri kita sendiri.

Geomedia - JFK 2022