OUR NETWORK

Daya Pikat 10 Tempat Wisata di Pesisir Barat

Kabupaten yang beribukota di Krui ini terbentuk pada tahun 2012 dan merupakan kabupaten termudah di Provinsi Lampung. Memiliki garis pantai sepanjang 210 km, kawasan hutan yang luas ditambah topografi wilayahnya yang berbukit-bukit menjadikan kabupaten ini kaya akan objek wisata. Sudah barang tentu bukan objek wisata baru, karena sudah ramai dikunjungi wisatawan sejak masih menjadi bagian dari wilayah Lampung Barat.

Inilah 10 tempat wisata di Kabupaten Pessisir Barat yang memiliki daya pikat tersendiri dan menjadi magnet bagi para wisatawan.

Pantai Tanjung Setia

Sumber: Instagram @aditya_payuda95
Sumber: Instagram @dunia_chiandien

Memiliki gulungan ombak dengan panjang hingga 200 meter dan dengan ketinggian yang bervariasi, menjadikan Pantai Tanjung Setia memberikan sensasi surfing yang luar biasa. Tidak heran jika pantai ini banyak dikunjungi para peselancar dari seluruh penjuru dunia.

Terletak di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Krui, pantai ini sangat mudah untuk dijangkau karena berada di dekat Jalan Lintas Sumatera Selatan. Berbagai fasilitaspun juga tersedia di sini, termasuk penginapan baik dalam bentuk losmen dengan harga terjangkau hingga hotel berbintang seperti Sumatera Surf Resort dan Lovina Kruif Surf.

Pantai Karang Nyimbor

Sumber: Instagram @muzikstation
Sumber: Instagram @tobyreynolds1970

Populer dengan sebutan Ujung Bocur, pantai yang terletak di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan ini sama seperti Pantai Tanjung Setia yang memiliki ombak besar dan tinggi dengan panjang ratusan meter, sehingga menjadi magnet bagi para peselancar. Pantai ini biasanya ramai dikunjungi para surfer pada rentang bulan April – Oktober, karena pada saat itu rata-rata ketinggian ombak antara 2 – 3,5 meter. Selain memiliki ombak yang ekstrim, Pantai Karang Nyimbor juga dikenal karena panorama sunsetnya yang menawan.

Pantai Batu Guri, Pulau Pisang

Sumber: Instagram @ardhy_27

Pantai Batu Guri terdapat di Pulau Pisang yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Desa Labuhan, Kecamatan Pulau Pisang. Sensasi pertama yang dapat dinikmati saat menginjakkan kaki ke Pulau Pisang adalah deretan rumah-rumah adat Lampung yang masih terawat dengan baik bahkan masih ditempati oleh pemiliknya.

Setelah melewati kawasan pemukiman, barulah sampai ke Pantai Batu Guri yang memiliki batu-batu karang dengan bentuknya yang menarik. Salah satu yang terlihat menonjol adalah batu karang berukuran besar yang terdapat di tengah laut. Batu karang tersebut bentuknya menyerupai kepala burung dengan tumbuh-tumbuhan yang menyelimuti bagian permukannya yang menyerupai bulu-bulu.

Pantai Labuhan Jukung Krui

Sumber: Instagram @nitaputri16

Memiliki ombak yang cukup tinggi menjadikan Pantai Labuhan Jukung Krui banyak dikunjungi para peselancar. Selain itu, sunset di pantai ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah karena lokasi daratan berada di sisi Timur sedang lautan ada di sisi barat. Posisi ideal inilah yang menjadikan tenggelamnya matahari terlihat sangat menawan tanpa terhalang oleh gugusan pulau.

Sumber: Instagram @niamarhena

Satu lagi daya tarik dari pantai ini adalah lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota Krui serta menjadi tempat para nelayan berlabuh. Sehingga para pengunjung tidak hanya dapat menikmati panorama pantai tapi juga berbelanja ikan segar dari para nelayan.

Pantai Melasti

Sumber: Instagram @wahyudharma_36

Berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Pesisir Barat, Pantai Melasti kental dengan nuansa Hindu, tidak hanya dari namanya yang diambil dari salah satu nama upacara keagamaan tapi juga dari keberadaan Pura Tirta Bhuana yang ada di kawasan pantai. Bahkan, pantai ini kerap digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan upacara keagamaan karena di sekitar pantai banyak penduduk yang memeluk agama Hindu.

Sumber: Instagram @bobocantikdotcom

Pantai yang berlokasi di Desa Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan ini  juga memiliki pemandangan yang indah dengan suasana yang teduh karena di sepanjang pinggiran pantai banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa, sehingga sebelum sampai di kawasan pantai, pengunjung harus terlebih dahulu berjalan di bawah pohon-pohon kelapa.

Rhino Camp Sukaraja Atas

Sumber: Universitas Malahayati
Sumber: Instagram @jamie_jamaludin

Objek wisata ini merupakan pintu masuk kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang menjadi tempat pengamatan flora – fauna di jalan lintas Barat Semanggi – Bengkunat, utamanya di Sukaraja Atas. Kawasan Rhino Camp menjadi tempat hidup 514 tumbuhan bawah, 126 spesies anggrek, 15 jenis bambu, 26 jenis rotan serta 2 jenis bunga Rafflesia  yakni Amorphophallus Titanium dan A Deculsivae. Sedang faunanya terdiri dari 90 spesies mamalia, 7 spesies primata, 52 herpetofauna (reptil dan amphibi), 322 jenis burung dan 51 jenis ikan.

Ekowisata Pemerihan

Sumber: travelingyuk

Ekowisata Pemerihan atau Way Pemerihan adalah pos patroli gajah yang terdapat di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Di tempat ini gajah-gajah sudah menjalani pelatihan sehingga dapat diperintah untuk mengerjakan sesuatu sebagaimana perintah dari petugas jagawana.

Pengunjung yang datang ke sini dapat menaiki gajah yang sudah terlatih tersebut untuk diajak berkeliling Taman Nasional, sudah barang tentu dengan ditemani petugas jagawana. Selain menunggang gajah selama kurang lebih satu jam untuk melihat flora dan fauna yang ada di Taman Nasional,  pengunjung juga akan diajak untuk memberi makan dan memandikan gajah.

Penangkaran Penyu Tembulih

Sumber: malahayati

Objek wisata edukasi ini terletak di Pekon Muara Tembulih, Kecamatan Ngambur yang dapat ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Krui. Di Pantai yang menjadi tempat penangkaran penyu ini, pengunjung dapat belajar tentang konservasi 4 spesies penyu yang menghuni tempat penangkaran tersebut, yaitu penyu lekang, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu hijau. Pada saat-saat tertentu, pengunjung juga akan diajak untuk melepaskan tukik atau anak penyu ke laut lepas.

Repong Damar Pahmungan

Sumber: deskgram

Getah Damar merupakan bahan baku berbagai jenis produk industri, seperti lilin, cat, tinta, vernis, kosmetik serta yang lain. Getah damar ini disadap dari pohon damar seperti halnya getah karet yang disadap dari pohon karet. Untuk mengetahui proses budidaya dan penyadapan getah damar utamanya damar mata kucing, dapat mengunjungi Desa Pahmungan, Kecamatan Pesisir Tengah yang jaraknya sekitar 5 km dari pusat Kota Krui. Damar mata kucing yang dihasilkan desa ini, banyak dicari para eksportir karena kualitasnya yang istimewah.

Selain belajar tentang budidaya dan proses penyadapan getah damar, pengunjung yang datang ke sini juga dapat menikmati aktifitas tracking dengan menyusuri kebun-kebun damar yang sejuk berlatarbelakang alam pedesaan.

Keramat Manula

Sumber: hasbundoya

Objek wisata religi ini berada di Jalan Lintas Barat, Desa Pugung Tanjung Jauh, Kecamatan Lemong, tepatnya di dalam kawasan hutan lindung Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Keramat Manula yang oleh masyarakat setempat terkadang disebut “Makam Tiyang Ghumpok” atau “Makam Puyang Jaoh” atau “Makam Tanjung Jaoh” sebenarnya adalah makam dari Syeikh Aminullah yang merupakan tokoh penyebar agama Islam di wilayah Pesisir Barat yang meninggal pada tahun 1525 Masehi.

Comments

Loading...