in

Eksotisnya Pantai Menye, Satu – Satunya Pantai Di Tepian Danau Laut Tawar!

Sumber Gambar: getlost.id
Keindahaan panorama Indonesia tak pernah ada habisnya membuat wisatawan baik domestik maupun mancanegara serasa ingin kembali lagi. Keindahan yang wisata alam Indonesia pastinya dapat mengurangi kadar stress di dirimu dan pastinya menyejukkan mata. Kaya akan sumber daya alam membuat Indonesia lagi lagi menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur. Deretan pulau serta hamparan pasir putih di beberapa pantai di Indonesia nampak begitu eksotis. Selain pulau dan pantai, gunung-gunung dan perbukitan tinggi seakan memaksa pengunjung untuk mendatanginya.
Kali ini kamu tak perlu lagi harus jauh – jauh pergi ke luar negeri untuk sekedar menikmati indahnya pantai dengan air laut jernih karena di Indonesia sudah lengkap tersedia. Buat kamu wisatawan asal Aceh nampaknya kamu beruntung hidup di wilayah yang kekayaan baharinya sangat melimpah. Banyak pilihan wisata bahari buat kamu yang tinggal Aceh tetapi kali ini Wisato.id akan mengulas salah satu pantai yang namanya sudah terdengar di telinga warga Aceh dan sekitarnya.
Di pantai ini fasilitasnya juga sudah cukup memadai nama pantai ini adalah Pante Menye atau biasa orang Aceh menyebutnya dengan Pantai Menye. Keindahan dan beberapa fasilitas serta kegiatan yang dapat kamu lakukan selama berada di pantai tersebut akan diulas sebagai berikut. Yuk simak!

Pantai Menye

Sumber Gambar: Facebook @Enjoy Aceh
Tak lain dan tak bukan kali ini pilihan wisata pantai ini berada di Aceh Tengah tepatnya di  ujung timur dari Danau Laut Tawar wilayah Kampung Lenong Bulan Dua kecamatan Bintang tak jauh dari pusat kota Takengon. Pantai Menye baru dibangun sekitar awal tahun 2020 namun bisa dibilang berbeda dari pantai pada umumnya karena pantai ini berada di tepi danau. Karena keberadaannya di tepi danau dan kondisi daratannya yang landai maka pengunjung yang datang kesini akan disuguhkan pemandangan indahnya hamparan perbukitan yang mengelilingi pantai ini. Udara yang akan kamu rasakan disini pastinya sejuk karena adanya angin sepoi – sepoi dari perbukitan ditambah sedikit rasa hangat dari sinar matahari yang terbit.
Sumber Gambar: Instagram @bg_naga__
Karena keunikannya dan keindahan pantai ini bukan berarti kamu harus mengeluarkan biaya yang besar untuk masuk ke wilayah pantai ini. Cukup dengan membayar parkir Rp 3.000 dan tiket masuk sebesar Rp 5.000 maka kamu bebas melihat cantiknya hamparan bukit sekaligus indahnya Pantai Menye dan Danau Laut Tawar secara bersamaan. Penamaan “Pantai Menye” pun ada alasannya yaitu diambil dari bahasa Aceh Gayo “menye” artinya manja. Pantai ini diharapkan menjadi tempat pengunjung untuk bermanja – manja atau melepas penat.

Daya Tarik Pantai Menye

  • Hunting foto diatas dermaga kayu

Sumber Gambar: Google Maps @Dardiri Dardak
Pengelola sengaja membangun dermaga dari tepi pantai. Dermaga ini berbahan dasar kayu yang kokoh memberikan kesan mewah untuk berfoto. Bentuk dermaga ini sengaja dibentuk melingkar seperti spiral berbentuk Kerawang Gayo dan lumayan lebar. Di atas dermaga kayu ini juga disediakan banyak tempat duduk yang juga berbahan dasar kayu. Di dermaga kamu bisa berfoto bebas sambil duduk santai dengan latar belakang Danau Laut Tawar dan juga perbukitan di sekelilingnya.
  • Naik speed boat atau bebek air

Sumber Gambar: Google Maps @Sayed Muddasir
Jika kamu membawa si kecil berlibur ke Pantai Menye maka sebaiknya ajak si kecil untuk naik bebek air untuk sekedar keliling di tepian pantai atau jika kamu berkunjung bersama kawan sebaya kamu bisa mencoba naik speed boat mengelilingi pantai dan danau. Tak perlu khawatir selama menaiki speedboat atau bebek air karena ombaknya kecil sehingga aman buat kamu dan sikecil. Biaya yang kamu keluarkan untuk menyewa speedboat yakni sebesar Rp 20.000 per orang dengan waktu sewa selama 20 menit.
  • Menginap di resort

Sumber Gambar: Google Maps @amril nizan
Untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Menye lebih lama lagi maka dapat mencoba bermalam di ressort yang lokasinya berada tepat di depan pintu masuk Pantai Menye. Resort ini terlihat mewa dah sudah tersohor namanya adalah  Bintang Resort. Gerbang masuk Bintang Resort ini di dominasi dengan warna putih dan terkesan mewah. Untuk harga menginap di resort ini mulai dari Rp 1.400.000 hingga Rp 2.600.000 per malam tergantung dari tipe kamar yang kamu pilih. Dari resort ini kamu dapat melihat pemandangan danau, pantai hingga perbukitan secara lebih puas lho traveler!
Menuju ke Pantai Menye pun tak begitu sulit dicapai. Jika kamu memulai perjalanan dari pusat Kota Takengon maka kamu bisa menempuh jarak 25km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit dengan mobil atau sekitar 30 menit dengan motor.
Geomedia - JFK 2022