in

Fakta Wisata Pemandian Alam Grao Sakti Jambi

Sumber Gambar: disparpora.meranginkab.go.id

Destinasi wisata pemandian alam grao seolah menjadi sebuah surga tersembunyi bagi semua orang. Dimulai dari letak lokasi yang sangat terpencil dan sangat jauh dari pusat kota dan keramaian. Hal tersebut juga membuat destinasi wisata ini memiliki akses transportasi yang cukup sulit. Terlebih lagi letak dari Grao Sakti berada di sekitar area perbatasan provinsi Bengkulu dan Jambi.

Begitu pula dengan fasilitas penginapan di sekitar lokasi destinasi wisata yang masih sangat minim. Hal ini juga berdampak cukup buruk bagi wisatawan yang berasal dari luar kota. Sebab mereka akan berpikir berkali – kali untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut.

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Fasilitas penginapan menjadi suatu hal yang utama dan sangat berguna bagi wisatawan luar kota. Dengan adanya penginapan tersebut, pengunjung pun tidak merasa terlalu risau untuk menikmati pesona alam dari Grao Sakti sepuasnya. Jika waktu telah gelap dapat bermalam di suatu penginapan baik itu homestay, losmen atau hotel.

Bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah tersebut dan mencari suatu penginapan dapat menumpang di rumah penduduk setempat. Penduduk setempat memang sangat ramah, tetapi terkadang menginap di tempat orang lain terasa tidak begitu nyaman dan canggung.

Tetapi apabila hendak menginap di suatu tempat yang cukup nyaman seperti di hotel harus keluar dari daerah Ds Renah Kemumu terlebih dahulu. Lalu menuju ke kota Bangko. Di kota Bangko dapat dijumpai berbagai macam penginapan. Namun semua kondisi dari penginapan yang ada tidak begitu mewah. Mungkin hanya sebatas hotel bintang 1 dan 2.
Sedangkan jarak lokasi antara kota Bangko dan Ds Renah Kemumu juga cukup jauh. Perjalanan dapat menempuh jarak selama ±1 jam.

Lokasi

Destinasi wisata pemandian alam air panas dan dingin Grao Sakti terletak di Ds Renah Kemumu, Merangin, Jambi. Lokasi tersebut masih termasuk ke area perbatasan antara provinsi Jambi dan Bengkulu. Dengan kata lain destinasi wisata ini terletak di tengah – tengah. Jadi sangat jauh apabila dijangkau dari pusat kota Bengkulu dan juga Jambi. Waktu perjalanan yang dibutuhkan dari arah pusat kota Jambi dan Bengkulu sama – sama memakan waktu hampir seharian penuh.

Akses lokasi tersebut juga secara tidak langsung menjadi suatu faktor akan destinasi wisata ini belum terlalu dikenal luas. Sebagian besar pengunjung juga hanya penduduk lokal yang tinggal berada di daerah Merangin maupun tidak jauh dari daerah tersebut. Sementara pengunjung yang berasal dari luar kota sangat jarang terlihat di area destinasi wisata pemandian alam air panas dan dingin Grao Sakti.

Fasilitas

Daftar fasilitas yang tersedia di destinasi wisata pemandian alam air panas dan dingin Grao Sakti masih cukup minim. Fasilitas yang tersedia hanya berupa tempat parkir, toilet, kamar bilas dan mmushollah. Sedangkan untuk fasilitas utama yang tersedia di destinasi wisata ini adalah area pemandian umum.

Untuk fasilitas food court sama sekali belum tersedia di dalam Grao Sakti ini. Sehingga sebelum mengunjungi destinasi wisata ini, sebaiknya membawa perlengkapan pembekalan lengkap, baik itu makanan ataupun minuman.

Sumber Gambar: jambiupdate.co

Jenis makanan dan minuman yang hendak dibawa sangat bebas, mulai dari makanan mentah hingga matang. Dengan kondisi destinasi wisata yang berupa sumber mata air panas dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pengunjung.

Khususnya untuk keperluan makanan yang dapat dimasak secara langsung di atas sumber mata air panas tersebut. Selain dapa membuat makanan matang, pengunjung pun dapat pula menghangatkan minuman dengan menrendamnya di sumber mata air panas tersebut.

Fakta Menarik Dari Pemandian Sumber Mata Air Panas Dingin Grao Sakti

Dibalik suasana alam yang sangat apik dan so cozy, Grao Sakti menyimpan beberapa yang cukup mencengangkan. Fakta tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Memiliki aura mistik yang cukup kental

Fakta pertama dari destinasi wisata Grao Sakti ini adalah terselimuti aura mistik yang cukup kuat. Terletak di dalam hutan belantara dan terpelosok membuat destinasi wisata ini memang memiliki kesan yang cukup angker. Besarnya aura mistik yang meneyelubungi Grao Sakti mungkin hanya dapat dirasakan oleh beberapa orang yang memiliki kemampuan supranatural.

Jalan menuju ke destinasi wisata ini hanya berupa jalan setapak tanah. Jadi pengunjung pun harus menyelusuri hutan terlebih dahulu dan juga menyeberang jembatan yang terbuat dari kayu.

2. Santet Grao dan berbagai macam ritual spiritual

Hal ini mungkin menjadi satu – satunya faktor sumber untuk aura mistik di Grao Sakti ini. Santet Grao adalah salah satu ilmu psychic yang sangat terkenal dan ampuh. Gao Sakti ini dijadikan sebagai tempat utama dalam menjalankan semua ritual Santet Grao.

Santet Grao adalah salah satu bentuk ilmu sentet paling kuat yang pernah ada. Seseorang yang akan menjadi korban santet akan langsung meninggal seketika. Selain itu tidak ada yang dapat melawan ataupun membuat suatu penawar untuk ilmu psychic ini.

Selain sebagai tempat ritual untuk santet Grao, wisata pemandian alam air panas dan dingin juga dijadikan sebagai tempat ritual lain. Sebagian besar ritual yang dilakukan di tempat tersebut adalah ritual yang berhubungan dengan ilmu spiritual.

3. Memiliki potensi sebagai sumber energi listrik

Berdasarkan penelitian dari ESDM Merangin menyatakan bahwa sumber air panas yang berasal dari Grao Sakti ini dapat dijadikan sebagai sumber energi listrik alternatif. Hanya dengan mengandalkan sumber energi tersebut, dapat menerangi seluruh wilayah Jambi. Bahkan dapat pula menjangkau luar daerah Jambi hingga ke negara tetangga.

Sayangnya mungkin penelitian yang telah dilakukan oleh ESDM tidak mendapatkan respon apapun dari pemerintah. Sehingga suatu penelitian yang sangat potensial tersebut, hanya sebatas angan semata.
Seandainya hal ini direalisasikan oleh pemerintah, salah satu permasalahan yang ada di daerah pelosok akan teratasi. Beberapa daerah pelosok, terutama Jambi ada yang tidak terjangkau aliran listrik. Dengan pemanfaatan sumber air panas ini, seluruh daerah Jambi bahkan di daerah terpencil sekalipun dapat memperoleh akses listrik.

4. Kondisi sumber panas setara dengan air mendidih

Sumber air panas yang berasal dari Grao Sakti ini mempunyai suhu yang tinggi. Bahkan hampir setara dengan air mendidih. Dengan kondisi tersebut, membuat air dapat merebus berbagai macam makanan, mulai dari telur, jagung, kentang, ubi – ubian, mie instan dan lain – lain. Makanan hasil rebusan sumber mata air panas Grao Sakti dapat menghasilkan tingkat kematangan yang sempurna. Sehingga aman untuk dimasak. Hal ini juga sering dimanfaatkan oleh pengunjung.

5. Grao Sakti seolah memiliki ikatan khusus dengan pawang / juru kunci / kuncen

Keberadaan dari destinasi wisata ini memiliki seorang penjaga / juru kunci. Ada suatu keunikan hubungan antara Grao Sakti dengan juru kuncinya. Hubungan tersebut seolah seperti memiliki suatu ikatan. Ikatan tersebut dapat dibuktikan secara langsung melalui suatu tindakan. Ketika sang juru kunci teriak atau tepuk tangan, maka geyser akan muncul seketika. Geyser yang muncul dari teriakan sang pawang cukup tinggi hingga beberapa meter. Bahkan dapat mencapai ketinggian hingga ±30 meter.