OUR NETWORK

Inilah 10 Pantai Terbaik untuk Diving di Indonesia

Indonesia adalah suatu negara yang mempunyai banyak tempat menyelam terbaik di dunia. Bahkan dinobatkan sebagai diving spot terbaik di dunia karena keindahan bawah lautnya, Para penyelam dari pelosok negeri  hingga penjuru dunia selalu datang berkunjung setiap tahunnya. Jadi, Anda para penggemar olahraga air kayaknya kurang lengkap kalau belum menjajal scuba diving alias menyelam. Kalau Anda ingin berpetualang di bawah air bersama makhluk-makhluk fantastis, ini dia 10 pantai terbaik buat diving di laut yang ada di Indonesia.

Kepulauan Banda, Maluku

Sumber: Instagram @visitbandanaira

Kepulauan Banda terletak di Maluku, tepatnya 132 km sebelah tenggara Ambon. Terdiri dari 10 pulau dengan 3 pulau besar (Banda Besar, Banda, Neira) dan 7 pulau kecil. Kepulauan ini memiliki taman laut yang  fantastis sehingga daerah ini menjadi primadoa bagi penyelam.

Lebih dari 20 spot untuk menyelam yang berada di Kepulauan Banda. Dari sekian banyak spot yang ada, spot yang paling terkenal adalah Pulau Keraka Sonegat, Pulau Syahrir Batu Kapal, Pulau Hatta, serta Pulau Ai. Bila Anda ingin pergi Kepulauan Banda. Anda bisa pergi ke Ambon menggunakan Pesawat kemudian baru naik kapal ke Kepulauan Banda.

Bunaken, Sulawesi Utara

Sumber: Instagram @holiday_bunaken_island

Pulau Bunaken  adalah salah satu dari beberapa tempat top diving yang ada di Indonesia.  Jika anda berkunjung ke Manado, jangan samapi  melewatkan kesempatan untuk menyelam di Taman Laut Nasional Bunaken. Taman Laut Bunaken menjadi tempat favorit bagi para penyelam dari beberapa belahan dunia karena  keaneka ragam kehidupan lautnya.

Lebih dari 70 jenis terumbu karang,5 jenis kura-kura, dan juga beberapa hiu karang yang ada di pulau ini. Selain terkenal sebagai tempat untuk melakukan diving dan snorkeling, disini juga merupakan tempat wall diving yang tidak kalah terkenalnya. Terdapat  banyak titik penyelaman yang dapat kamu coba , beberapa diantaranya adalah Mandolin, Tembok Lekuan, Bunaken Timor, Tanjung Kopi, dan reruntuhan kapal di Manado dan masih banyak lainnya.

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Sumber: Instagram @explorekabwakatobi

Selain Bunaken, ternyata Sulawesi juga masih mempunyai keindahan lainnya yaitu Taman Nasional Wakatobi. Terletak di selatan pulau Sulawesi dan terdiri dari pulau Wangi-wangi Kaledupo, Tomia dan Binongko. Wakatobi merupakan tempat yang tidak asing lagi bagi para penyelam dalam negeri maupun mancanegara. Karena salah satu tempat dengan biota laut terkaya di dunia.

Di Wakatobi Anda bisa menemukan 750 spesies koral, 25 buah gugusan terumbu karang, 112 jenis karang, serta 93 jenis ikan. Kedalamannya  pun bervariasi, dan yang paling dalam mencapai 1.044 meter, jarak pandang 15 – 80 meter, dan arusnya yang selalu bersahabat. Terdapat kurang lebih  40 lokasi penyelaman terbaik yang ada di wilayah ini.

Selat Lembeh, Sulawesi Utara

Sumber: mancode.id

Masih di daerah Sulawesi lagi,tepatnya diantara daerah Bitung, Sulawesi Utara dan Pulau Lembeh dengan segaris selat sempit yang tampak remeh. Disana Anda bisa menemukan yang namanya surga dunia  dengan keindahan hayati bawah laut. Perairan sepanjang 16 kilometer dengan lebar hanya 1-2 kilometer. Selat Lembeh mempunyai 88 lokasi titik penyelaman yang bisa memanjakan mata Anda para penyelam yang ingin berkunjung kesana.

Pulau Weh, Aceh

Sumber: Instagram @intan_anita

Sekarang kita pindah dari Sulawesai menuju Sumatera. Pulau Weh atau yang sering di sebut dengan nama Sabang adalah pulau vulkanik kecil yang berada di barat laut pulau Sumatra. Disini Anda bisa menemukan tempat keren untuk melakukan diving di laut dan juga snorkeling  yang tak kalah kerennya dibandingkan dengan tempat-tempat terkenal lainnya. Kurang lebih  ada tiga titik penyelaman yang ada disini, yaitu Bate Tokong, Seulako Barat, serta The Canyon.

Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Sumber: Instagram @pulaukomodo

Sepintas di bayangan anda kalau dengar nama Pulau Komodo adalah pulau yang terkenal akan bintang purbanya yaitu Komodo. Jangan salah, Pulau yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi NTT.  Merupakan  jantung Segitiga Terumbu Karang dengan keanekaragaman hayati laut paling kaya didunia.

Pulau Komodo menjadi salah satu situs warisan budaya UNESCO sejak tahun 1991. Lokasi menyelam  di Pulau Komodo tersebar di Labuan Bajo, Pulau Komodo, dan Pulau Rinci dengan karakteristiknya yang berbeda-beda. Selain itu para penyelam bisa melihat berbagai jenis ikan seperti ikan badut, hiu karang hingga barakuda.

Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

Sumber: Instagram @explorealor

Sedikit berpindah dari Pulau Komodo ke Pulau Alor. Kepulauan yang terletak di bagian timur  Nusa Tenggara ini menawarkan lokasi menyelam yang gak kalah indahnya dengan Pulau Komodo. Pulau Alor ini memiliki sekitar 20 pulau dari beberapa selat. Sedangkan  dunia bawah laut Alor mempunyai 50 titik menyelam yang tersebar sampai ke Pulau Pantar.

Dengan airnya yang jernih, Pulau  Alor pun mejnadi salah satu alternatif sempurna untuk diving di laut selain Raja. Di beberapa titik penyelaman Pulau Alor, ada beranekaragam biota laut langka.

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Sumber: Instagram @belomkesini

Di Kalimantan Timur, ada salah satu surga tropis yang membuat Anda betah disana. Kepulauan Derawan merupakan gugusan Kepulauan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terdiri dari 31 pulau, dengan beberapa yang terkenal seperti Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban.

Selain itu terdapat sekitar spot penyelaman dengan jumlah 28 titik penyelaman yang tersebar di Kepulauan Derawan. Anda bisa menemukan lebih dari 870 jenis ikan dan 460 jenis karang yang ada di Kepulauan Derawan.

Pulau Karimunjawa, Kepulauan Seribu

Sumber: Instagram @marzcheese

Kepulau Seribu merupakan objek wisata yang terkenal di Indonesia selain Bali. Pulau Karimunjawa adalah salah satu dari sekian banyak pulau kecil yang ada Kepulauan Seribu.  Dimana Karimunjawa dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk melakukan diving dan snorkeling khususnya di Indonesia.

Dengan populasi warga sekitar 10.000 orang, sebagian besar warga hidup bergantung dengan  kekayaan laut yang ada di Karimunjawa. Berbagai macam ikan dengan warna indah tersendiri sudah menjadi pemandangan utama bagi  para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Karimunjawa.

Raja Ampat, Papua

Sumber: Instagram @explore.rajaampat

Raja Ampat, ya, siapa sih yang tidak kenal dengan nama Raja Ampat. Surga  bagi para penyelam yang paling tersohor di Indonesia bahkan di Dunia. Terletak di ujung paling barat pulau Papua yang mempunyai kawasan terbaik di Indonesia. Di sinilah Anda bisa menemukan keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia. Dengan  540 jenis karang atau sekitar 75% dari seluruh spesies karang yang ada di dunia.

Menyelam diri di bawah laut Raja Ampat itu seperti masuk ke alam mimpi. Anda bisa berenang bersama pari manta sambil melihat keindahan terumbu karangnya, Ataupun menyapa kuda laut kerdil yang menari di antara jemari dan tubuh Anda. Sekali Anda menyelam di Raja Ampat pasti Anda bakal ketagihan lagi datang kesini.

Sudah tidak sabar lagi ya, ingin mencoba semua tempat diatas buat  diving di laut. Buruan siapkan diri anda dan lansung berangkat.

jU3/

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…