spot_img

Intip Keindahan Pulau Macan, Dijamin Tak Akan Membosankan!

Keindahan alam Indonesia sudah tak perlu diragukan lagi. Terlihat dari banyaknya turis mancanegara yang sengaja memilih Indonesia sebagai tujuan mereka untuk berlibur. Salah satu potensi wisata paling mencolok dari Indonesia yaitu wisata bahari.
Kali ini, Wisato.id akan memberikan rekomendasi wisata bahari yang dekat jaraknya bagi kamu warga Jabodetabek. Wisata bahari berupa kepulauan ini juga sangat mudah juga untuk dijangkau. Lokasinya pun masih berada dalam Provinsi DKI Jakarta lho! Siapa yang menyangka jika terdapat pulau – pulau cantik di pinggiran Jakarta? Nama kepulauan ini pastinya sudah tak asing didengar.
Ya, Kepulauan Seribu namanya. Berwisata kesana sangat cocok untuk kamu yang ingin “self healing” sejenak, apalagi tempat wisata ini berupa kepulauan dengan deburan ombak yang akan membuatmu terkesan. Tak ketinggalan, suasananya yang nyiur akan membuat siapa saja yang datang merasa damai. Di Kepulauan Seribu ini banyak terdapat gugusan-gugusan pulau yang bisa dikunjungi. Salah satu rekomendasi gugusan pulau tersebut bernama Pulau Macan. Ingin tau seperti apa kecantikan pulau yang masih berada di Provinsi DKI Jakarta ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Keindahan Pulau Macan

Mungkin sebagian orang yang sudah melalang buana di dunia pariwisata kerap kali mendengar nama pulau ini. Pulau Macan yang merupakan bagian dari wilayah Kepulauan Seribu memang sudah tersohor namanya. Secara geografis, Kepulauan Seribu sendiri memiliki luas total 4.745,62 kilometer persegi. Dari luas total wilayahnya, terdiri dari 8,76 kilometer persegi daratan dan ada lebih dari 110 pulau.
Kepulauan Seribu memiliki 2 kecamatan yaitu Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan. Dari sekian banyak pulau-pulau di kepulauan tersebut, hampir sebagian besarnya menjadi tujuan wisata para wisatawan. Termasuk juga dengan Pulau Macan ini. Keindahan alam bawah lautnya, pasir putihnya yang lembut serta biota laut yang terkadang muncul ke permukaan membuat pantai ini istimewa.

Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Iqbal

Letak Pulau Macan tak terlalu jauh dari Jakarta. Hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam 30 menit saja untuk bisa tiba disana. Wisatawan bisa memulai perjalanan dari Dermaga Marina Ancol Jakarta dengan menggunakan speed boat. Biasanya untuk mempermudah perjalanan, wisatawan dianjurkan untuk menggunakan jasa tour atau paket wisata.

Sumber Gambar: wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Pulau Macan sendiri merupakan pulau resort. Konsep yang diusung adalah eco resort villages. Disana hanya terdapat satu resort saja. Resort tersebut dikenal dengan nama Pulau Macan Eco Lodge. Semua kamar di tempat penginapan tersebut menghadap langsung ke arah laut lepas. Wisatawan bisa dengan mudah melihat pemandangan laut beserta ekosistemnya langsung dari kamar penginapan. Selain itu, terdapat juga lokasi perkemahan yang bisa digunakan bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi menyatu dengan alam.

Aktivitas Seru di Pulau Macan

  • Snorkeling

Sumber Gambar: pulauseribu.co.id

Aktivitas yang tentunya harus wisatawan coba yakni snorkeling. Biota laut yang hidup di area Pulau Macan dan sekitarnya tak kalah menarik untuk dilihat. Wisatawan juga tidak perlu khawatir atau merasa kerepotan untuk membawa perlengkapan snorkeling. Ada beberapa pilihan paket wisata yang biayanya sudah termasuk dengan sewa perlengkapan snorkeling. Mulai dari snorkel, booties, fins, life jacket, dsb.
  • Bermain Kano

Sumber Gambar: Google Maps @Hanafi Ingah Jauhari

Selain snorkeling, wisatawan bisa mencoba aktivitas yang tak kalah seru yaitu bermain kano. Rute yang bisa wisatawan lalui dari Pulau Macan yaitu menyebrang ke arah Pulau Macan Gundul. Wisatawan bisa mendayung sambil menikmati keindahan laut lepas.
  • Menikmati Sunset

Sumber Gambar: Google Maps @Calvin Bayer

Jika sudah puas bermain air, duduklah di tepian laut. Nikmati indahnya angin sepoi – sepoi sambil menunggu prosesi matahari terbenam (sunset). Langit jingga keunguan akan menemani mu menyambut malam hari. Suasana ini tentu akan membuat hati mu merasa senang.
  • Hunting Foto

Sumber Gambar: Google Maps @Yohanes Marchello

Keindahan pulau ini sangat layak untuk diabadikan. Sesampainya di pulau, wisatawan sebaiknya tak lupa untuk menjepret beberapa foto sebagai kenang-kenangan. Spot – spot tertentu juga terlihat sangat indah. Wisatawan bisa berpose dengan berbagai macam gaya dengan latar belakang laut lepas nan biru.
  • Dinner Romantis

Sumber Gambar: Google Maps @Amos PLS

Bagi kamu yang datang membawa pasangan maka bisa request untuk dinner romantis. Dinner ini bertempat persis di pinggir area laut lepas, tepatnya tak jauh dari tempat kamar penginapan. Sambil quality time bersama pasangan, kalian juga bisa menikmati indahnya bulan dan bintang yang menghiasi langit.
close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.