Intip Pesona Pantai Sundak Gunungkidul Yang Menggoda!

Salah satu rekomendasi tujuan wisata di Indonesia yang memiliki wisata lengkap adalah Yogyakarta. Kota yang dijuluki sebagai “Kota Pelajar” ini memang layak menjadi pilihan liburan. Yogyakarta tidak hanya memiliki wisata budaya dan wisata sejarah saja. Masih banyak wisata lainnya termasuk wisata bahari yang alami dan cocok untuk melepas penat. Mungkin bagi para pecinta traveling sudah mengenal beberapa wisata bahari di Yogyakarta seperti Pantai Parangtritis. Namun, Yogyakarta masih punya lebih banyak lagi dereta pantai – pantai cantik dan menarik khususnya di Gunungkidul. Salah satu pantai cantik dan menarik ini bernama Pantai Sundak. Walaupun namanya terkesan asing namun jangan ragukan keindahannya. Ingin lihat seperti apa penampakan pantainya? Dan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan disana? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Pantai Sundak Gunungkidul

Sumber Gambar: Google Maps @Wisata Jogja285

Deretan pantai di Gunungkidul sungguh menambah keistimewaan Kota Yogyakarta. Wisatawan yang ingin bersantai dipinggir pantai sambil menikmati suasana adem dan angin sepoi-sepoi bisa berkunjung kesana. Inilah salah satu dari sekian banyak pantai di Gunungkidul, Pantai Sundak namanya. Penamaan “Sundak” pada pantai ini ternyata tidak sembarangan. Sundak diambil dari dua kata yakni “Asu” dalam bahasa Jawa dan “Landak” dalam bahasa Indonesia. Asu artinya anjing sehingga bila digabungkan artinya anjing dan landak. Mengapa demikian? Konon, dulu ada seekor anjing yang berlarian disekitar pantai dan dalam keadaan lapar. Seketika anjing tersebut melihat ada seekor landak dan tanpa pikir panjang ia berencana melahap landak tersebut. Landak melakukan perlawan hingga terjadilah perkelahian antara dua hewan itu. Akibat kejadian itulah nama “Sundak” menjadi nama pantai ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Wisata Jogja

Keistimewaan pantai ini terlihat dari bentang garis pantainya yang cukup panjang walau tak cukup lebar. Selain itu hamparan pasir putih kecoklatan yang cukup bersih menambah keindahannya. Air lautnya juga bersih, warnanya biru dan terlihat jernih. Pantai Sundak berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, itulah sebabnya ombaknya cukup aktif dan besar. Wisatawan diharapkan selalu berhati – hati ketika bermain di pantai ini. Jika dilihat secara langsung, pantai ini diapit oleh dua bukit karang yang besar. Namun sampai saat ini kondisinya tidak memungkinkan untuk wisatawan naik keatas bukit tersebut. Walaupun pantai ini masih sepi karena belum setenar pantai lainnya di Gunungkidul namun beberapa wisatawan ada yang berkunjung sampai malam hari. Mereka yang datang saat malam hari biasanya duduk dipinggir pantai dengan penerangan minim dari beberapa warung makan yang masih buka. Fasilitas umum yang tersedia di Pantai Sundak sudah lengkap misalnya toilet umum, mushola, area parkir, warung makan serta penginapan. Sama seperti pantai lainnya, Pantai Sundak juga buka setiap hari selama 24 jam. Wisatawan bebas datang kapan saja dan bebas mengeksplor pantai ini.

Kegiatan Seru di Pantai Sundak

  • Bersantai di pinggir pantai

Sumber Gambar: Google Maps @kedai bagorbucah

Di pinggir pantainya terdapat banyak saung bambu atau gubuk yang bisa disewa untuk sekedar bersantai. Dari gubuk tersebut wisatawan bisa sambil duduk atau pun tiduran melihat keindahan laut lepas persis didepan mata. Biaya sewa saung Rp 30.000 saja, satu saung bisa memuat 3 – 4 orang dewasa. Jika tidak ingin mengeluarkan uang maka wisatawan bisa membawa tikar dari rumah dan menggelarnya diatas hamparan pasir tepat ditepian pantai.
  • Mencicipi kuliner laut
- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Google Maps @Rama Aryo

Banyak warung makan yang menawarkan menu olahan laut (seafood) yang segar. Mulai dari ikan, udang, cumi – cumi, baby crab dan kerang. Untuk pengolahannya sesuai dengan permintaan wisatawan misalnya dibakar atau digoreng. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk menu seafood yakni mulai dari Rp 30.000 – ratusan ribu. Jika ingin mencicipi kuliner yang lebih murah maka bisa mencoba aneka gorengan yang ada di warung makan tersebut atau membawa bekal dari rumah.
  • Camping

Sumber Gambar: Google Maps @dr Firmansyah Muchti

Beberapa wisatawan seringkali melakukan camping di tepi pantai. Biasanya mereka datang bersama rombongan besar. Biaya sewa tenda mulai dari Rp 80.000 saja dan untuk masalah makanan mereka membawa bahan mentah lalu meminta pemilik warung makan untuk mengolahnya. Mereka lebih sering membawa aneka seafood namun ada juga yang membawa menu makanan lainnya. Bahkan ada yang membawa alat – alat masak sendiri seperti kompor portable, teflon, spatula, dll.
  • Bermalam
Jika ingin bermalam tak jauh dari kawasan pantai atau tepatnya di sekitar jalan raya menuju pantai ada beberapa tempat penginapan. Rata – rata penginapan disana berupa homestay sederhana namun nyaman untuk beristirahat. Beberapa pilihan penginapan terbaik misalnya Penginapan Sea View Indraprastha mulai dari Rp 400.000 per kamar untuk 4 orang, Sundak Indah Homestay, Rock Garden Homestay mulai dari Rp 165.000 per kamar dan Casa Coco Resort mulai dari Rp 680.000 per kamar.

Biaya

Untuk mengakses Pantai Sundak maka wisatawan hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja per orang. Bila membawa kendaraan pribadi maka harus membayar biaya parkir Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

Lokasi dan Rute

Lokasi Pantai Sundak ada di Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Bila memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta maka arahkan kendaraan menuju ke Jl. Pantai Selatan Jawa. Pantai ini berada sederet dengan Pantai Indrayanti dan Pantai Ngandong. Waktu yang diperlukan untuk bisa tiba di Pantai Sundak sekitar 2 jam.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.