OUR NETWORK

Keindahan Pantai Karang Bolong Yang Terbentuk Dari Letusan Krakatau

Sumber: tmnasia.blogspot.com

Pantai Karang Bolong dulunya dikenal sebagai Pantai Karang Suraga yang diambil dari nama Suryadilaga, seorang yang sepanjang hidupnya bertapa di pantai ini. Dari mitos yang tersebar, diyakini Suryadilaga adalah seorang yang memiliki ilmu tinggi. Banyak hal-hal mistis yang dikaitkan dengan pantai ini berawal dari cerita tentang Suryadilaga tersebut. Sehingga tidak heran jika pantai ini juga dikenal sebagai tempat yang ampuh untuk melakukan ritual pesugihan dan tempat pemanggilan bangsa jin.

Perubahan nama dari Pantai Suraga dimulai pada tahun 1883. Letusan Gunung Krakatau yang sangat dahsyat diyakini telah menyebabkan adanya lubang di batu karang. Dan sejak saat itulah tempat ini berganti nama menjadi Pantai Karang Bolong. Lubang yang berdiameter 50 meter itulah yang menjadikan pantai ini memiliki ciri khas dan keistimewaan dibandingkan dengan pantai lainnya.

Objek Wisata Yang Disajikan Pantai Karang Bolong

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Hanya berjarak 53 kilometer dari Kota Serang, Ibukota Provinsi Banten, pantai ini terletak di Desa Karang Suraga, Cinangka, Serang, Banten. Karena jaraknya yang cukup dekat dengan Ibukota Provinsi, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak diminati oleh masyarakat Banten. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini karena banyaknya objek yang bisa dieksplor, antara lain :

  • Gua Karang Bolong

    Sumber: pesona.travel

Gua Karang Bolong ini menjadi spot terfavorit yang menjadi daya tarik dari pantai ini. Memiliki panjang kurang lebih 30 meter dengan lebar sekitar 10 meter dan tinggi 5 meter, Gua ini telah menjadi Mahkota dari Pantai Karang Bolong. Di Gua tesebut terdapat tangga yang disediakan untuk mendaki bukit agar bisa menikmati pemandangan pantai dari atas.

  • Gardu Pandang

    Sumber: pantainesia.com

Setelah berhasil menaiki bukit, pengunjung bisa beristirahat di gardu yang telah disediakan oleh pengelola pantai. Pembuatan gardu pandang diatas bukit ini sengaja dilakukan agar pantai terlihat lebih indah. Selain itu bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat bagi pengunjung yang kelelahan setelah mendaki bukit. Disini anda bisa mengabadikan momen dengan latar belakang pemandangan pantai lepas dari atas bukit.

  • Spot Memancing

Banyaknya batu karang yang ada di pantai ini dijadikan sebagai tempat persembunyian bagi ikan-ikan yang ada di laut. Meskipun ombak tergolong cukup besar namun pantai ini menjadi surga bagi para pemancing. Selain bisa mendapatkan hasil pancing berupa ikan, para pemancing juga bisa mendapatkan siput, udang, dan hewan laut lainnya.

  • Sunrise dan Sunset

    Sumber: nativeindonesia.com

     

Saat menjelang matahari terbit dan tenggelam, pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan romantis. Perpaduan antara warna jingga yang menawan dan karang-karang yang ada disekitar pantai sangat mempesona. Untuk mendapatkan view yang sempurna para pengunjung dapat naik keatas bukit untuk menikmati sunrise dan sunset yang bisa terlihat dengan sangat jelas jika cuaca sedang mendukung.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Tempat Wisata

Sumber: tmnasia.blogspot.com

Memutuskan untuk pergi berlibur tentu saja tidak lepas dari memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa masuk ke tempat tujuan wisata. Harga tiket masuk tergolong sangatlah murah, setiap orang dikenakan biaya sekitar Rp. 5000. Namun jika anda berkunjung dengan rombongan dan menggunakan bus maka anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 250.000 per bus. Biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Selain untuk biaya parkir, biaya tersebut juga dialokasikan untuk biaya kebersihan pantai. Jadi dengan ikut membayar maka anda juga ikut berpartisipasi untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam yang ada di pantai tersebut.

Pantai Karang Bolong bisa dikunjungi kapan saja sesuai dengan keinginan pengunjung. Pantai ini dibuka penuh 7 hari selama 24 jam, bagi anda yang ingin menikmati suasana yang lebih sepi disarankan untuk datang pada saat hari kerja. Namun jika anda menyukai keramaian dan berniat ingin berkunjung bersama dengan keluarga, akhir pekan menjadi pilihan yang terbaik untuk anda.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…