in

Keindahan  Surga di Air Terjun Anenderat, Papua Barat

Sumber Gambar: travel.detik.com

Papua, pulau yang disebut-sebut sebagai salah satu surga kecil yang ada di Indonesia. Pernyataan ini ternyata bukan isapan jempol belaka, di negeri Penyu Belimbing yaitu Kabupaten Tambrauw terdapat Air Terjun Anenderat. Tempat yang satu ini memiliki keindahan yang luar biasa sehingga banyak didatangi oleh wisatawan lokal maupun luar Papua.

Keindahan Air Terjun Anenderat, Dengan 7 Tingkatan

Berbagai keindahan menghiasi lokasi wisata alam yang satu ini. Penasaran tentang apa saja keindahan dari air terjun yang satu ini? Simak pembahasannya di bawah ini:

  1. Merupakan Air Terjun 7 Tingkat yang Sangat Indah

Air Terjun Anenderat merupakan salah satu tempat wisata air terjun dengan 7 tingkat. Keunikan tersebutlah yang membuat banyak orang datang kemari untuk menikmati keindahan alam ya.

Air yang terjun dari tingkat ketujuh ke tingkat pertama memiliki keindahan tersendiri. Nah, kalau ke sini kamu jangan lupa membawa kamera karena sayang sekali jika tidak diabadikan kan?

Sumber Gambar: Instagram @kerysants

Di sini kamu bisa bebas mandi dan menikmati segarnya air terjun yang sangat alami. Tapi ingat untuk tetap menjaga kebersihannya karena warga setempat sangat menjaga sumber air yang besar satu ini.

Kamu juga bisa menggunakan tempat ini sebagai latar belakang foto dengan menggunakan kostum adat Papua. Dijamin, foto yang dihasilkan akan sangat bagus dan membuatmu ingin memamerkannya di media sosial.

  1. Lokasi Air Terjun Sangat Alami dan Masih Sangat Natural

Perlu diketahui bahwa air terjun yang berlokasi di  Desa Siakwa, Distrik Miyah, Kabupaten Tambrauw ini masih sangat alami dan natural. Ya, air terjun masih dikelilingi oleh berbatuan yang sangat kuat, di sampingnya masih dipenuhi dengan pepohonan yang rindang serta tebing yang sangat artistik.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Lokasi ini cocok sekali untuk kamu yang ingin mencari ketenangan. Tapi, kamu juga bisa datang bersama dengan teman-teman atau keluarga besar.

  1. Bisa Melihat Burung Cenderawasih yang Hidup Liar dengan Mata Kepala Langsung

Papua adalah dunia bagi burung khas Indonesia yaitu Cenderawasih. Nah, di tempat ini adalah salah satu habitatnya. Jika kamu beruntung, burung-burung tersebut akan berkeliaran di sana.

Kamu bisa melihat keindahannya dari jarak dekat dengan menggunakan mata kepala sendiri. Jika bertemu dengannya, jangan lupa untuk mengabadikannya karena mungkin saja ini jadi kesempatan yang sangat langka.

  1. Disambut oleh Warga Setempat dengan Tarian Adat yang Sangat Indah

Untuk beberapa kunjungan yang terencana, warga setempat akan memberikan sambutan yang sangat indah dengan tarian adat. Mereka semua menggunakan baju adat yang sangat indah khas suku Miyah.

Tarian ini disebut dengan Serara yang dilakukan langsung oleh warga suku Miyah itu sendiri. Mereka juga dengan senang hati menyiapkan penginapan untuk kamu yang ingin bermalam di sana. Tentunya tidak gratis ya….

Cocok Sekali untuk Kamu yang Suka dengan Tantangan

Jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki jiwa petualangan maka berkunjung ke sini adalah hal yang tepat. Di tempat ini kamu harus melewati jalan yang berkelok-kelok, menyeberangi sungai yang deras, dan tantangan-tantangan lainnya.

Banyak sekali ya keindahan dari Air Terjun Anenderat di Papua ini. Tetapi ingat ya, saat kamu ke sini pastikan keadaanmu sehat dan terbebas dari COVID-19. Jika masyarakat di sana terkena virus ini, pelayanan kesehatannya belum begitu memadai. Tetap terapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjauhi kerumunan, dan Mencuci  tangan dengan sabun)