OUR NETWORK

Keindahan Tersembunyi di Pantai Sawarna

Source Image: gotravelly.com

Jika memikirkan liburan, maka pantai adalah destinasi pertama di benak sebagian besar masyarakat sebagai tempat melepaskan setres akibat kerja, merelax-kan tubuh, dan menghirup udara laut yang sepoi – sepoi, dengan bonus pemandangan indah nan eksotik yang susah ditemukan dimanapun khususnya di kawasan perkotaan padat seperti Jakarta, Tanggerang, dan Bogor. Salah satu wisata fenomenal saat ini yaitu Pantai Sawarna. Walaupun masih tergolong baru dikenal oleh masyarakat, namun pantai ini fenomenal akan keindahannya oleh wisatawan – wisatawan yang pernah mengunjunginya.

Sumber: Instagram @fathiauqim

Pantai yang berlokasi di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ini menawarkan berbagai keindahan alam eksotik yang masih sangat cantik dan belum terjamah, serta merupakan salah satu hamparan Pantai terpanjang yaitu sepanjang 65 km dan luas ± 2.500 ha. Terpanjang karena Pantai Sawarna sendiri terdiri dari kumpulan beberapa pantai cantik dengan keunikan tersendiri yang terhampar dari Pantai Pulo Manuk hingga Pantai Karang Taraje.

Berikut area – area cantik yang menyempurnakan keindahan Pantai Sawarna, yaitu:

  • Pantai Ciantir

  • Sumber: nasional.republika.co.id

Saat Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan disuguhkan oleh hamparan pasir putih bersih di sepanjang mata memandang. Permukaan pasir yang lembut sangat nyaman bagi Anda yang ingin menikmati berbagai olahraga pantai seperti volley pantai, bola kaki, atau hanya sekedar berlari – larian.

Sumber: Instagram @arizal_apha

Bagi anak – anak, akan menjadi wahana yang pas untuk bermain pasir seperti membuat rumah – rumahan dan istana pasir, dan bagi Anda yang ingin melepaskan lelah, berbaring di atas pasir untuk berjemur juga dapat merelax-kan badan. Selain wahana pasir yang cantik, deburan ombak yang besar juga menghiasi pantai ini sehingga sangat cocok sebagai lokasi olahraga berselancar bagi sebagian besar wisatawan. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai menyenangkan dan santai, maka pantai inilah pilihannya.

  • Pantai Tanjung Layar

    Sumber: Instagram @umakdianam

Bagi Anda yang menyukai cerita – cerita mitos, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Tanjung Layar ini. Dengan pemandangannya yang eksotik yaitu dua buah batu karang raksasa berbentuk layar kapal terkembang dan dikelilingi oleh gugusan karang – karang kecil disekitarnya, ditambah dengan lambaian ombak – ombak menderu yang menghantam karang, memang sangat unik dan menawan untuk diabadikan.

Sumber: Instagram @novaangelia__

Bentuknya yang menyerupai layar kapal konon dipercaya sebagai layar dari perahu yang ditendang Sangkuriang dan terlontar hingga ke pantai ini. Walaupun hanya mitos masyarakat setempat, banyak juga wisatawan yang ingin menyaksikan penampakan batu tersebut. Bagi Anda yang penasaran, jangan ragu untuk menyempatkan diri menyaksikannya secara langsung di Pantai Tanjung Layar ini.

  • Pantai Karang Teraje

    Sumber: ksmtour.com

Bagi Anda yang menyukai fotografi, Pantai Karang Teraje adalah pilihan yang tepat. Pemandangan yang disajikan tidak seperti pantai pada umumnya, dipantai ini sepanjang tepian lautnya dihiasi oleh batu karang berukuran kecil hingga besar.

Sumber: flickr.com

Di tepi pantai terdapat pelataran karang cantik berukuran besar yang tersusun membentuk undakan tangga.  Kumpulan bebatuan karang yang menyerupai tembok besar membawa arus ombak yang kemudian pecah di antara karang dan turun membentuk air terjun, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengabadikannya.

  • Pantai Karang Bereum

    Sumber: jadwaltravel.com

Tidak seperti pantai karang lain, batu – batu karang di pantai ini lebih berwarna, karena sebagian besar batu ditutupi oleh lumut sehingga memantulkan warna hijau dan juga sebagian besar batu karang di pantai ini berwarna kemerah – merahan sehingga akan tampak sangat cantik jika dipadukan.

  • Pantai Teluk Lagon Pari

    Sumber: Instagram @sandrahutagaol

Bagi Anda yang merindukan pemandangan pantai dan paduan hijaunya alam, maka Pantai Teluk Lagon Pari adalah lokasi yang tepat. Pantai ini masih terbilang masih perawan, dengan pepohonan hijau yang rimbun, dan angin sepoi – sepoi yang membawa desiran ombak memberikan suasana tenang dan nyaman bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Sumber: pantaipedia.com

Garis pantai yang berbentuk teluk dan pasir yang berstruktur lembut dan halus dapat membuat wisatawan segera ingin memanjakan kaki untuk merasakan pasir dengan berlarian di area pantai ini. Ombak yang juga tenang sangat aman jika ingin mengajak keluarga dan rombongan berenang bersama.

  • Pantai Pulau Manuk

    Sumber: Instagram @iwanloebis

Pantai ini merupakan proyek kelolaan BUMN dan Perhutani karena merupakan kawasan lindung tempat beberapa satwa liar seperti burung, monyet, dll menetap. Pantai ini menjadi lokasi strategis bagi rombongan burung – burung yang berimigrasi dan singgah beristirahat di pantai ini. Sehingga untuk mengunjunginya harus selalu diingat untuk menjaga kelestariannya.

  • Pantai Goa Langir

    Sumber: Instagram @suhendar20

    Sumber: tunaswisata.com

Bagi Anda yang ingin mencoba bereksplorasi ke dalam gua dan mengabadikan keindahannya, maka pantai ini dapat Anda kunjungi. Paduan pantai dengan hamparan pasir putih yang luas membentang dan gua yang dihiasi oleh stalagtit dan stalagmit menjadi ciri khas pantai ini. Tebing – tebing yang eksotik sangat cocok dijadikan area panjat tebing untuk pecinta alam.

  • Pantai Bukit Cariang

    Sumber: Instagram @tresna_nata

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk menikmati pemandangan pantai secara keseluruhan, di pantai ini Anda akan dapat melakukannya. Dengan disediakannya spot pendakian di atas bukit, dan 200 anak tangga bagi wisatawan yang ingin mencoba mendakinya. Setelah dipuncak, Anda akan menemukan keindahan pemandangan pantai secara utuh dibawah pepohonan rindang di atas bukit.

Rute Menuju Lokasi

Untuk dapat mengakses lokasi ini tergolong mudah karena tidak terletak di lokasi terpencil sehingga dapat diakses. Dari Bandara Halim Perdana Kusumah, untuk menuju lokasi Pantai Anda dapat melalui 2 rute berbeda yaitu :

  • Rute 1, dari Bandara melaju melalui Jl. Tol Jagorawi, kemudian masuk ke Jl. Tangkil – Agrabina, ambil Jl. Raya Cikidang – Pamuruyan dan menuju Jl. Nasional III di Sukabumi, Ambil Jl. Bayah hingga ke tujuan Anda. Jarak tempuh Bandara – Sawarna sekitar 183 km atau 5 jam 27 menit dengan bus atau mobil.
  • Rute 2, dari Bandara ke arah Tanggerang, melalui Jl. Tol Cawang Grogo dan masuk ke Jl. Raya Pantura mengarah ke Jl. Raya Serang, Jl. Ciruas – Jl. Raya Petir, Jl. Raya Sampay – Cileles, Jl. Raya Gn. Kencana, terus ke Jl. Raya Malingping – Cijaku, masuk ke Jl. Nasional III – Jl.Raya Sawarna Bayah untuk tiba dilokasi. Jarak lebih jauh dibanding rute 1, ditempuh sekitar 5,5 jam.

Jika Anda datang dari Stasiun Serang, hanya butuh waktu 4 jam 5 menit menggunakan mobil. Dari stasiun, ambil Jl. Saleh Baimin – Jl. Jendral Ahmad Yani, Jl. Raya Petir – Serang, lalu Jl. Raya Sampany – Cileles, terus hingga Jl. Raya Gn. Kencana – Jl. Malimping,

Jika Anda datang dari Jakarta, untuk ke lokasi dapat melewati terminal Pelabuhan Ratu dengan rute dari Jakarta (Cawang) – Tol Jagorawi – Exit Ciawi – Ciawi – Cicurug – Parung Kuda – Cibadak – Cikembar – Warung Kiara – menuju Pelabuhan Ratu – Cisolok – masuk ke Jl. Raya Sawarna Bayah – hingga ke pantai Sawarna. Waktu tempuh sekitar 8,5 jam.

Namun jika ingin melewati terminal Rangkasbitung terlebih dahulu dengan rute Jl. Raya Pantura / Tol Merak – menuju Tangerang – Gerbang Tol Cikupa – Tol Tangerang – Merak – Exit Balaraja Barat – Balaraja – Raya Cikande – Jl. Raya Rangkasbitung – Cileles – Warung Gunung – Gunung Kencana – Malingping – menuju Jl. Raya Sawarna Bayah – hingga tiba di Pantai Sawarna. Lama perjalanan sekitar 6 jam 1 menit (220 km).

Jika Anda ingin menggunakan angkutan umum seperti bus atau travel, maka turunlah di terminal Pelabuhan Ratu, kemudian gunakan Elf yang akan membawa Anda langsung ke Sawarna dengan harga kisaran Rp. 60.000-Rp. 100.000.

Saat Anda tiba di lokasi Pantai Sawarna, Anda hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp 5.000 untuk masuk ke dalam. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi. Biaya tersebut masih tergolong murah, dikarenakan industri pariwisatanya yang belum sepenuhnya berkembang. Namun ke depannya wisata ini akan semakin digali potensinya sehingga Anda akan lebih dimanjakan dengan berbagai wahana menarik dan pemandangan mempesona dari Pantai Sawarna ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…