in

Keunikan Pantai Karang Taraje, Ada Air Terjunnya!

Sumber Gambar: ksmtour.com

Memilih wisata bahari sebagai tempat untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan nampaknya merupakan pilihan yang pas apalagi bagi kamu yang sudah penat menjalani rutinitas sehari – hari. Namun, memilih tempat wisata bahari tidak mudah karena pastinya harus memilih tempat yang bisa menyuguhkan pemandangan yang membuat mata seolah tak bisa memalingkan pandangan.

Nah, kali ini Wisato.id akan merekomendasikan salah satu pilihan wisata bahari berupa pantai khususnya bagi kamu warga Tangerang, Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor atau daerah lainnya ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk dikunjungi. Pantai yang satu ini berada di Banten tepatnya di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak yakni Pantai Karang Taraje namanya. Ingin tau seperti apa keindahan pantainya dan apa saja yang bisa dilakukan disana? Yuk, langsung simak saja ulasan lengkapnya berikut ini!

Pesona Pantai Karang Taraje

Sumber Gambar: Google Maps @Desi Rachmaldini13

Pantai Karang Taraje yang berada di kawasan pantai di Desa Sawarna ini menawarkan keindahan air laut yang jernih berwarna biru, hamparan pasir putih yang bersih dan dipenuhi dengan banyaknya batu karang mulai dari tengah laut hingga ke bibir pantai yang membuatnya terlihat semakin eksotis. Salah satu keunikan yang juga menjadi daya tarik utama mengapa pantai ini layak sekali untuk didatangi yakni keberadaan batuan karang raksasa. Sesuai dengan namanya “Karang Taraje” yang diambil dari bahasa daerah tepatnya bahasa Sunda, arti kata “karang” sendiri merupakan batuan karang sedangkan kata “taraje” dalam bahasa Indonesia artinya adalah tangga.

Sumber Gambar: Google Maps @ayu Vixion

Nama pantai ini menggambarkan kondisi pantai itu sendiri yakni adanya deretan batu karang dengan ukuran besar dan tiap batuan karang tersebut berundak – undak seperti tangga.
Kira – kira mengapa deretan batu karang tersebut menjadi daya tarik utama dari pantai ini? Untuk menikmati keunikan sekaligus daya tarik utama dari Pantai Karang Taraje maka kamu sebaiknya datang saat sore hari atau saat ombak sedang naik setinggi – tingginya, deburan ombak tersebut akan menabrak dan memecah deretan batuan karang.

Sumber Gambar: Google Maps @Dayu Vixion

Dari peristiwa tersebut nantinya ombak yang memecah batuan karang akan memancurkan air ke bagian baliknya batu karang tersebut seperti layaknya air terjun. Peristiwa ini pastinya sangat memukau dan tidak bisa kamu temukan di pantai lainnya, pengunjung yang sudah pernah datang dan melihat keindahan tersebut biasanya akan mengatakan bahwa ada fenomena air terjun di tengah pantai. Di pantai ini kamu hanya bisa menikmati pemandangan dari jernihnya air laut, keindahan batu karang dan hamparan pasir kecoklatan yang tak begitu luas, disini tidak memungkinkan untuk berenang atau sekedar berendam karena banyaknya batu karang di bibir pantainya.

Fasilitas umum di pantai ini terbilang cukup lengkap mulai dari adanya toilet yang bersih, musholla, gazebo, ayunan dan juga warung makan sehingga selama menikmati pantai kamu tak perlu takut kelaparan karena bisa mencoba aneka jajanan dari warung makan sekitar. Selain karena fenomena seolah ada air terjun di tengah pantai, harga tiket masuknya yang tergolong murah juga menjadi salah satu alasan mengapa pantai ini banyak dipilih wisatawa untuk didatangi. Harga tiket per orang hanya Rp 5.000 saja dan biaya parkir kendaraan roda dua mulai dari Rp 3.000 saja sedangkan harga jajanan yang ditawarkan di warung sekitar pantai juga cukup murah mulai dari Rp 10.000 sampai lebih dari Rp 50.000 untuk hidangan berupa seafood.

Rute Perjalanan Ke Pantai Karang Taraje

Sayangnya untuk menikmati Pantai Karang Taraje kamu tidak bisa dengan mudah mencapainya karena jika kamu menggunakan mobil atau bersama rombongan menggunakan bus maka harus melanjutkan perjalanan hingga bibir pantai dengan ojek. Setelah membayar tiket masuk di loket nantinya kamu akan diarahkan untuk memarkirkan kendaraan terlebih dahulu lalu menggunakan jasa ojek untuk menyusuri jalanan kecil serta melewati jembatan gantung agar bisa tiba di pantai dengan total perjalanan sekitar 2 km. Biaya ojek yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000 untuk satu kali berangkat dan nantinya kamu bisa juga meminta ojek untuk menjemput kamu kembali dari pantai menuju parkiran dengan biaya tambahan.
Jika memulai perjalanan dari Jakarta dengan mobil maka total perjalanan sekitar 5 jam, bisa melewati ruas Tol Jakarta – Merak lalu keluar di pintu Tol Serang – Panimbang lalu menuju ke Jalan Raya Pandeglang. Dari jalan raya tersebut kamu harus menuju ke daerah Malingping hingga bertemu Jl. Raya Pasar Malingping lalu berbelok ke kiri menuju Jl. Nasional 3 hingga melewati Terminal Simpang Malingping, lalu kamu harus mengarah ke Jl. Raya Sawarna Bayah nantinya akan ada papan nama Pantai Karang Taraje atau kamu bisa bertanya dengan warga setempat.

Kegiatan Seru di Pantai Karang Taraje

  • Berswafoto di depan karang

Sumber Gambar: Google Maps @agung ginanjar

Kamu pastinya harus mengabadikan moment dengan berfoto didepan batuan karang besar tersebut namun harus berhati – hati dengan ombak yang tinggi. Jika kamu datang saat ombak surut maka kamu bisa berada persis di depan batu karang untuk berfoto, opsi lain bila ombak sedang tinggi maka sebaiknya kamu berfoto dari jauh saja yakni dari bibir pantai pun sudah cukup.

  • Bersantai di gazebo

Setelah lelah mencari spot untuk berfoto
maka jangan lupa untuk beristirahat dan bersantai menikmati eksotisnya pemandangan ombak memecah batuan karang. Kamu bisa duduk di tepi pantai, di atas batuan karang atau bersantai di gazebo yang tersedia di tepi pantai.

  • Mencoba Jajanan Baso Ikan khas Malingping

Tak lengkap rasanya bila tak mencoba kuliner tepi pantai. Selain seafood, beberapa warung – warung di sekitar pantai juga menyajikan baso ikan yang khas yaitu Baso Ikan Malingping. Kamu harus menyantap hidangan yang satu ini karena cocok sekali sambil dinikmati dengan pemandangan laut lepas di depan mata, harga per porsi juga tidak begitu mahal hanya sekitar Rp 15.000 saja per porsi.

Geomedia - JFK 2022