OUR NETWORK

Konservasi Penyu Terbesar, Pulau Denawan

Konservasi Penyu Terbesar, Pulau Denawan
Sumber Gambar: Google Maps @hasan pulau 9

Kalimantan selatan memang merupakan sebuah kawasan yang kaya akan kuliner namun juga kaya akan wisata alam yang sangat indah. Ekspedisi kuliner saja tercatat hampir 1400 macam kuliner yang ada di Kalimantan Selatan, jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Berwisata di sebuah pulau mungkin merupakan pilihan yang tepat. Bagi kamu yang hobi mengeksplor segala sesuatu, maka berwisata di sebuah pulau merupakan ide yang baik. Selain mengeksplor budaya dan adat yang ada di sebuah pulau, kamu juga bisa mengeksplor hutan yang ada di sebuah pulau. Karena biasanya sebuah pulau memiliki hutan yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Kamu bisa berpetualang di sebuah pulau, sembari mengeksplor pulau tersebut.

Sumber Gambar: Google Maps @arizan sadi

Pantai yang ada di pinggiran pulau juga pasti tidak kalah menarik dari hutan yang ada di pulau tersebut. Karena biasanya pasir pantai pada sebuah pulau sangat bersih dan terawat, karena sebagian besar dari pulau – pulau kecil biasannya menyimpan sejuta keindahan karena pasirnya juga masih bersih dan tergolong masih alami dan terawat.

Kali ini Wisato akan membahas salah satu konservasi penyu terbesar di Kalimantan Selatan tepatnya di Pulau Denawan. Daripada kamu penasaran, mari kita simak ulasan berikut ini ya Guys.

Keindahan Pulau Denawan

Pulau Denawan merupakan sebuah pulau yang masih sangat terawat. Pulau ini memiliki pasir putih yang masih terawat. Kondisi alam sekitar yang masih sangat terawat juga membuat sebagian orang ingin berdatangan di Pulau denawan. Hamparan pasir putih yang dikombinasikan dengan air laut yang biru menambah keindahan Pulau Denawan.

Sumber : Instagram @enjoy_kalsel
Sumber Gambar: Instagram @enjoy_kalsel

Apalagi ditambah banyaknya pohon kelapa yang ada di sekitar pulau akan sangat menambah keindahan di Pulau Denawan. Kamu bisa minum kelapa muda sembari menikmati birunya laut dan pasir putih yang menawan.

Sumber : Instagram @irvan.al_mandary
Sumber Gambar : Instagram @irvan.al_mandary

Kamu juga bisa membuat ayunan disekitar pohon kelapa yang ada di sekitar pantai. Akan lebih baik jika kamu mengunjungi Pulau Denawan pada musim kemarau, karena kombinasi langit yang biru dan juga air laut yang biru dan sangat jernih akan membuat kamu betah berlama-lama berada di Pulau Denawan.

Konservasi Penyu Di Pulau Denawan

Kalimantan selatan memang memiliki banyak pulau indah salah satunya adalah Pulau Denawan yang berlokasi di Pulau Sembilan Kotabaru. Pulau Denawan mungkin sangat asing di telinga kamu, namun pulau yang ada di Kalimantan Selatan ini kabarnya juga menjadi konservasi penyu yang terbesar lho Guys

Beberapa mahasiswa dan penggiat alam sering berkunjung untuk melakukan penelitian dan pemantauan terhadap berbagai macam penyu salah satu yang sering melakukan penelitian adalah kelompok masyarakat Pulau Sembilan yang juga tergabung di dalam kelompok PAMALI atau Pemerhati Alam dan Maslahat Lingkungan yang telah bekerjasama dengan pemerintah.

Sumber : Instagram @nicobatarar
Sumber : Instagram @nicobatarar

Balumba menemukan data yang telah tercatat di kementrian Kelautan dan Perikanan, ternyata terdapat 2 jenis penyu di Pulau denawan yaitu Penyu Hijau (Chlonia Mydas) dan Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata). Ternyata hingga Februari 2018 telah tercatat ada 1.759 ekor penyu diantaranya 1.684 Penyu Hijau dan 58 Penyu Sisik. Dan sebanyak 1.497 sarang telah direlokasi. Jumlah telur yang telah diisolasi pun mencapai 13.938 dan 24.840 titik.

Tips Berwisata Ke Pulau Denawan

Karena untuk ke Pulau Denawan kamu harus menyeberang dengan kapal, maka sebaiknya kamu mempersiapkan biaya yang cukup karena biaya yang digunakan untuk menyewa perahu biasannya tergolong tinggi. Kamu harus mempersiapkan berbagai anggaran agar wisata kamu berjalan dengan lancar.

Sumber : Instagram @banjarbarutour
Sumber Gambar: Instagram @banjarbarutour

Kamu juga harus mempersiapkan obat-obatan yang diperlukan. Hal ini terutama bagi kamu yang suka mabok perjalanan. Beberapa persiapan memang harus dilakukan mengingat pulau ini masih minim fasilitas, jadi kamu harus mempersiapkan segala hal termasuk obat-obatan.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk berwisata ke Pulau Denawan. Kamu juga bisa menikmati keindahan Pulau Denawan bersama dengan keluarga atau dengan pasangan. Sebaiknya kamu berlibur di Pulau Denawan bersama dengan teman-teman. Liburan akan lebih menyenangkan jika dinikmati, alam yang sudah Tuhan ciptakan akan lebih berguna apabila dinikmati dengan baik bersama orang tercinta. Tunggu apalagi, nikmati keindahannya dan abadikan momennya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…