in

Lepaskan Penat Berkunjung Ke Waduk Pusong

Waduk Pusong

Ketika kamu ingin berlibur, daerah mana yang terpikirkanmu lebih dulu? Mungkin, banyak orang akan menyebut Bali, Jogja, atau Lombok. Namun, pernahkah kamu berpikir untuk berlibur ke Aceh? Daripada penasaran, yuk simak indahnya pesona wisata Waduk Pusong yang dapat menjadi referensi wisatamu di artikel di bawah ini.

Pesona Waduk Pusong

Terletak di Kota Lhokseumawe, salah satu destinasi wisata ternama Waduk Pusong memang wajib untuk dikunjungi. Pasalnya, lokasi wisata ini cukup dekat dari tengah kota. Akses menuju kesana pun mudah dan dapat dijangkau dengan berbagai moda kendaraan / transportasi. Salah satu yang bisa digunakan untuk ke wisata ini adalah ojek.

Dulunya, waduk ini digunakan untuk mengantisipasi banjir yang ada di Lhokseumawe. Namun, ternyata keindahan dari waduk ini dapat menarik para wisatawan. Pasalnya, wisata ini tidak dipungut biaya sedikit pun untuk masuk. Maka dari itu, banyak orang yang ingin berkunjung menikmati keindahan pesona wisata di kota ini.

Bagi kamu yang ingin berkunjung, silahkan datang pada akhir pekan atau pada hari-hari libur. Pasalnya, akan ada banyak wisatawan yang datang ke lokasi yang sangat tertata rapi ini. Bahkan, tak jarang wisatawan dari mancanegara pun juga kerap berkunjung ke tempat ini. Seperti apakah kira-kira keindahan dari wisata ini?

  1. Menikmati Sunset

Pesona keindahan wisata ini yang pertama adalah kamu dapat menikmati sunset. Di tengah angin semilir diantara rindang pohon-pohon hijau disana, kamu bisa duduk manis bersama keluarga. Kemudian, tunggu beberapa saat dan indahnya pancaran cahaya matahari terbenam akan dapat kamu saksikan kala senja menjelang. Tak ayal, Waduk ini sering menjadi tempat berkumpul alias ngabuburit para warga setempat.

  1. Menikmati Wisata Kuliner Khas

Pesona keindahan wisata ini yang kedua adalah kulinernya yang khas banget. Ada banyak macam makanan yang bisa kamu coba, antara lain bakso kuah dan bakso bakar, sate kerang, mi seafood, hingga jagung bakar. Paling khas, disana ada Mie Caluk yang banyak dijual di kafe-kafe yang ada di pinggir jalan.

Apalagi ketika hari Minggu, banyak masyarakat berkumpul di daerah wisata ini. Selain menikmati udara sore hari, banyak yang berkumpul karena ingin menghabiskan weekend. Apalagi terhubungnya wisata ini dengan Muara Cunda, menjadikan wisata ini banyak dihinggapi ribuan burung kuntul.

  1. Menikmati Panorama Kerlip Kota di Malam Hari

Tidak hanya sore hari saja, ada keindahan yang bisa kamu saksikan di malam hari disana. Pesona kerlip lampu-lampu di malam hari semakin menambah keindahan yang memancar dari kota ini. Dipadu dengan landscape Lhokseumawe yang indah, dijamin deh… kamu pasti betah duduk berlama-lama di wisata satu ini.

Apalagi, kamu menikmatinya bersama pasangan atau keluarga. Momen kebersamaan akan semakin terasa. Sambil menikmati jagung bakar, hawa dingin udara malam akan tidak begitu terasa.

  1. Bisa Jadi Objek Foto dan Videografi

Selain menjadi tempat liburan, wisata ini bisa juga menjadi objek fotografi dan videografi. Sebut saja, untuk lokasi shooting hingga lokasi pre-wedding. Tak heran, ada banyak fotografer yang kerap berburu momen di tempat ini. Biasanya, yang jadi spot favorit para fotografer adalah Perahu Mesin Penyaring Sampah yang memang diletakkan di Waduk Pusong.

Tidak hanya para fotografer professional, para penikmat foto / selfie pun juga kerap berkunjung disana. Mereka tidak hanya jogging atau memutari waduk saja, namun juga mencari spot-spot terbaik disana. Salah satu spot paling instagramable adalah hutan Mangrove yang dihinggapi ribuan burung kuntul.

  1. Banyak Dikunjungi Pencari Tiram

Terakhir, wisata ini juga menjadi tempat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga di sekitar waduk itu sendiri. Selain ada yang berdagang dan memancing, waduk ini juga menjadi tempat dimana para pencari tiram mencari buruannya. Kebanyakan yang menjadi para pencari tiram ini adalah kaum hawa.

Demikian ulasan menarik mengenai indahnya pesona wisata Waduk Pusong. Sekali lagi, Indonesia itu sangat luas banget lho. Jadi, kamu yang udah bosan liburan ke Bali, Jogja, atau Lombok, bisa banget mencoba berlibur di Lhoksoumawe, Aceh. Semoga ulasannya bermanfaat dan dapat menjadi referensi wisatamu ya.

Geomedia - JFK 2022