OUR NETWORK

Melihat Lebih Dekat Pesona Pantai Kata, Pantai Kebanggaan Orang Pariaman

Pariaman adalah sebuah kota madya yang terletak di provinsi Sumatera Barat. Daerah ini dulunya merupakan bagian dari wilayah administratf Padang Pariaman. Kota Pariaman tidak hanya menjadi wilayah penting untuk urusan kepemerintahan di Sumatera Barat saja, melainkan kota ini pun memiliki berbagai objek wisata yang keindahannya sungguh  luar biasa.

Salah satu objek wisata andalan Kota Pariaman adalah Pantai Kata Pariaman. Pantai ini tengah naik daun berkat banyaknya traveller yang memperbincangkannya melalui unggahan foto di soSial media.

Sumber: Instagram @erwinmayunda

Nah, pada pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk melihat lebih dekat seperti pesona yang dimiliki oleh pantai kebanggaan orang pariaman ini. Penasaran, kan? Yuk, langsung saja kita masuk ke pembahasa selengkapnya.

Pesona Pantai Kata Pariaman

Sumber: Instagram @deivanpadang

Sst … tahukah anda bahwa penamaan Pantai Kata Pariaman ternyata diambil dari dua buah nama daerah yang ada di Kota Pariaman, loh. Nama desa tersebut adalah Desa Karan Aur dan Desa Taluak. Jadi nama Ka berasal dari Karan Aur dan “Ta” dari Taluak

Bagi anda para pemburu spot foto instagramable. Pantai ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk anda pasalnya banyak sekali spot yang bisa dibidik.

sumber: Instagram @eldestfe
sumber: Instagram @ichepramitha03

Pantai Kata Pariaman memiliki hutan pinus yang hijau dan rindang, jadi dalam satu tujuan, anda dapat berwisata kedua tempat sekaligus, hihi. Fungsi hutan pinus di pantai peranannya sangatlah vital karena bermanfaat untuk menahan abrasi.

sumber: instagram @mutiazulfariyanti

Pantai ini juga memiliki hamparan pasir yang yang putih. Air lautnya begitu jernih, dengan ombak yang meliuk seolah mengajak anda untuk segera bermain olahraga air atau sekedar menceburkan diri ke segarnya air lautan

Biota lautnya juga cukup beragam, bahkan beberapa dari mereka yang dekat kedaratan dapat dilihat dengan mata telanjang. Biota-biota tersebut seperti ikan-ikan kecil serta krustacea. Kondisi pantainya pun terjaga dengan rapi dan bersih cukup terbebas dari sampah, sehingga anda akan betah berlama-lama berada di pantai ini.

Sumber: Instagram @olghasyadhilla
Sumber: Instagram @adidarmasurya

Tidak jauh berbeda seperti pantai-pantai pada umumnya, ada berbagai aktivitas air yang bisa anda lakukan disini seperti snorkeling dan diving. Nah, jika anda ingin melakukan dua olahraga air tersebut namun lupa atau malas membawa peralatannya, di Pantai Kata Pariaman tersedia tempat penyewaan peralatan snorkeling dan diving, loh.  tenang, harganya terjangkau, kok. Cocok juga buat para backpacker.

Jika anda melempar pandangan lebih jauh pada area sekitar pantai maka akan terlihat banyak perahu milik warga. Perahu tersebut digunakan untuk mencari ikan dilaut. Menariknya lagi perahu-perahu itu dicat berwarna wani sehingga menambah kecantikan tersendiri bagi Pantai Kata Pariaman.

Jika anda beruntung, maka akan mendapati perahu yang baru singgah melaut dan membawa hasil tangkapan ikan. Nah, anda bisa membeli ikan tersebut dan melahapnya di pantai. Harganya lebih murah, loh, daripada membelinya dipasar.

Sumber: Instagram @febriansyah5286

Fasilitas Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman memiliki fasilitas yang memadai dari mulai area parker yang luas, toilet yang banyak serta mushola yang dapat digunakan jika anda hendak menunaikan ibadah shalat. Selain itu jika lapar banyak juga warung dan café di pinggir pantai yang menjajakan aneka makanan dan minuman khas Kota Pariaman.

Bagi anda yang membawa anak-anak, terdapat area bermain khusus untuk sikecil. Area tersebut dikelilingi oleh hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi. Ada jungkat jungkit, kuda-kudaan perosotan yang siap membuat sikecil semakin ceria disana.

Sumber: Instagram @gadihbujangminangkabau

Oh, ya, tempat duduknya pun sudah diberi cat warna warni sehingga terlihat lebih menarik dan cocok dijadikan spot foto. Selain itu anda dan sikecil juga bisa bermain ayunan. Wah, dijamin, deh pasti dia semakin susah untuk diajak pulang. Sst … walaupun ayunan tersebut untuk anak-anak tapi banyak juga, loh, muda-mudi yang memainkanya. Entah itu bersama teman ataupun pasangan. Bermain ayunan, kan, untuk semua umur, ya? Hihi.

Tugu Ikan Situhuk

sumber: Instagram @fauzi.mmd

Apakah anda sebelumnya pernah mendenga ikan situhuk? Di Pantai Kata Pariaman ada Tugu Ikan Situhuk. Anda bisa menjadikanya spot untuk berfoto.

sumber: Instagram @megakhreka_man

Ikan situhuk memang hanya bisa ditemui diperairan Pariaman dan tidak ada di perairan daerah lainnya. Ikan ini pun kerap kali menjadi incaran Warga Pariaman ketika mereka sedang bermancing. Biasanya tangkapan ikan situhuk mereka olah menjadi sala lauak situhuk. Anda bisa membeli makanan ini di toko oleh-oleh atau pedagang dekat sekitar pantai.

Rute dan Harga Tiket Masuk ke Pantai Kata Pariaman

sumber: Instagram @nurhusni26

Jika anda datang dari Luar Pulau Sumatera Barat, maka bisa menempuh Jalan Bandara Minangkabau dengan jarak 27 KM atau menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Barulah setelah keluar dari jalan tersebut, arahkan kendaraan anda ke kiri menujuJjalan Olo Bangau. Kemudian, ke kanan menuju jalan Ketaping.

Setelah itu, anda tinggal masuk masuk ke Jalan Syeikh burhanuddin. Ikutilah jalan tersebut. Jangan khawatir, akan terlewat karena sepanjang jalan anda akan menemui papan petunjuk menuju ke Pantai Kata Pariaman.

Apabila anda datang dari Kota Padang, maka bisa naik Kereta Api Sibinuang. Harga tiketnya sangat murah yaitu hanya 5.000 rupiah. Setelah keluar dari stasiun anda tinggal belok ke arah kiri menggunakan kendaraan pribadi atau ojek dengan jarak 3 Km dan menghabiskan waktu sekitar 10 menit.

Harga tiket masuk ke Pantai Kata Pariaman  10 ribu rupiah saja.Biaya parkir untuk motor 5 ribu rupiah dan untuk mobil 10 ribu rupiah.

Nah, itulah pesona keindahan Pantai Kata Pariaman. Memang tidak ada habisnya jika anda ingin menjajal objek wisata di Sumatera Barat. Semuanya keren-keren. Namun, jika anda bertanya kepada masyarakat Pariaman top 5 objek wisata yang wajib di kunjungi di Sumatera Barat, tentu saja salah satunya mereka akan menjawab Pantai Kata Pariaman. Jadi jangan sampai tidak mengunjungi pantai ini, ya.

Semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu lagi pada kesempatan selanjutnya.

Salam.

Comments

Loading...