OUR NETWORK

Mengasingkan Diri di Pulau Pombo yang Terpencil di Sudut Ambon

Source Image: Instagram @kadanngikut

Maluku adalah salah satu provinsi di Indonesia yang dianugrahi dengan bentang alam menawan. Layaknya kepingan surga yang tertinggal, di Maluku banyak berderet pantai yang eksotis, lengkap dengan taman bawah lautnya yang terlihat manis. Pulau-pulau kecil tak berpenghuni juga banyak berserakan di perairan Maluku, salah satunya adalah Pulau Pombo.

Dibalik Nama Pulau Pombo

Sumber: pxhere.com

Bagaimana, pernah mendengar nama Pulau Pombo? Bagi wisatawan yang berasal dari luar provinsi, nama pulau ini mungkin akan terdengar sangat asing, karena lokasinya yang memang terpencil di sudut Maluku. Oleh sebab itu, pulau ini masih sepi pengunjung, dan alamnya pun masih sangat alami, hingga menjadi habitat dari burung Pombo. Banyaknya burung Pombo yang singgah menjadikan pulau ini dinamakan sebagai Pulau Pombo, persis seperti nama burung endemik Maluku tersebut.

Pesona Pulau Pombo

Sumber: Instagram @gmt_feryrentcar

Pulau Pombo cukup mungil, luasnya kira-kira hanya 2 km persegi, dan secara geografis terletak di antara dua pulau, Pulau Ambon dan Pulau Haruku. Dari kejauhan pulau ini nampak mengambang seorang diri di tengah-tengah lautan luas, dengan pesisir yang berselimutkan pasir putih bersih. Di bagian tengah pulau dihiasi ornamen berupa pepohonan hijau yang cukup lebat, memberikan kesejukan tersendiri.

Sumber: Instagram @nusatrip

Laut di sekitar Pulau Pombo sangat bening, hingga menimbulkan gradasi warna yang cukup memukau, hasil dari perbedaan kedalaman dan adanya terumbu karang di dalamnya. Ombaknya pun cukup bersahabat, namun sesekali tetap menghadirkan deburan dengan suara yang merdu bagaikan simponi dari alam.

Pulau Koservasi

Sumber: Instagram @toniktriananto

Berkunjung ke Pulau Pombo akan membuatmu serasa berlibur di pulau pribadi, karena pulau yang satu ini benar-benar tak berpenghuni. Sepi, tenang, dan damai, adalah tiga kata sederhana yang bisa menggambarkan kondisi Pulau Pombo. Statusnya sebagai wilayah konservasi membuat Pulau Pombo dilarang untuk dihuni dan didirikan bangunan apa pun. Jadi gak heran, kalau alam di Pulau Pombo masih benar-benar alami, jauh dari sentuhan tangan manusia.

Cara Terbaik Menghabiskan Waktu di Pulau Pombo

Sumber: Instagram @baronda.id

Namanya juga berlibur di pulau, jadi kurang lengkap apabila tidak coba berenang di laut. Kontur pantai yang landai juga sangat mendukung aktifitas para wisatawan di bibir pantai Pulau Pombo. Ketika laut surut, akan tercipta daratan baru lengkap dengan pasir putihnya, sehingga membuat area bermain di pesisir pulau menjadi lebih luas.

Untuk para traveler yang membawa peralatan snorkeling atau diving, bisa juga coba menjelajahi perairan di sekitar pulau. Dijamin tidak akan mengecewakan, di sana tumbuh subur berbagai jenis terumbu karang, lengkap dengan ikan warna-warni yang saling berkejaran. Bagaimana, menarik bukan?

Menginap di Pulau Pombo

Apabila ingin menikmati pesona Pulau Pombo lebih lama, para wisatawan juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah di pulau tersebut. Tidak adanya tempat penginapan membuat berkemah adalah satu-satunya cara untuk bertahan lebih lama di Pulau Pombo. Dengan berkemah, para wisatawan juga bisa merasa lebih dekat dengan alam. Bersantai di atas hammock yang diikatkan di antara tiang pohon batang juga bisa menjadi cara lain untuk bersantai di Pulau Pombo.

Lokasi dan Cara Menuju ke Pulau Pombo

Sumber: masohiwisata.blogspot.com

Ditinjau secara administratif, Pulau Pombo masih termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Ambon, ibu kota Maluku, kira-kira hanya butuh waktu berlayar selama 20 menit untuk bisa sampai di Pulau Pombo.

Sayangnya tidak ada penyebrangan regular menuju ke Pulau Pombo, sehingga para wisatawan harus menyewa speed boat dengan harga sekitar 500 ribu rupiah untuk perjalanan pulang pergi. Apabila ingin berhemat, para wisatawan bisa pergi secara rombongan menuju ke Pulau Pombo, sehingga uang sewa bisa dibagi sama rata.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Sumber: Instagram @gmt_feryrentcar

Tidak ada biaya tiket masuk untuk berkunjung ke Pulau Pombo. Namun, di sana juga tidak ada fasilitas apa pun, karena memang masih termasuk dalam kawasan konservasi. Oleh sebab itu, ketika berkunjung ke Pulau Pombo jangan lupa persiapkan bekal sebagai teman di saat rasa lapar mulai melanda.

Namun ingat, jaga selalu kebersihan Pulau Pombo sebagai salah satu usaha untuk menjaga kelestarian alam Indonesia. Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…