in

Mengintip Serunya Arung Jeram di Sungai Elo Jawa Tengah

Sumber Gambar: Google Maps @Susi Pribadi

Pada era saat ini kesibukan orang sehari – hari dapat membuatnya penat hingga dapat pula menimbulkan penyakit. Semakin banyak dan penuhnya aktivitas yang kita jalani dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan rohani dan jasmani. Banyak orang yang pada akhirnya menjadi tidak memiliki waktu untuk sekedar rekreasi bahkan untuk berolahraga padahal dua kegiatan tersebut sangat penting untuk mendukung kita memiliki badan dan jiwa yang sehat.

Kali ini wisato.id akan memberikan tips bagi traveller yang mungkin masih bingung dan sulit mengatur jadwal untuk berolahraga dan berekreasi. Bagaimana jika ke dua hal ini dapat traveller lakukan bersamaan? Bisa kah? Jawabannya, bisa. Traveller tak perlu bingung bagaimana untuk mengatur jadwal kegiatan tersebut karena traveller dapat mencoba olahraga arung jeram (rafting) sembari juga berekreasi.

Di Indonesia, banyak sekali potensi sungai yang dapat dijadikan tempat untuk olahraga rafting. Salah satu rekomendasi nya yakni di Sungai Elo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Rafting atau arung jeram sendiri merupakan jenis olahraga air yang menantang adrenalin. Olahraga ini memadukan unsur adventure, kekompakan timedukasi, dan juga rekreasi dengan menggunakan media perahu karet, dayung, kayak, serta kano.

Sungai Elo

Sungai Elo sendiri memang sudah terbukti cocok dan banyak di rekomendasikan untuk pemula yang ingin mencoba olahraga rafting. Hal ini karena Sungai Elo yang merupakan anak Sungai Progo ini memiliki debit air yang stabil dan tenang walaupun karakternya sempit. Traveller dapat membawa sanak keluarga, teman, tetangga dan kerabat lainnya dalam olahraga rafting ini karena olahraga ini merupakan olahraga tim.

Biasanya, 1 perahu karet dapat diisi hingga 5 orang. Selain menantang adrenalin ternyata kegiatan rafting ini juga bisa membuat otak kita bekerja lho traveller! Saat kita mendayung perahu karet kita harus berpikir untuk memilih dan mengarahkan ke arus yang mana yang akan membawa kita selamat sampai ujung sungai. Selain itu selama di sungai kita pun juga akan belajar mengetahui sifat – sifat sungai, berlatih cara mendayung yang benar, menghindari batu serta meningkatkan kekuatan fisik kita. Sungai Elo di Kabupaten Malang ini memiliki panjang kurang lebih 12 meter dan akan traveller arungi selama 2 hingga 2,5 jam.

Sumber Gambar: Instagram @wisatasemarang

Jika traveller berminat untuk mencoba kegiatan rafting di Sungai Elo maka bisa mencoba paket trip rafting dari beberapa agent trip yang menyediakan kegiatan ini. Banyak agent trip yang menawarkan berbagai rangkaian aktivitas di Sungai Elo ini. Selain kegiatan rafting pastinya agent trip tersebut juga sudah menyediakan beragam aktivitas tambahan lainnya yang akan menambah keseruan traveller selama di Sungai Elo.

Sumber Gambar: Instagram @dinar_sekarayu

Awal keberangkatan untuk memulai rafting terletak di daerah Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Sebelum memulai  kegiatan ini para pemandu dari agent trip tersebut pastinya akan menjelaskan apa saja yang perlu diperhatikan oleh peserta. Para pemandu juga akan memberikan perlengkapan keamanan kepada para peserta yaitu berupa  jaket pelampung serta helm.

Sumber Gambar: Instagram @zefanyasinaga

Setelah semua perlengkapan digunakan maka peserta akan diarahkan dan diberi petunjuk tentang cara mendayung. Selama para pemandu memberi instruksi harap diperhatikan ya traveller!

Setelah semuanya dirasa siap dan aman maka pemandu akan mengajak peserta menuju perahu karet masing – masing. Biasanya sang pemandu akan mengatur posisi duduk peserta selama di perahu sesuai dengan berat badan peserta agar selama perjalanan semuanya aman terkendali. Selama peserta mengarungi Sungai Elo pasti akan merasa terkesan dengan kejernihan air sungai tersebut dan jika peserta beruntung maka tak jarang akan menemui bulus (kura – kura sungai). Sungai Elo dikelilingi oleh hutan dengan pepohonan yang rindang maka tak heran jika suasana nya pun sejuk dan udaranya terasa amat segar.

Sumber Gambar: Instagram @thomasa_s

Aliran sungai Elo memang tenang dan stabil namun menurut info dari pemandu bahwa pada musim hujan aliran di sungai ini akan lebih deras. Kegiatan rafting di Sungai Elo berakhir di sekitar Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Untuk biaya kegiatan rafting pun bermacam – macam tergantung dari pihak agent mana yang nantinya akan traveller pilih tetapi umumnya biaya dimulai di harga Rp 120.000 / orang.

Tips Menuju Sungai Elo

Bagi traveller yang berdomisili tidak jauh dari Magelang maka traveller dapat dengan mudah menggunakan kendaraan roda 2, roda 4 maupun transportasi umum berupa bus atau kereta api untuk menuju ke daerah Magelang. Namun jika traveller berada jauh dari Magelang dan mengharuskan untuk menggunakan moda transportasi udara maka dapat mengarahkan tujuan menuju Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta lalu melanjutkan perjalanan darat menuju kawasan Sungai Elo di Magelang dengan waktu tempuh 45 menit hingga 1 jam.

Selamat berlibur!