in

Mengisi Liburan Singkat? Datang Saja Ke Pulau Badul!

Sumber Gambar: merdeka.com

Kali ini rekomendasi wisata bahari dari Wisato.id adalah mengunjungi sebuah pulau kecil yang bisa dibilang sebagai surga tersembunyi dari Banten. Pulau kecil ini masih merupakan bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon yang berada di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pulau ini dikenal dengan nama Pulau Badul, kamu bisa memasukkan pulau ini dalam wishlist liburanmu. Ingin tau seperti apa pulau kecil ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya dan intip kegiatan apa saja yang bisa dilakukan disana!

Pulau Badul

Sumber Gambar: Google Maps @i’m Ayuni

Pulau Badul yang secara resmi masih bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon ini
masih jarang sekali menjadi tujuan wisata para wisatawan bahkan wisatawan yang datang ke taman nasional sekalipun. Padahal pulau kecil ini sangat cantik, ketika melihatnya pasti kamu akan takjub.
Pulau Badul bisa dibilang sedikit berbeda dari pulau pada umumnya yang biasanya menyatu dengan wilayah daratan yang luas,  dari bentuknya pulau ini hanyalah pulau kecil dan pulau yang tidak berpenghuni.

Di pulau ini pun belum ada fasilitas yang dibangun misalnya seperti toilet umum atau penginapan karena ukurannya kecil. Meskipun begitu, keindahannya lah yang akan membuat kamu seolah ingin datang lagi kesini. Pulau Badul yang berada di tengah – tengah laut ini memiliki hamparan pasir putih bersih yang sangat luas dengan terumbu karang yang sangat cantik dan air laut yang biru jernih. Air laut yang jernih seolah memudahkan para pengunjung untuk melihat lebih jelas ke dalam laut dan bisa terlihat dengan mata telanjang banyak sekali ikan kecil berwarna – warni menari, misalnya ikan nemo atau ikan badut dan juga ikan glassfish.

Di pulau ini dulunya ada pepohonan yang tumbuh cukup banyak, namun sayangnya sekarang sudah tidak ada karena lenyap akibat gempa besar yang disusul dengan tsunami yang terjadi pada tahun 2018 silam. Kisah menyayat hati juga datang dari Pulau Badul ini, ketika tsunami 2018 tersebut sekelompok orang yang diperkirakan sebagai wisatawan sedang berada di pulau kecil ini namun naas beberapa dari mereka meninggal karena terkena tsunami. Maka bila kamu berminat untuk datang ke pulau ini sebaiknya melihat perkiraan cuaca terlebih dahulu, ombak disekitar pulau juga tergolong cukup besar.

Aktivitas Seru di Pulau Badul

  • Snorkeling

Sumber Gambar: Google Maps @deddi lesmana

Menikmati laut di pulau ini sayang sekali bila kamu tak terjun langsung berbasah – basahan dengan airnya. Arus ombak cukup besar maka sebaiknya kamu bisa memperkirakan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan snorkeling. Untuk bisa snorkeling di pulau ini maka kamu membutuhkan jasa dari agent trip, biasanya agent trip akan membuat itinerary untuk kamu dan memasukan kegiatan snorkeling dalam listnya. Selain melihat bawah laut dengan snorkeling, kamu bisa membawa floaties untuk kamu letakkan di atas air laut tersebut sambil menikmati suasana sepi khas Pulau Badul.

  • Berswafoto

Sumber Gambar: Google Maps @deddi lesmana

Sesampainya di pulau kecil ini maka kegiatan yang pasti harus dilakukan wisatawan adalah berswafoto. Kamu bisa bisa berfoto ala – ala tiduran di hamparan pasir atau berfoto dengan latar laut lepas. Selain berfoto jangan lupa untuk membuat video dokumentasi karena pulau ini sangat cantik apalagi biota lautnya yang terkadang bisa kamu liat menepi dipinggir pasir.

  • Bersantai di atas pasir putih

Sumber Gambar: Google Maps @Projek Malam

Setelah berswafoto dan snorkeling dengan ikan – ikan kecil nan cantik, kamu bisa duduk santai atau bahkan tiduran di hamparan pasir putih yang luas ini. Sebaiknya kamu sudah menyiapkan tikar kecil dari rumah untuk di gelar diatas pasir karena beberapa bagian dari hamparannya banyak batu – batu kasar sehingga bisa membuat mu terluka jika tak hati – hati. Sambil bersantai kamu bisa sambil menatapa laut lepas persis didepan hadapanmu, good view!

  • Island Hopping

Sumber Gambar: travel.detik.com

Nah, kegiatan yang satu ini sebenarnya lebih sering dilakukan oleh para agent trip ketika menyambangi Pulau Badul. Mungkin karena pulaunya kecil sehingga rata – rata pengunjung hanya diajak bersinggah disini atau sekedar menjadi spot Island Hopping. Jika hanya bersinggah memang tak perlu waktu lama untuk mengeksplornya, ketika pengunjung selesai berfoto atau mengambil video di pulau ini maka bisa berpindah ke pulau lainnya (Island Hopping) yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon.

Akomodasi Pulau Badul

Kamu bisa mencari jasa open trip yang membuka paket wisata menuju Taman Nasional Ujung Kulon dan salah satunya menuju ke Pulau Badul. Harga yang ditawarkan biasanya mulai dari Rp 600.000 hingga jutaan rupiah tergantung dari durasi trip, kapal yang digunakan dan juga aktivitas apa saja yang dilakukan selama trip berlangsung. Selain itu bisa juga menyewa kapal speed boat dengan harga mulai dari Rp 2.000.000 untuk 24 jam, speed boat ini bisa menampung 5 orang. Bila ingin lebih murah lagi maka sebaiknya kamu datang bersama rombongan maksimal 25 orang, lalu menyewa kapal kayu atau kapal tradisional seharga Rp 4.000.000 juta untuk 24 jam. Selama durasi sewa 24 jam tersebut kamu bisa lanjut ke pulau – pulau lainnya setelah selesai dari Pulau Badul. Biasanya perjalanan menyebrang ke Pulau Badul dimulai dari Dermaga Sumur, waktu yang diperlukan hanya 30 menit saja.

Geomedia - JFK 2022