in

Mengunjungi Pulau Barrang Caddi – Makassar. Pulau Cantik dengan Berbagai Hal Menarik Di dalamnya

Tahukah anda, Kota Makassar tidak hanya mempunyai Pantai Losari saja yang sangat tersohor dengan daya pikatnya. Namun juga memiliki keindahan pulau yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, Pulau Barrang Caddi misalnya.

Pulau ini berlokasi di sebelah timur Pulau Barrang Lompo, mereka bertetangga hihi. Luas pulau ini sekitar 4 Hektar dan jaraknya 11 km dari Makassar. Setiap hari selalu ada rute pelayaran yang menghubungkan pulau ini dengan Kota Makassar.

Para wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pulau ini nantinya akan diangkut memakai kapal penumpang. Kapal tersebut bisa menampung maksimal kapasitas 30 orang. Adapun tarif per satu penumpangnya adalah 10 ribu rupiah. Wah, sangat terjangkau ya?

Masih kepo terkait Pulau Barrang Caddi? Berikut ulasan menarik lainnya tentang pulau ini. Yuk, langsung saja dibaca. Check this out.

Sekilas Tentang Pulau Barrang Caddi

Sumber Gambar: Instagram @visit_sulsel

Tahukah anda Pulau Barrang Caddi termasuk pulau yang penduduknya cukup padat. Kurang lebih ada sekitar 1263 jiwa dan terus bertambah setiap tahunnya. Mayoritas profesi penduduk di sini adalah sebagai nelayan tradisional. Hal tersebut tercermin dengan jelas dari peralatan tangkap mereka yang masih sangat sederhana seperti pancing rengge, bubu dan lepa-lepa.

Fasilitas yang ada di pulau ini diantaranya adalah instalasi listrik, 1 buah puskemas dan juga 1 buah posyandu. Untuk sarana pendidikan sendiri ada SD sampai dengan SMA. Dulunya hanya sampai SMP namun sekarang SMA juga sudah ada di kepulauan tersebut.

Sumber Gambar: Instagram @aqsha_offshore

Kedalaman perairan Pulau Barrang Caddi sekitar 25 meter dan merupakan bagian dari alur pelayaran keluar masuk Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar. Konsep berdasarkan zonasi juga sudah diterapkan di pulau ini. Pada perairan sebelah barat adalah daerah perlindungan, paling dekat disebut zona inti, sementara yang menuju arah laut lepas adalah zona penyangga. Konsep zonasi ini juga merupakan usaha perlindungan pada ekosistem terumbu karang supaya tetap terjaga dan tidak rusak.

Oh, ya, anda yang ingin berlama-lama di Pulau Barrang Caddi bisa menginap di rumah warga. Jangan khawatir, mereka sangat welcome dan begitu ramah-ramah. Anda akan merasa seperti di rumah sendiri. Soal tarif menginap juga bisa disesuaikan ya alias dinegosiasikan dulu dengan warga yang bersangkutan.

Sumber Gambar: Google Maps @David Cesar

Jika anda juga penasaran ingin mengunjungi pulau tetangga Barrang Caddi yaitu Pulau  Barrang Lompo, ada rute pelayaran juga yang melayani kesana. Kurang lebih sekitar 15 menit untuk sampai ke pulau tersebut.

Menyaksikan Upacara Adat dan Mengintip Pembuatan Perahu


Salah satu hal yang menarik di pulau ini adalah anda bisa mengunjungi tempat pembuatan perahu tradisional yang berada di sisi barat pulau. Wah, mereka sangat pandai dalam membuat perahu. Jika penasaran, anda dapat mengunjunginya.

Sumber Gambar: Google Maps @Bung RD

Aktivitas sehari-hari masyarakat di Pulau Barrang Caddi juga sangat menarik untuk disaksikan. Jika beruntung, anda pun bisa melihat upacara penurunan kapal yang biasa disebut Apparoro, upacara pembuatan rumah, kegiatan Tudung Sipulung yang merupakan kegiatan duduk berjamaah sambil membicarakan sesuatu dan masih banyak lagi.

Didominasi oleh Kuliner Olahan Ikan

Sumber Gambar: Instagram @Kareba_enrekang

Berbicara soal kulinernya, di pulau INI ada banyak kuliner yang bisa dicicipi. Kebanyakan didominasi oleh kuliner yang dibuat dari bahan dasar ikan. Anda bisa membeli abon ikan, otak-otak, kerupuk ikan, tumpi-tumpi dan lain-lain.

Nah, untuk pembuatan semua makanan yang memakai bahan ikan, jenis ikan yang digunakan adalah tenggiri dan layang. Intinya tergantung sedang musim ikan apa saat produksi berlangsung. Untuk produksi ikan tenggiri biasanya pada bulan September atau Oktober, karena pada dua bulan tersebut banyak nelayan yang panen ikan jenis itu dan sangat melimpah. Harga pun jadi murah, demi terhabiskannya stock tangkapan ikan. Dibulan lain menggunakan ikan layang dan sori,

Ikan yang akan diolah tersebut selalu dibeli langsung dari nelayan, dan tidak dibeli dari pasar karena ada kekhawatiran sudah mengandung formalin. Jadi sangat aman untuk dikonsumsi. Semua kuliner olahan ikan, bisa anda jadikan sabagai buah tangan juga, loh, ya.

Air Laut Siap Minum

Sumber Gambar: Instagram @Miftahul170400

Tahukah anda pada tahun 2019 lalu, Gubernur Sulawesi Selatan meresmikan sebuah teknologi pengolahan air laut menjadi air tawar dan siap minum di Pulau Barrang Caddi. Nah, teknologi ini merupakan inovasi terbaru atas hasil kerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Teknologi ini diklaim dapat memenuhi kebutuhan penduduk Pulau Barrang Caddi. Setidaknya melalui teknologi tersebut mampu mengolah air laut menjadi siap minum sekitar 5000 liter per hari. Apa perlu di masak terlebih dahulu? Tentu saja tidak, ini benar-benar siap minum. Higienis, steril, pokoknya dijamin aman. Rasanya enak dan pastinya sehat untuk tubuh. Teknologi ini pun  seiring berjalannya waktu dikenalkan ke pulau pulau lainnya. Tentu dengan kapasitas yang berbeda, sesuai dengan jumlah penduduk di masing-masing pulau.

Demikianlah ulasan menarik tentang Pulau Barrang Caddi. Banyak sekali hal menarik di pulau ini yang akan menambah berkesan liburan anda. So, jika saat ini anda tengah merencanankan agenda liburan ke Sulawesi Tengah, coba jajalah pulau ini. Nikmati panorama keindahannya, rasakan kehangatan dari penduduk setempat disana, dan dapatkan liburan yang tidak pernah terlupakan.

Salam.