in

Menikmati Keindahan Alam Dan Budaya Di Tayandu Island

Sumber Gambar: Instagram @emanomad

Tayandu Island atau Pulau Tayandu merupakan salah satu pulau yang terletak di Kota Tual yang berada di bagian barat Pulau Kei Kecil. Kepulauan Kei sendiri merupakan suatu pulau yang berada di Kabupaten Maluku Utara. Kota Tual merupakan salah satu kota terindah yang dimiliki oleh Maluku karena menyimpan pesona wisata bahari yang sangat menakjubkan. Kota Tual memang terasa begitu asing dan memang tidak dikenal secara luas, namun kamu perlu mengetahui jika kota ini disebut sebagai surganya Maluku karena keindahan yang dimilikinya.

Sumber Gambar: Instagram @info_spotwisata

Secara geografis, Kota Tual ini hanya memiliki 2% wilayah daratan dan sisanya terdiri dari wilayah lautan. Karena 98% wilayah di Kota Tual ini terdiri dari lautan yang memiliki setidaknya 66 gugusan pulau-pulau kecil, Kota ini disebut sebagai Kota Kepulauan. Selain itu, jangan heran jika kamu akan menjumpai puluhan pantai dan pulau yang sangat indah. Salah satunya adalah Pulau Tayandu, pulau yang menjadi bagian dari Kota Tual yang berada di Pulau Kei, Maluku Utara ini memang memiliki panorama yang sangat menakjubkan. Pulau Tayandu merupakan salah satu pulau yang dihuni oleh penduduk diantara 13 Pulau yang ada di Kota Tual.

Keindahan Wisata Bahari Berkelas Dunia

Sumber Gambar: Instagram @emanomad

Karena Tayandu Island  ini terletak di Kepulauan Maluku yang ada di wilayah Indonesia bagian timur, maka kamu tidak perlu meragukan keindahan wisata bahari yang dimiliki pulau ini. Wilayah Indonesia bagian timur memang sangat terkenal dengan wisata baharinya yang memiliki potensi keindahan bawah laut yang sangat luar biasa. Mayoritas pantai yang ada di wilayah Indonesia bagian timur memiliki pasir pantai yang berwarna putih bersih. Selain itu keindahan bawah lautnya akan membuat siapapun yang berkunjung ingin kembali lagi.

Sumber Gambar: 10travlr.com.au

Begitu pula dengan Tayandu Island, pulau ini menjadi salah satu pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya. Kamu bisa menjumpai pantai-pantai dengan keindahan alam yang sangat cantik dan menawan. Tipe pantai yang dimiliki oleh pulau ini adalah pantai-pantai dengan air laut yang sangat tenang sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang disajikan dengan tenang dan nyaman. Pulau ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan snorkeling atau diving, ombak yang tenang dan jernihnya air laut akan membuat kegiatan snorkeling dan divingmu lebih menyenangkan. Disini kamu bisa menjumpai berbagai macam jenis terumbu karang yang cantik dikelilingi oleh ikan-ikan hias kecil yang sangat menarik.

Sumber Gambar: Instagram @moluccas_coastal_care

Meskipun pulau ini masih sangat minim fasilitas, namun hal ini tidak akan membuatmu kapok untuk berkunjung. Justru hal ini dianggap sebagai daya tarik lain yang sangat unik, karena minimnya fasilitas maka perjalananmu akan terasa seperti seorang traveller sejati yang sedang menjelajahi dunia untuk mencari tempat-tempat yang indah. Jika kamu mengalami kesulitan dalam perjalanan, kamu bisa meminta bantuan atau pertolongan kepada penduduk sekitar. Tidak perlu takut atau sungkan, karena penduduk sekitar sangat baik dan ramah.

Selain Menikmati Keindahan Alam, Kamu Juga Bisa Menikmati Keindahan Budayanya Lho!

Selain memiliki pesona wisata bahari dan wisata alam lainnya  yang sangat indah dan menakjubkan, kamu juga bisa menikmati keindahan budaya yang ada di Tayandu Island. Disini kamu bisa melihat beberapa pertunjukkan tradisional dari penduduk setempat seperti pertunjukan tari atau musik. Pulau ini mendapat pengaruh banyak dari budaya orang arab, jadi kamu tidak perlu heran jika nanti kamu akan menjumpai beberapa tarian atau musik yang sangat mirip dengan ciri khas orang arab. Selain bisa menikmati pertunjukan tari dan musik, kamu juga bisa melihat upacara pernikahan, benda-benda peninggalan sejarah, dan masih banyak hal lain yang bisa kamu jumpai di pulau ini.